Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KERANCUAN PANCASILA

KERANCUAN PANCASILA

Ratings: (0)|Views: 986|Likes:
Published by empiris
Kerancuan Pancasila; PANCASILA PRODUK THOGUT; PANCASILA HUKUM THOGUT
Kerancuan Pancasila; PANCASILA PRODUK THOGUT; PANCASILA HUKUM THOGUT

More info:

Published by: empiris on Jul 17, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/25/2013

pdf

text

original

 
KERANCUANPANCASILA
1
(STUDI KRITIS MENURUT ISLAM)
“Pancasila sebagai filsafat negara itu bagi kami adalah kabur dan tak bisa berkata apa-apakepada jiwa Ummat Islam yang sudah mempunyai dan sudah memiliki satu ideologi yang tegas,terang, dan lengkap, dan hidup dalam kalbu rakyat Indonesia sebagai tuntutan hidup dan sumber kekuatan lahir dan bathin, yakni Islam. Dari ideologi Islam ke Pancasila bagi Ummat Islam adalahibarat melompat dari bumi tempat berpijak ke ruang hampa, Vacuum, tak berhawa”.
Dr. Muhammad Natsir
.
2
I.PENDAHULUAN
Islam sebagai ideologi universal telah menempatkan dirinya pada kedudukanteratas dari ideologi-ideologi lainnya di dunia ini. Ini disebabkan karena konsepsi Islamyang fitri (sesuai dengan fitrah manusia) dan tetap
up to date
sepanjang zaman, tidakpernah mengalami perubahan-perubahan dalam konsepsinya. Tidak seperti komunisme,sosialisme, kapitalisme ataupun liberalisme dan semua isme-isme manusiawi lainnyayang telah gagal dalam misinya, karena ajaran-ajarannya yang tidak sesuai denganharkat kemanusiaan.
3
Kehancuran dan kerusakan di muka bumi yang sudah meluas,tidak lain disebabkan oleh kegagalan sistem manusiawi tersebut dalam menjalankanmisinya. Dengan mengatasnamakan kemajuan, mereka telah mengembangkanpengetahuan tanpa tujuan yang jelas dan akhirnya akan mendatangkan malapetaka bagimanusia dan lingkungannya. Dengan gagalnya isme-isme ini dengan segala krisis danpfroblematika yang ditimbulkannya kepada manyarakat moderen, maka hanya Islamlahsistem, ideologi, falsafah maupun
way of live
yang dapat mengatasi nestapa manusiaabad moderen ini. Karena dalam sejarahnya Islam telah terbukti melahirkan manusia-manusia unggul dan agung yang belum tertandingi sampai saat ini.
4
 Tapi sangat disayangkan, pada saat ini justru ummat Islam di penjuru duniamengalami berbagai bentuk krisis yang sangat kronis, dan krisis yang paling utamaadalah krisis aqidah (keyakinan). Aqidah adalah salah satu ajaran Islam yang palingmendasar, karena aqidah inilah seseorang dikatakan muslim atau kafir, di terima atau ditolak amalannya oleh Allah SWT. Hal ini terjadi akibat kesalahan ummat Islam yang telah jauh meninggalkan konsepsi-konsepsi al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah. Mereka lebihbangga mengulas filsafat-filsafat jahiliyah dari Barat, daripada ayat-ayat Allah dan sabdaRasulullah saw.. Generasi muda Islam didikan Barat sangat memprihatinkan, mereka
1
Bab ini berasal dari makalah yang ditulis tahun 1982 sebagai bahan kajian pada pelatihan pemuda Islam.
2
 
Tentang Dasar Negara Republik Indonesia Dalam Konstituante,
 Jilid I, Bandung: Tanpa Nama Penerbit, 1958, h. 129
3
 
Murthada Muttahari,
Manusia dan Agama,
(Bandung : Mizan, 1981) halaman 45
4
 
Lihat surat Ali Imron ayat 19. Dan pengertian ad-dien oleh Abul A’la Maududy dalam Ketuhanan, Ibadah dan Agama.
Makalah/Training Islam Intensif/empiris-homepage.blogspot.com
1
 
tidak segan-segan mengkrompomikan konsepsi-konsepsi Islam yang diturunkan Allahdengan konsepsi-konsepsi jahiliyah ciptaan orang-orang kafir dari Barat maupun Timur,hal ini dilakukan hanya untuk menguatkan dan mempertahankan ide-ide sesat mereka.Dikompromikannya konsepsi Islam dengan konsepsi jahiliyah bukannya berakibat baik,namun hal ini adalah kehancuran total bagi Islam dan ummatnya, karena Islam adalahdien yang sempurna, tidak membutuhkan tambahan-tambahan konsep-konsep jahiliyahsesat. Para didikan barat ini, seorang Muslim namun berfikiran kafir, menjadi corongyang menjajakan ide-ide kafir dinegri asal mereka kepada masyarakat awam yangterbiasa dengan sistem Islam.
5
Satu-satunya yang dapat menyelamatkan ummat Islam dewasa ini darikesesatannya adalah kembali kepada Al-Qur’an dan sunah Rasulullah, menyeleksi semuakonsep dengannya. Rasulullah saw. bersabda :
 Aku tinggalkan kamu dua perkara, jika kamu berpegang teguh kepada keduanya,makakamu tidak akan sesat untuk selama-lamanya,yaitu Kitabullah (Al-Qur’an) dan sunahRasulullah
 (HR. Bukhori Muslim).Khususnya di Indonesia, pada saat ini Islam sedang mengalami suatu cobaan yangdemikian berat dan hebatnya, antara kepentingan Allah dan Rasul-Nya dengan penguasaIndonesia yang akan menjadikan pancasila sebagai satu-satunya dasar hidup diIndonesia (asas tunggal Pancasila). Hal ini menyangkut masalah aqidah ummat Islam. Toni Ardhi mengatakan, maju kena mundur pun kena, maju kepentok penguasa mundurkepentok Allah, maju kena Pendidikan Moral Pancasila (PMP) mundur kena Al-Qur’an,serba berat. Banyak pertentangan yang terjadi dikalangan Ulama, karena keinginanpenguasa. Ulama yang menjadi figur dan ikutan dalam tatanan masyarakat Indonesia,ada yang pro dan ada yang kontra. Islam melarang keras ummatnya untuk bertaqlidbuta pada seorang Ulama yang belum tentu benar, karena Rasulullah mengatakan adapula Ulama yang syu’ (brengsek). Hanya kepada Al-Qur’an dan sunahlah seseorangmuslim harus tunduk.Untuk itulah dalam rangka meluruskan aqidah ummat Islam khususnya yangberada di Indonesia, apakah Pancasila bertentangan atau tidak dengan Islam, makaperlu suatu analisa mendalam berdasarkan pada Al-Qur’an dan Al-sunnah, seandainyatidak bertentangan, ummat Islam menerimanya dengan tulus dan ikhlas, jika ternyatabertentangan, harus dibuang jauh-jauh dan berusaha dengan sekuat tenaga untukmempertahankan Islam sampai titik darah penghabisan.
Hai orang -orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah sebenar-benar taqwa kepada-Nya, dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan Islam utuh
. (AliImran : 102) . Mempertahankan eksestensi Islam adalah kewajiban seluruh ummatmanusia yang telah berikrar sebagai seorang Muslim, dimanapun ia berada. Ummat
5
 
Lihat, Amier Syakieb Arselan,
Kenapa Ummat Islam Mundur dan selain Mereka maju.
Jakarta, Bulan Bintang
Makalah/Training Islam Intensif/empiris-homepage.blogspot.com
2
 
Islam wajib bangkit mempertahankan agamanya dan bangun untuk menyingkap kabut jahiliyah yang berada di depan mereka
.
II. ISLAM DAN PANCASILA : SEBUAH ANALISA1. Pendahuluan
Islam adalah suatu aturan hidup yang mengatur segala aspek kehidupan, baiksecara individual maupun
collective
(masyarakat). Untuk menyatakan suatu benarataupun salah, seorang yang telah menyatakan dirinya sebagai muslim, tidaksewajarnyalah meninggalkan konsep yang telah tesirat dalam Al-Qur’an dan sunah,karena inilah dasar obyektif untuk menyatakan kesalahan dan kebenaran suatukonsepsi. Al-Qur’an diturunkan Allah adalah untuk membedakan antara yang haq (benar)dan yang bathil (salah).Allah berfirman :
Bulan ramadhan, bulan yang dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagimanusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan Furqon (pembeda antara yang haq dan yang bathil).
(Al Baqarah : 185)Seorang yang telah menyatakan dirinya sebagai seorang Muslim, dia wajib tundukdan patuh kepada Allah dan Rasul-Nya, tidak diizinkan sama sekali mencampur adukanantara yang haq dengan yang bathil.Allah berfirman :
 Janganlah kamu campur adukan yang haq dengan yang bathil dan janganlah kamusembunyikan yang haq itu sedang kamu mengetahui.
(Al-Baqarah : 42)Seorang Muslim harus mengakui secara mutlaq, bahwa kebenaran itu datangnyahanya dari sisi Allah Yang Maha Perkasa saja dan tidak ragu-ragu dalam hal ini.Allah berfirman :
Kebenaran itu adalah dari Robbmu sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang yang ragu
. (Al-Baqarah : 147)Untuk menguji keyakinan hambanya, Allah memberikan kebebasan untuk memilih jalan yang dikehendakinya, apakah ia memilih golongan iman atau golongan kafir. Keduagolongan ini tidak pernah bertemu selamanya, karena berbeda awal dan tujuannya,kedua golongan ini akan bertemu di medan laga untuk mempertahankan masing-masingIdeologi yang dianutnya.Allah berfirman :
Tidak ada paksaan untuk (memasuki) dien (Islam), sesungguhnya telah jelas jalan yangbenar dari jalan yang salah. Karena itu barang siapa yang ingkar kepada Thoghut, danberiman kepada Allah, maka sesungguhnya ia berpegang kepada buhul tali yang amat 
Makalah/Training Islam Intensif/empiris-homepage.blogspot.com
3

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mamad Ali liked this
Virra Sanusi liked this
Achmad Hossein liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->