Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
17Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KEBUDAYAAN_JAWA_1K

KEBUDAYAAN_JAWA_1K

Ratings: (0)|Views: 4,013|Likes:
Published by Yoni Ahmad

More info:

Published by: Yoni Ahmad on Jul 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/03/2012

pdf

text

original

 
MAKALAH BUDAYANUSANTARASUKU JAWA
Oleh Kelompok I Kelas 1-K ADM. PERPAJAKAN:
Affan Akhsani T(08320006387)Brinda(0832000)Haunan Eka R.(0832000)Muhammad Arif(0832000)Muhammad Yusuf(0832000)Ramandika(0832000)Rini Oktaviany(0832000)Rofi(0832000)Samsul(0832000) Yugo Ardana(0832000)
SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA
 
5
2008/2009
Suku Jawa adalah suku bangsa yang terbesar di Indonesia, dengan jumlahnya sekitar 90 juta. Untuk memudahkan penjelasan mengenai identifikasi suku Jawa, maka kami akanmenjelaskannya per wilayah.
1.Jawa Tengah
A.LokasiMerupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa.Provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di sebelah barat, Samudra Hindia danDaerah Istimewa Yogyakarta di sebelah selatan, Jawa Timur di sebelah timur, dan Laut Jawa disebelah utara. Luas wilayahnya 32.548 km². Jawa Tengah dikenal sebagai "jantung" budayaJawa.B.PemerintahanSecara administratif, Provinsi Jawa Tengah terdiri atas 29 kabupaten dan 6 kota.
2.Daerah Istimewa Yogyakarta
A.LokasiDaerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah di sebelah utara.DIY memiliki lembaga pengawasan pelayanan umum bernama Ombudsman DaerahYogyakarta yang dibentuk dengan Keputusan Gubernur DIY. Sri Sultan HB X pada tahun2004.B.SejarahYogyakarta sebelum tahun 1945 dengan enklave-enklave Surakarta danMangkunagaran Yogyakarta sebelum tahun 1945 dengan enklave-enklave Surakarta danMangkunagaran Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebuah provinsi yang berdasarkanwilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman.C.PemerintahanProvinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri atas 4 kabupaten dan 1 kota. Ibukotanyaadalah Yogyakarta.
3.Jawa Timur
A.LokasiJawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa. Ibukotanya Surabaya.Luas wilayahnya 47.922 km. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali ditimur, Samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat
Makalah Kebudayaan Jawa oleh Kelompok I[Type the company name] | [Type thecompany address]
 
5
B.SejarahSetelah kemerdekaan Indonesia, Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi, dimana JawaTimur adalah salah satu provinsi tersebut. Gubernur pertama Jawa Timur adalah R. Soerjo,yang juga dikenal sebagai pahlawan nasional. Tanggal 20 Februari 1948 di Madura dibentuk  Negara Madura, dan tanggal 26 November 1948 dibentuk Negara Jawa Timur, yang kemudianmenjadi salah satu negara bagian dalam Republik Indonesia Serikat. Negara Jawa Timur dibubarkan dan bergabung ke dalam Republik Indonesia tanggal 25 Februari 1950, dan tanggal7 Maret 1950 Negara Madura memberikan pernyataan serupa. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1950, dibentuk Provinsi Jawa Timur.C.PemerintahanSecara administratif, Jawa Timur terdiri atas 29 kabupaten dan 9 kota, menjadikan JawaTimur sebagai provinsi yang memiliki jumlah kabupaten/kota terbanyak di Indonesia.
MATA PENCAHARIAN
Pada dasarnya mata pencaharian utama dari masyarakat Jawa sejak dahulu adalah bercocok tanam. Hal tersebut dikarenakan tanah yang ada di pulau Jawa termasuk tanah yangsubur. Selain tanahnya yang subur, tanah di pulau Jawa memiliki kontur yang baik sekali untuk  bercocok tanam. Di luar dari keadaan tanah pulau Jawa yang baik sekali untuk bercocok tanam,sikap mental masyarakat Jawa sendirilah yang menjadikan bercocok tanam menjadi mata pencaharian utama. Masyarakat Jawa jarang sekali yang mau merantau, mereka lebih senang bisa berkumpul dekat dengan para kerabatnya. Walaupun bercocok tanam merupakan mata pencaharian mayoritas masyarakat Jawa, namun sebagian besar masyarakat Jawa hanyamenjadi penggarap atau menjadi buruh. Peternakan juga merupakan suatu mata pencaharian pada orang Jawa umumnya. Mereka terutama memelihara kerbau, sapi, kambing, ayam, dan bebek. Tetapi tujuan utama berternak selain untuk membantu bercocok tanam adalah untuk konsumsi sendiri atau sebagai komoditi perdagangan.Perikanan juga termasuk salah satu mata pencaharian utama masyarakat Jawa.Terutama bagi yang tinggal di daerah pesisir pulau Jawa, baik utara maupun selatan. Selainyang sudah disebutkan di atas, mata pencaharian masyarakat Jawa telah berkembang ke arahindustri dan jasa kemasyarakatan. Hal itu tidak lepas dari pesatnya pembangunan yang ada diJawa. Sehingga sekarang sudah banyak industri yang ada di Jawa yang mampu menyerap banyak tenaga kerja. Serta banyaknya penyedia jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakatJawa yang semakain kompleks.
Makalah Kebudayaan Jawa oleh Kelompok I[Type the company name] | [Type thecompany address]

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->