Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BAB I

BAB I

Ratings: (0)|Views: 1,261|Likes:
Published by Eka Permana

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Eka Permana on Jul 20, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/26/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1.Latar Belakang Masalah
Dalam era pembangunan nasional dewasa ini, perkembanganorganisasi-organisasi pada umumnya ditandai dengan meningkatnya jumlahaktivitas dan juga perkembangan kemajuan teknologi yang semakin majudari waktu ke waktu, baik yang bergerak di bidang jasa maupun bidang produksi.Adanya sistem informasi khususnya yang berbasiskan komputer padasebuah perusahaan saat ini mutlak dibutuhkan karena tanpa adanya sisteminformasi tersebut, maka tidak akan dapat dilakukan analisa terhadap hasilkerja perusahaan secara langsung setiap saat. Sebagai contoh, jika perusahaan mengalami kerugian, maka kerugian tersebut baru dapatdiketahui setelah berjalan sekian lama. Hal ini tentu sangat berbahaya bagikelangsungan perusahaan tersebut, karena pihak manajemen tidak dapatmengambil tindakan yang sesuai untuk mengantisipasi keadaan yang terjadi pada perusahaan secara cepat. Tetapi dengan adanya sistem informasi yang berbasis komputer, maka keadaan perusahaan dapat terus terpantau karenasegala kegiatan yang berhubungan dengan operasional perusahaan dapattercatat dan kinerja perusahaan dapat terpantau dengan adanya informasiyang dihasilkan sistem tersebut.
 
Untuk menghasilkan sistem informasi yang berguna, maka terdapattiga syarat yang harus diperhatikan yaitu tepat sesuai dengan kebutuhan,akurat dan tepat waktu. Jika salah satu dari ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi, maka informasi yang dihasilkan oleh sistem dapat dianggapsebagai sampah karena tidak bisa digunakan.Mengingat pentingnya sistem informasi ini, maka pada penelitian inidilakukan pembuatan sebuah sistem informasi yang ditujukan khususnya bagi sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi. Semua informasiini dapat dilihat setiap saat tanpa harus menunggu berakhirnya periode yang berlaku pada perusahaan tersebut dan data selalu terbaharui dari hasil pencatatan yang dilakukan.Pabrik Roti Lumbung Sari Cirebon merupakan salah satu industri yang bergerak produksi barang. Sistem informasi pengolahan data proses produksi yang sedang berjalan pada Pabrik Roti Lumbung Sari masihdilakukan secara manual. Hal ini menimbulkan berbagai permasalahan dankelemahan.Berdasarkan latar belakang yang tertera di atas, Pabrik Roti LumbungSari membutuhkan penggunaan salah satu bentuk teknologi yang berbasiskomputerisasi, sebagaimana judul yang diambil dalam Tugas Akhir ini yaitu
Sistem Informasi Proses Produksi Pada Pabrik Roti Lumbung SariCirebon Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0”
Dimana mempunyai kelebihan-kelebihan sistem berjalan yaitu sistemyang dirancang menggunakan program
Visual Basic 6.0
.
Sebagai alat bantu
 
yang memungkinkan cara yang paling efektif dalam penyajian informasidengan cepat. Dapat menampilkan laporan-laporan sesuai kriteria yangdapat mempermudah informasi diterima dengan cepat dan tepat.Perancangan basis data yang terstruktur sehingga pengolahan data dapat diakses secara otomatis dan penyajian informasi guna pengambilan keputusan bagi Pimpinan Pabrik Roti Lumbung Sari Cirebon yang lebih efisien danefektif.
1.2.Perumusan Masalah
Pokok permasalahan-pemasalahan yang akan disajikan dalam laporanTugas Akhir ini berdasarkan sumber permasalahan yang ada pada Pabrik Roti Lumbung Sari yaitu mengenai :1.Bagaimana prosedur Proses Produksi lebih cepat dan efisien?2.Bagaimana proses pembuatan laporan-laporan agar lebih mudahdimengerti pimpinan Pabrik Roti Lumbung Sari Cirebon?
1.3.Batasan Masalah
Dalam laporan Tugas Akhir ini sesuai dengan data yang diuraikandiatas, maka hanya membatasi permasalahan ini, dengan membatasi ruanglingkup permasalahan tersebut hanya memfokuskan pada “PemesananBahan Baku, Penerimaan Bahan Baku, Pemakaian Bahan Baku, ProsesBahan Baku, Produksi”. Hal ini dilakukan agar tidak meluasnya permasalahan yang akan dibahas.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Putri Prastyo liked this
Tri Halomoan liked this
paskib_05 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->