Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Memory Pada Komputer

Memory Pada Komputer

Ratings: (0)|Views: 2,213|Likes:
Published by rusdi ariawan
Memory Pada Komputer
Memory Pada Komputer

More info:

Published by: rusdi ariawan on Jul 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2013

pdf

text

original

 
PUTU RUSDI ARIAWAN
MEMORY PADA KOMPUTER
DASAR TEKNIK INFORMASI
OLEH :PUTU RUSDI ARIAWAN (0804405050)
JURUSAN TEKNIK ELEKTROFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS UDAYANADENPASAR2010
 
 
PUTU RUSDI ARIAWAN
BAB IPENDAHULUAN
Memory komputer bisa diibaratkan sebagai papan tulis, di mana setiap orangyang masuk ke dalam ruangan bisa membaca dan memanfaatkan data yang adadengan tanpa merubah susunan yang tersaji. Data yang diproses oleh komputer,sebenarnya masih tersimpan didalam memory, dan dalam hal ini komputer hanyamembaca data dan kemudian memprosesnya. Satu kali data tersimpan didalammemory komputer, maka data tersebut akan tetap tinggal disitu selamanya. Setiap kalimemory penuh, maka data yang ada bisa dihapus sebagian ataupun seluruhnya untuk diganti dengan data yang baru.Besar kecilnya komputer, ditentukan oleh besar kecilnya memory yangdimilikinya. Apabila komputer memiliki memory besar, maka kemampuan komputerdalam hal menyimpan data juga menjadi besar, demikian pula sebaliknya. Satuan datayang tersimpan didalam memory dinyatakan dengan Byte, Kilo-byte, Mega-byte,ataupun Giga-byte. Dalam hal ini, 1 Character = 1 byte. Data yang akan diprosesataupun hasil pemrosesan komputer, disimpan didalam internal memory. Disampingitu, internal memory juga digunakan untuk menyimpan program yang digunakanuntuk memproses data. Dengan demikian, kapasitas internal memory harus cukupbesar untuk menampung semuanya. Setiap data yang disimpan akan ditempatkandalam address (alamat) tertentu, sehingga komputer dengan cepat dapat menemukandata yang dibutuhkan. Apabila ada sebuah data yang masuk ke-address tertentu, danpada address tersebut telah terisi dengan data yang lama, maka data yang baru akanmenumpuk data lama. Dengan demikian, data lama akan tertumpuk/hilang, dan isinyaakan diganti dengan data yang baru.Dengan kemampuan dalam hal menyimpan data yang semakin meningkat,ternyata harga memory juga semakin murah, dan bentuknya juga semakin kecil. Padatahun 1950-an, harga sebuah memory yang dapat digunakan untuk menyimpan 2.500character adalah 1 juta dolar. dan pada tahun 1990-an, harga memory untuk ukurantersebut, hanyalah 50-sen.
 
PUTU RUSDI ARIAWAN
BAB IIPEMBAHASAN2.1 Pengertian Memory Internal
Pengertian internal memori terbagi menjadi:
Read Only Memory (ROM)
, berfungsi untuk menyimpan pelbagai programyang berasal dari pabrik komputer. Sesuai dengan namanya, ROM (Read OnlyMemory), maka program yang tersimpan di dalam ROM, hanya bisa dibacaoleh para pemakai.
Random Access Memory (RAM)
, merupakan bagian memori yang bisadigunakan oleh para pemakai untuk menyimpan program dan data.ROM bisa diibaratkan sebuah tulisan yang sudah tercetak, di mana pemakaihanya bisa melakukan pembacaan data yang ada di dalamnya tanpa bisa melakukanperubahan apapun pada tulisan yang ada. ROM biasanya berisi instruksi atau programkhusus yang bisa digunakan pemakai untuk memanfaatkan komputer secaramaksimal. ROM biasanya berisi program BIOS (Basic Input Output System),program ini berfungsi untuk mengendalikan perpindahan data antara microprocessorke komponen lain yang meliputi keyboard, monitor, printer dan lainnya. ProgramBIOS juga mempunyai fungsi untuk self-diagnostik, atau memeriksa kondisi yangada didalam dirinya. Program Linkage/Bootstrap, bertugas untuk memindahkanoperating system yang tersimpan di dalam disket untuk kemudian ditempatkan didalam RAM.RAM berfungsi untuk menyimpan program dan data dari pemakai komputerdalam bentuk pulsa-pulsa listrik, sehingga seandainya listrik yang ada dimatikan,maka program dan data yang tersimpan akan hilang. ROM menyimpan program yangberasal dari pabrik dalam bentuk komponen padat, sehingga tidak akan mengalamigangguan seandainya aliran listrik terputus. Isi RAM bisa dihapus oleh pemakaikomputer, isi ROM tidak. Secara pisik, RAM berbentuk seperti sebuah chip yangsangat kecil, dan saat ini mampu menyimpan data antara 8 MB hingga 32 GB.

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mario Ernest liked this
Mamat Matthew liked this
Dewavrat Buit liked this
Shivashankar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->