Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perawatan Mesin

Perawatan Mesin

Ratings: (0)|Views: 119 |Likes:

More info:

Published by: AgOenk MalAh BingUng Neh on Jul 18, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/06/2013

pdf

text

original

 
1. Apa yang dimaksud dengan Maintenance Management ? Jelaskan !
 
 Jawab:
 Maintenance management adalah pengurusan semua kegiatan yang diperlukan untuk memelihara gedung pabrik, perlengkapan proses, perlengkapan handling, dan peralatan- peralatan lain dalam kondisi yang memuaskan, selaras dengan standar tertentu yang telahdigariskan oleh pimpinan perusahaan.
2
. Apa tujuan dari perawatan mesin ? Jelaskan !
 
 Jawab:
 Tujuan dari perawatan mesin yaitu :- Menjaga dan menaikkan daya guna dari mesin, sambil menurunkan ongkos buruh langsung perunit output yang diperlukan sekurang-kurangnya untuk dapat dibelikan perlengkapan pemeliharaan yang dibutuhkan.- Membantu pimpinan produksi, yaitu dengan memperkecil waktu pengangguran dari mesindan perlengkapan pemeliharaan karena adanya kerusakan.- Mencegah dan memperbaiki kerusakan selama operasi dengan menganalisa secara baik fasilitas produksi.- Pemeriksaan kondisi-kondisi yang jelek, yang tidak hanya menurunkan ongkos perbaikan,tetapi juga memelihara efisiensi pengerjaan dari mesin baik kualitas maupun kuantitas.- Memperkecil biaya pelayanan terhadap listrik, air, gas, dll dengan jalan pemeliharaankontinue.- Spesialisasi dari kerja pemeliharaan.- Merencanakan operasi-operasi dari pemeliharaan.
3
. Berikan pembagian dari perawatan mesin dan berikan contoh !
 
 Jawab:
 Perawatan mesin dibagi menjadi dua yaitu :
1. Pemeliharaan perbaikan
 Pemeliharaan perbaikan meliputi kegiatan elektris, mekanis, dan lain-lain.Yang diperlukan untuk membongkar perlengkapan, mencari dan mengganti part-part yangrusak, memasang kembali perlengkapan dan kemudian memeriksa kembali agar dapat berfungsi secara normal kembali.Pemeliharaan perbaikan dapat dibagi menjadi :
a. Perbaikan minor
 Adalah perbaikan yang hanya memerlukan beberapa menit saja, dan biasanya jumlahkegiatan cukup banyak dan mudah diramalkan.
b. Perbaikan mayor
 Adalah perbaikan yang memerlukan waktu beberapa hari atau beberapa jam seperti pembongkaran, penggantian part, pemasangan dan penyetelan perlengkapan.
2
. Pemeliharaan pencegahan
 Beberapa kegiatan-kegiatan yang menyangkut inspeksi, penyesuaian pelayanan, penggantianyang bersifat rutin dan terencana untuk mempertahankan kontuinitas dari operasi.Pemeliharaan pencegahan dapat dibagi menjadi tiga kelas aktivitas sbb :- Inspeksi, mempunyai fungsi sbb :
y
 
Memeriksa secara periodik agar mesin-mesin dan peralatan dapat beroperasi secarasecara efisien
y
 
Menentukan peralatan-peralatan mana yang memerlukan perhatian khusus
 
y
 
Menentukan apakah perbaikan atau pembongkaran mesin dilakukan di tempat atauharus berpindah
y
 
Memeriksa pesanan-pesanan keperluan bagian pemeliharaan
y
 
Mengontrol kualitas pekerjaan dan orang-orang di bagian pemeliharaan sendiri.- Pemeliharaan rutin dapat dibagi menjadi :
y
 
Mengencamgkan
y
 
Melumasi- Pelayanan pabrik dapat dibagi menjadi :
y
 
Pengecatan
y
 
Menyapu
y
 
Perbaikan
4
. Apa siasat dari perawatan mesin?
 
 Jawab:
 Sesuai dengan fungsinya maka siasat dari Departemen Pemeliharaan yaitu :Memelihara semua fasilitas produksi dan fasilitas-fasilitas lainnya maka DepartemenPemeliharaan harus punya perencanaan siasat tertentu yang ada hubungannya dengan pemeliharaan, agar tujuan diadakannya pemeliharaan itu tercapai. Untuk mencapai tujuandari pemeliharaan itu maka top management perlu memperhatikan beberapa siasat tertentuyaitu :
y
 
Menentukan apakah departemen pemeliharaan merupakan suatu bagian tersendiri ataumerupakan bagian dari departemen produksi.
y
 
Menentukan apakah tugas perbaikan yang diakibatkan karena terjadinya kerusakan berat akan dikontrakkan ke luar pabrik atau tidak.
y
 
Sistem peremajaan mesin-mesin. Apakah peremajaan akan dilakukan satu persatusetiap terjadi satu mesin yang sudah tidak dapat berfungsi secara baik atau sejumlahmesin tertentu dalam periode waktu yang telah direncanakan, atau secara keseluruhan jika tidak dipandang sudah tidak efisien lagi.
5
. Bagaimana menentukan organisasi maintenance dalam pabrik ? Jelaskan !
 
 Jawab:
 Banyak faktor yang menentukan bentuk dari struktur organisasi pemeliharaan dari masing-masing industri, akan tetapi yang jelas bahwa dasar penyusunan yang mantap adalah denganongkos yang lebih rendah serta produktivitas yang tinggi. Adapun faktor -faktor yangmenentukan tersebut antara lain :a. Jenis operasi dari masing-masing organisasi industri . b. Kontuinitas operasi.Telah sama-sama kita ketahui bahwa keausan bagian-bagian mesin serta perlengkapan akansangat dipengaruhi oleh jumlah jam pemakaian mesin serta perlangkapan.c. Besar pabrik.Sudah tentu dalam industri-industri yang sejenispun mungkin berbeda tentang struktur 
 
organisasinya, mengingat banyaknya serta tipe dari mesin-mesin dan perlengkapan yangdipergunakan.d. Ruang lingkup dari bagian pemeliharaan harus sesuai dengan siasat yang telah ditetapkan.e. Tingkat kecakapan, latihan serta kepercayaan diri tenaga kerjanya.
7
. Apa maksudnya, overmaintaining dan under maintening !
 
 Jawab:
 Pada undermaintening jumlah anggaran biaya pemeliharaan di bawah jumlah yangdiperlukan. Apabila siasat ini yang dipilih, maka pimpinan akan menanggung resikoterjadinya break down mesin, yang dapat mengakibatkan kerugian produksi atau kekurangan perlengkapan handling. Sedangkan pada kebijaksanaan overmaitening yang dipilih yaitu pemeliharaan secara berlebih-lebihan, maka ongkos total pemeliharaan akan lebih besar daripada keperluan sebenarnya.
8
. Apa fungsi minyak pelumas (Lubrication Oil) ? Jelaskan !
 
 Jawab :
Fungsi suatu bahan pelumas adalah untuk memisahkan kedua permukaan antara satu denganyang lain dan dengan demikian mengurangi halangan mekanis dan atraksi molekuler.
9
. Bagaimana prinsip kerja dari minyak pelumas pada suatu poros dan bantalan ?
 
 Jawab :
 Prinsip kerjanya ialah pada saat berhenti maka pada A terdapat titik kontak antara poros dan bearing (Gambar. II-2a). Pada saat proses mulai berputar maka poros itu dapat bergerak sedikit ke atas (sehingga ada satu clearance) lalu dapat berputar diatas satu lapisan minyak (Gambar. II-2b). Lapisan ini semakin bertambah tebal dengan pemompaan minyak yangsemakin cepat dan dengan demikian terjadi pemisahan yang jelas antar permukaan poros dan bearing. Dalam keadaan demikian Gambar. II-2c, maka dikatakan poros dan bearing beradadalam daerah pelumasan sempurna (perfect, film atau complete lubrication). Dalam daerahini tidak terjadi lagi kontak antara logam dengan logam, yang sering pula dikatakan gesekanhidrodinamis.
10. Bagaimana membedakan minyak pelumas yang satu dengan yang lain !
 
 Jawab :
 Bahan dasar untuk bahan-bahan pelumas terdiri dari 2 macam yaitu :
F
ixed Oils
, berasal dari tumbuh-tumbuhan atau hewan.Pada umumnya fixed oils sudah terdesak oleh mineral oils karena harganya lebih murah.Fixed oils mempunyai sifat-sifat pelumasan yang lebih baik, hanya terkadang kurang stabil(chemical) dan mempunyai tendensi untuk membentuk ³CUM´
Mineral Oils
, merupakan derivat-derivat dari petroleum.Minyak-minyak mineral terbentuk dari molekul-molekul besar dengan struktur yang kurang jelas sehingga komposisi suatu minyak mineral dinyatakan dalam persen (%) konstituennya.
11. Apa maksud minyak pelumas SAE 10 W ?
 
 Jawab :
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->