Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
86Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Boiler

Boiler

Ratings: (0)|Views: 2,544 |Likes:
Published by Wahid Mbelo Wahidin

More info:

Published by: Wahid Mbelo Wahidin on Jul 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/10/2013

pdf

text

original

 
BOILER I.PENDAHULUAN
 Uap air yaitu gas yang timbul akibat perubahan fase air menjadi uap dengan cara pendidihan (boiling). Untuk melakukan proses pendidihan diperlukan energi panas yangdiperoleh dari sumber panas, mislnya dari pembakaran bahan bakar (padat, cair, gas), tenagalistrik dan gas panas sebagai sisa proses kimia serta tenaga nuklir.Sudah beribu-ribu tahun tahun manusia melakukan proses perebusan (boiling) air menjadi uap air, tetapi baru dua abad ini mereka baru menemui bagaimana untuk mempergunakan uap untuk kepentingan mereka yaitu dengan diciptakannya boiler. Boiler menghasilkan uap dan uap yang dihasilkan ini dapat dugunakan untuk membangkitkn listrik,menggerkkan turbin dan sebagianya.
II.KLASIFIKASI BOILER 
 Boiler pada dasarnya terdiri dari lumbung (drum) yan tertutup pada ujung pangkalnyadan dalam perkembangannya dilengkapi dengan pipa api maupun pipa air. Banyak orangmengklsifikasikan boiler tergantung pada sudut pandang masing-masing. Pada makalah ini boiler diklasifikasikan dalam kelas yaitu :1. Berdasarkan fluida yang mengalir dalam pipa, maka boiler dikalsifikasikan sebagai :a. Boiler pipa air (water tube boiler) b. Boiler pipa api (fire tube boiler)c. boiler pipa ± pipa api
 
 Pada boiler pipa api, fluida yang mengalir dalam adalah gas nyala (hasil pembakaran)yang membawa energi panas, yang segera mentransfernya ke air ketel melalui bidang pemanas. Tujuan pipa-pipa api ini adalah untuk memudahkan distribusi panas kepada air ketel. Sedang untuk boiler pipa air fluida yang mengalir dalam pipa adalah air, energi panas yang ditransfer dari luar pipa (yaitu berasal dari ruang dapur/furnace) ke air ketel.
a
.
 
boiler
p
i
p
a
 
a
p
i
adalah jenis boiler di mana gas panas dari api melewati satu atau lebihtabung berjalan melalui wadah tertutup air. The energi panas dari gas lewat melalui sisitabung oleh konduksi termal , pemanas air dan akhirnya menciptakan uap .
 
boiler
p
i
p
a
 
a
p
i
dikembangkan sebagai yang ketiga dari empat jenis utama sejarah boiler:-tekanan tangki rendah, boiler flued dengan satu atau dua flues besar,-tabung boiler apidengan tabung kecil banyak, dan tekanan tinggi air-tabung boiler . keuntungan merekadari boiler flued dengan pipa besar tunggal adalah bahwa tabung kecil yang menawarkanarea pemanasan permukaan jauh lebih besar untuk volume boiler yang sama secarakeseluruhan. Pembangunan secara umum adalah sebagai tangki air berlubang dengantabung yang membawa gas buang panas dari api. tangki biasanya silinder untuk sebagian besar - menjadi bentuk praktis kuat untuk wadah bertekanan - dan ini mungkin tangkisilinder horizontal atau vertikal.Jenis boiler yang digunakan di hampir semua lokomotif uap di lokomotif "" bentuk horizontal. Ini memiliki barel silinder tabung berisi api, tetapi juga memiliki ekstensi disalah satu ujung ke rumah tungku "". tungku ini memiliki basis yang terbuka untuk menyediakan area perapian besar dan seringkali melampaui laras silinder untuk membentuk sebuah kandang empat persegi panjang atau runcing. Boiler tabung apihorizontal juga khas aplikasi laut, menggunakan boiler Scotch . Vertikal boiler juga telahdibangun dari jenis api-tabung ganda, meskipun ini jarang: boiler vertikal kebanyakanflued baik, atau dengan air lintas tabung.

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
allovid liked this
Gustin Martadi liked this
thia_nuraini liked this
widyaatmaja liked this
Kanmvez Raider liked this
Mbendol Wb liked this
Ahmad Rapa'i liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->