Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
49Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teknik Intelijen

Teknik Intelijen

Ratings: (0)|Views: 4,744 |Likes:
Published by empiris
Makalah Training Islam Intensif (TII), EMPIRIS
Makalah Training Islam Intensif (TII), EMPIRIS

More info:

Published by: empiris on Jul 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/14/2013

pdf

text

original

 
 Tekhnik Intelijen
 TEKHNIK INTELIJEN
 
PENGERTIAN INTELIJEN
Proses intelijen telah dikenal sebagai tugas para spionase. Paraahli bahasa mengatakan bahwa kata
tajassus
(memata-matai) yangberasal dari kata
‘jassa’ 
yang berarti ‘menyentuh dengan tangan’.
Yajussuhu jassan
yang berarti menyentuh dengan suatu sentuhan.
 Jassasy-Syakshu bi ainaihi
berarti seseorang yang menyelidiki denganpanca inderanya agar suatu masalah menjadi jelas. Ini adalah katakiasan, karena kata
 jassa
-yang berarti menyentuh dengan tangan-mengandung pengertian meminta sambil menyentuh, karena biasanyaorang yang meminta sesuatu pasti menyentuhnya.Sebagian besar kitab fiqih menyebutkan bahwa makna
al jasus
adalah
mata,
dan mata pada dasarnya adalah mata-mata (spionase).Definisi
al jassus
atau spionase dalam ensiklopedia Islam adalah yangselalu bergandengan dengan kalimat
ain
(mata).Dapat disimpulkan, bahwa
at-tajassus
adalah:
mencari danmemeriksa berita dan informasi rahasia yang tersembunyi yang dimiliki musuh, dengan menggunakan perangkaspionase yang bertujuan menyingkapnya danmemanfaatkannya untuk menyiapkan rencana perlawanan
.Pada situasi perang/situasi darurat pada saat ini proses intelijenadalah dalam rangka mengumpulkan informasi tentang Negara yangmemerangi, dengan tujuan untuk melancarkan serangan balik kepadaNegara musuh.
PROSES INTELIJEN
 Proses intelijen merupakan rangkaian kegiatan secara terusmenerus, berlanjut dan berulang dimulai dari tahap
perencanaan
,
pengumpulan keterangan
,
pengolahan keterangan
,
penyampaian
dan
penggunaan
untuk mendapatkan intelijen yangberkaitan dengan ancaman dan atau peluang ancaman.
Makalah/Training Islam Intensif/ empiris-homepage.blogspot.com
-150-
 
 Tekhnik Intelijen
Proses intelijen harus dipahami dan dikuasai oleh setiap AparatIntelijen untuk dapat menyediakan dan memberikan intelijen yangaktual kepada Komandan/Pimpinan untuk dijadikan dasar pengambilankeputusan dan tindakan serta membuat perencanaan kegiatanselanjutnyaDibatasi dalam pembahasan mengenai siklus Roda PerputaranIntelijen yang disusun dengan tata urut sebagai berikut:a. Perencanaan.b. Pengumpulan Keterangan.c. Pengolahan.d. Penyampaian dan Penggunaan.e. Evaluasi Akhir.
A. Perencanaan
 Perencanaan merupakan suatu kegiatan untuk merumuskankebutuhan dari keinginan Pimpinan/Komandan sebagai pedomandalam pelaksanaan tugas pokok di lapangan untuk memberikanpengarahan kegiatan intelijen, sehingga dapat dilaksanakan secaraterarah dan sistematis guna mendapatkan hasil yang maksimal. Tahapperencanaan dilakukan oleh Staf Intelijen setelah menerimapetunjuk/perintah dari Komandan/Pimpinan atau tugas yang dicarisendiri. Tahap ini sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan tugaspokok.
B. Pengumpulan Keterangan
 Pengumpulan keterangan akan menghadapi berbagai kesulitankarena musuh/lawan selalu berusaha menggagalkan kegiatanpengumpulan keterangan yang kita laksanakan. Musuh/lawan akanmerahasiakan kekuatan, kedudukan, kegiatan/aktivitas, serta hal laindan berusaha dengan melakukan penyesatan dan pengelabuan. Makaketerangan yang diperoleh akan tergantung dari kualitas BadanPengumpul untuk melaksanakan Pengumpulan Keterangan dan sangatdipengaruhi oleh sumber keterangan yang ada.Dalam proses pengumpulan keterangan harus memperhatikan hal-halsebagai berikut:
1. Kegiatan Intelijen
Makalah/Training Islam Intensif/ empiris-homepage.blogspot.com
-151-
 
 Tekhnik Intelijen
Adalah semua usaha, pekerjaan, kegiatan dan tindakan secararutin dan terus menerus yang dilaksanakan semua satuandidasarkan suatu tata kerja yang tetap dalam rangkamenyelenggarakan fungsi intelijen.
2. Operasi Intelijen
Adalah segala usaha, pekerjaan, kegiatan dan tindakan yangterencana dan terarah yang dilaksanakan oleh satuan intelijenuntuk mendapatkan keterangan atau menciptakan/merubahkondisi yang dikehendaki dan atau untuk melawan jaringintelijen lawan untuk kepentingan pengamanan, berdasarkansuatu rencana untuk mencapai tujuan khusus diluar tujuanrutin, dalam hubungan ruang dan waktu yang terbatas dandilakukan atas dasar perintah yang berwenang. Dalam OperasiIntelijen sasaran dan waktu telah ditentukan serta didukungbiaya.Dalam pelaksanaan Operasi Intelijen setiap Aparat Intelijentetap mempedomani prinsip, sifat, macam, bentuk penugasandan kewenangan Operasi Intelijen itu sendiri.Untuk mendapatkan keterangan yang tepat guna dan tepat waktumaka diperlukan taktik dan tekhnik dalam pengumpulan keteranganyang tepat. Taktik dan tekhnik yang digunakan dapat dengan caraterbuka atau tertutup maupun kombinasi yang disesuaikan dengankeadaan sasaran dan akses terhadap sasaran. Taktik yang digunakandalam penyelidikan yaitu observasi dan penelitian sedangkan tekhnikpenyelidikan meliputi matbar, wawancara, interogasi, penjejakan,penyurupan, pengintaian dan penyadapan.Sumber keterangan bisa berasal dari satuan sendiri maupun diluarsatuan sendiri yang berpedoman kepada nilai kepercayaan terhadapsumber keterangan maupun nilai kebenaran bahan keterangan yangdimiliki.Sumber keterangan dapat berupa:
1.
Perorangan
.
 
Contoh: Ari, Abdi, Ria dll.
2.
Organisasi
.
 
Contoh: Karang taruna, Organisasi Santri, HMI, FPI,MMI dll
Makalah/Training Islam Intensif/ empiris-homepage.blogspot.com
-152-

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
zelema77 liked this
Inay Damha liked this
Raja Tanjung liked this
Bintang Korwa liked this
fahru8 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->