Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
45Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kepemimpinan Dan Organisasi

Kepemimpinan Dan Organisasi

Ratings: (0)|Views: 6,696|Likes:
Published by empiris
Makalah Training Islam Intensif (TII), EMPIRIS
Makalah Training Islam Intensif (TII), EMPIRIS

More info:

Published by: empiris on Jul 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/08/2013

pdf

text

original

 
Kepemimpinan dan Organisasi
KEPEMIMPINAN DANORGANISASI
1. Karakteristik Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah kekuatan yang mengarahkan orang ataumasyarakat yang berada di sebuah lingkungan pada suatu tujuantertentu.
Masyarakat atau sekumpulan orang yang hidup di sebuah wilayahtertentu biasanya selalu dipimpin oleh suatu kepemimpinan tertentu.Kepemimpinan tersebut bisa berupa suatu kepemimpinan yangmenginginkan kebaikan bagi masyarakatnya, bisa juga kepemimpinanyang mementingkan diri si pemimpin dan atau golongannya semata.Dua jenis kepemimpinan tersebut biasanya hadir bersamaan dalamsebuah masyarakat. Hanya saja dalam satu saat ada yang efektif danada yang tidak efektif dalam mempengaruhi masyarakat. Hinggadalam satu masa, biasanya hanya ada satu kepemimpinan yangmendominasi masyarakat.KepemimpinanMementingkan KebaikanMasyarakatEfektif  Tidak Efektif Mementingkan Diri SiPemimpin dan ataugolongannya semataEfektif  Tidak Efektif Kepemimpinan yang mementingkan kebaikan bagi masyarakatnyaadalah suatu kepemimpinan yang adil. Suatu kepemimpinan yangakan membawa masyarakatnya pada kebaikan. Tapi dalam kehidupanbermasyarakat kepemimpinan ini bisa tidak efektif dalammempengaruhi masyarakatnya. Pekerjaan mempengaruhi masyarakatadalah suatu pekerjaan yang rumit, suatu pekerjaan yang menuntutperhatian maksimal.
Makalah/Training Islam Intensif/ empiris-homepage.blogspot.com
-125-
 
Kepemimpinan dan Organisasi
Suatu kepemimpinan bila ingin menjadi kepemimpinan yang dominandalam suatu masyarakat mesti melewati suatu proses tertentu.
1.1. Sifat-sifat Rosul Sebagai Etos Kepemimpinan
 Tentang Kepemimpinan yang efektif, Rosululloh sendirisebenarnya telah memberi petunjuk. Penelitian ilmu manajemenmodern menunjukkan bahwa ternyata teladan yang Rosululloh berikanpada kita adalah teladan yang penting bagi keefektifan sebuahkepemimpinan.Contoh dari hal di atas adalah penelitian yang dilakukan oleh James Kouzes dan Barry Posner. Dua orang ahli manajemen tersebutmelakukan penelitian selama 20 tahun dan berhasil menanyai 75.000orang, menemukan bahwa kepemimpinan yang efektif adalahkepemimpinan yang memiliki kualitas sebagai berikut:
Dapat dipercaya
Bisa menyelesaikan permasalahan
Visioner (memiliki pandangan ke depan).Kualitas di atas adalah hasil dari sifat Siddiq, Amanah, Fathonahdan Tabligh. Seorang manusia atau sebuah organisasi bila hendakmemimpin sebuah masyarakat mestilah memiliki sifat-sifat para Rosultersebut.
Sebaik apapun program atau agenda seorang manusiaatau sebuah organisasi belum tentu dapat dukungan dariorang atau masyarakat di sekitarnya.
Otomatis, sebaik apapunprogram atau agenda takkan bisa terlaksana bila kepemimpinannyatidak memiliki sifat para rosul. Contoh kasus:“Ada seorang shaleh yang cerdas, jujur, punya semua solusiuntuk masalah yang dihadapi masyarakat. Tapi dia tak pernahmenyampaikan (tabligh) solusinya itu ke masyarakat, ataupenyampaiannya tidak mengena. Apakah solusinya akandijalankan oleh orang-orang di sekitarnya?”“Ada seorang yang rajin beribadah dan cerdas, dia punyagagasan cemerlang untuk menyelesaikan permasalahan yangdihadapi masyarakatnya dan dia menyampaikannya kepada
Makalah/Training Islam Intensif/ empiris-homepage.blogspot.com
-126-
 
Kepemimpinan dan Organisasi
orang-orang di sekitarnya. Tapi orang-orang di sekitarnya tidakmengenalnya sebagai seorang yang amanah. Apakah akan adaperubahan di masyarakat sekitarnya karena solusi yangdipikirkannya?”Ada seorang dai yang dikenal baik oleh masyarakat disekitarnya. Segala apa yang dibicarakan olehnya diamini olehyang mendengarnya. Segala apa dicontohkannya diikuti olehorang banyak. Tapi semua yang dibicarakannya di podium tidakmenyentuh akar permasalahan yang dihadapi olehmasyarakatnya (fathonah). Apakah masyarakatnya akanterarahkan ke arah yang lebih baik?”Sebaliknya mari kita periksa kasus di bawah ini:“Raam Punjabi, salah seorang yang bertanggung jawab dalammasalah mentalitas ABG zaman sekarang, adalah sejatinyapemimpin masyarakat di sekitar kita sekarang. Kehidupan yangditawarkan pada sinetron-sinetron remaja yang sekarang seringtayang di TV, adalah kehidupan yang jauh dari hikmah-hikmahIslam. Kenyataannya pada saat ini kehidupan seperti itulah yangkini membudaya di kalangan masyarakat di sekitar kita.Mungkinkah ini karena masyarakat di sekitar kita telahmempercayai bahwa itulah kehidupan yang seharusnya dijalani?Mungkinkah karena gaya kehidupan seperti itulah yang kini ter-tabligh-kan sedemikian rupa, sehingga kehidupan seperti itulahyang kini digandrungi? Mungkinkah karena saking seringnyamasyarakat kita mendengar pembenaran-pembenaran tentanggaya hidup kuffur tersebut, sehingga masyarakat di sekitar kitamenganggapnya itulah yang siddiq? Di tengah masyarakat yangmengagung-agungkan kehidupan yang sarat nafsu, mungkin jugamasyarakat menganggap dengan menjadi bagian di dalamnyaitulah langkah yang pintar, daripada repot?”Lebih lanjut Kouzes dan Posner menyebutkan bahwa sebuahkepemimpinan untuk bisa efektif biasanya menunjukkan hal sebagaiberikut:
Menjadi Contoh
Makalah/Training Islam Intensif/ empiris-homepage.blogspot.com
-127-

Activity (45)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
AzkYa Faradila liked this
lailishona liked this
Kara Fahmi liked this
Kiki Panggabean liked this
Ulul Azmie liked this
Ismail Lutfi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->