Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
P. 1
Kelas XI KD III Keterbukaan Dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Kelas XI KD III Keterbukaan Dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara

Ratings: (0)|Views: 35,877 |Likes:
Published by lini1969_n10tangsel

More info:

Published by: lini1969_n10tangsel on Jul 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2014

pdf

text

original

 
BAB IIIKETERBUKAAN DAN KEADILAN DALAMKEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Standar Kompetensi:
3.
Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani.
Kompetensi Dasar:
3.1.
Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilandalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.2.
Menganalisis dampak penyelenggaraa pemerintahan yang tidaktransparan.
3.3.
Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupanberbangsa dan bernegara.
A.PENDAHULUAN
---------------------ada gambar sekelompok masyarakat yang menuntutkeadilan ---------------------
Era keterbukaan
atau lebih dikenal dengan
globalisasi
, merupakan
resulatante
(akibat/hasil) dari sedemikian banyak perkembanganpemikiran menyeluruh baik ilmu pengetahuan maupun teknologi dalamparuh kedua abad ke 20. Hal ini telah mendorong dilakukannyaserangkaian penyesuaian serta perkembangan kelambagaan sertatatanannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar dengancepat mampu menyesuaikan diri. Rangkaian penyesuaian yangdiperlukan bukan hanya menyangkut kebijaksanaan penyelenggaraannegara, strategi serta tata kerja pemerintahan, tetapi juga orientasi tatanilai serta aspek kelembagaan masyarakat dan bangsa itu sendiri (aspekpolitik, ekonomi, sosial-budaya, hukum, pertahanan dan keamanan).Memasuki era keterbukaan, mengharuskan kita secara arif agarmampu merumuskan dan mengaktualisasikan kembali nilai-nilaikebangsaan yang tangguh dalam berinteraksi terhadap tatanan dunialuar dengan tetap berpijak pada jati diri bangsa, serta menyegarkan danmemperluas makna pemahaman kebangsaan kita. Sudah saatnya maknanasionalisme dan patriotisme yang memiliki dimensi dan cakupan yangmakin kompleks, memerlukan langkah-langkah arif dan bijaksana agarkita makin dapat mendekatkan wujud cita-cita Proklamasi yangtercantum di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.Secara psikologis, tumbuhnya sikap keterbukaan berkaitan eratdengan jaminan keadilan.
Keterbukaan
merupakan sikap jujur, rendahhati dan adil serta mua menerima pandapat orang lain. Sedangkan
keadilan
merupakan pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara
1
 
hak dan kewajiban. Dengan demikian penerapan jaminan keadilan perludilandasi oleh sikap jujur rendah hati dan tindakan yang tidak beratsebelah.Sebagai manusia kita diminta untuk tidak hanya menuntut hak danmengabaikan kewajiban, karena hal yang demikian dapat mengarahpada
 pemerasan
dan
memperbudak oran lain
. Sebaliknya jika hanyamenjalankan kewajiban dan mengabaikan apa yang menjadi hak kita,maka kita akan mudah diperbudak atau diperas oleh orang lain.
Contoh
; seorang karyawan yang hanya menuntut hak kenaikan upahtanpa diimbangi peningkatan kualitas kerjanya tentu dianggap sebagai
 pemeras
. Sebaliknya seorang majikan yang terus menerus memerastenaga pegawainya tanpa memperhatikan kenaikan upah danpeningkatan kesejahteraan pekerjanya, maka cenderung disebut telah
memperbudak 
orang lain.
B.
PENTINGNYA KETERBUKAAN DAN KEADILAN DALAMKEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
1.
Pengertian Keterbukaan dan Keadilan
a.Keterbukaan
Keterbukaan merupakan perwujudan dari sikap jujur, rendah hati,adil, mau menerima pendapat, kritik dari orang lain. Dalam
KamusBesar Bahasa Indonesia
, keterbukaan adalah hal terbuka, perasaantoleransi dan hati-hati serta merupakan landasan untukberkomunikasi. Dengan demikian dapat dipahami pula bahwa yangdimaksud dengan keterbukaan adalah suatu sikap dan perilakuterbuka dari individu dalam beraktivitas.
b.Keadilan
Dalam
Kamus Umum Bahasa Indonesia
, kata keadilan yangberasal dari kata dasar “adil”, mempunyai arti kejujuran, kelurusandan keikhlasan yang tidak berat sebelah. Sehingga keadilanmengandung pengertian sebagai suatu hal yang tidak berat sebelahatau tidak memihak dan tidak sewenang-wenang.Sedangkan di dalam
Ensiklopedi Indonesia
, disebutkan bahwakata “adil(bahasa Arab ; ‘
adl
) mengandung pengertian sebagaiberikut :
 Tidak berat sebelah atau tidak memihak ke salah satu pihak.
Memberikan sesuatu kepada setiap orang sesuai dengan hakyang harus diperolehnya.
Mengetahui hak dan kewajiban, mengerti mana yang benar danmana yang salah, bertindak jujur dan tepat menurut peraturan atausyarat dan rukun yang telah ditetapkan. Tidak sewenang-wenangdan maksiat atau berbuat dosa.
Orang yang berbuat adil, kebalikan dari
fasiq
(orang yang tidakmengerjakan perintah).Pengertian kata “adilyang lebih menekankan pada
tindakan yang tidak berdasarkan kesewenang-wenangan
”, maka sesungguhnyapada setiap diri manusia telah melekat sumber kebenaran yang
2
 
disebut hati nurani. Tuhanlah yang menuntun hati nurani setiapmanusia beriman agar sanggup berbuat adil sesuai dengan salah satusifat-Nya yang Maha Adil. Kata “keadilan” dapat juga diartikan sebagaisuatu tindakan yang tidak berdasarkan kesewenang-wenangan; atautindakan yang didasarkan kepada norma-norma (norma agama, normakesusilaan, norma kesopanan, maupun norma hukum).Banyak ahli yang mencoba memberikan pendapat tentang kata“adil” atau keadilan. Namun sebagaimana yang kita ketahui, merekaberdasarkan sudut pandang masing-masing akan terdapat perbedaan,walaupun demikian akan tetap pada dasar-dasar atau koridor yangsama. Berikut ini beberapa pengertian keadilan menurut para ahli.
Aristoteles
Keadilan adalah kelayakan dalam tindakan menusia, kelayakanyang di maksud adalah titik tengah antara kedua ujung ekstrim,tidak berat sebelah dan tidak memihak. Menurut Aristotelesterdapat 5 (lima) jenis keadilan, yaitu:
NoKeadilanUraian /KeteranganContoh
1.
KeadilanKomutatif 
  Yaitu, perlakuanterhadap seseorangdengan tidak me-lihat jasa-jasa yang telahdiberikannya.Seseorang yang telahmelakukankesalahan/pelanggarantanpa me-mandangkedudukannya, dia tetapdihukum sesuai dengankesalahan/ pelanggaranyang dibuatnya.2.
KeadilanDitributif 
 Yaitu, perlakuanterhadap seseorangsesuai dengan jasa – jasa yang telahdiberikan-nya.Beberapa orang pegawaisuatu perusahaanmemperoleh gaji yangberbeda, berdasarkan masakerja, golongan,kepangkatan, jenjangpendidikan, atau tingkatkesulitan pekerjaannya.3.
KeadilanKodrat  Alam
 Yaitu, memberisesuatu sesuaidengan yang diberi-Seseorang yang menjawabsalam yang diucapkanorang lain dikatakan adil
3
Fokus Kita :
Berdasarkan pemahaman
kita tentang kata
keadilan
”, makasudah seharusnya kita mengakui dan memperlakukan manusiasesuai dengan martabatnya tanpa membeda-bedakan suku,keturunan, agama dan kepercayaan, jenis kelamin, kedudukansosial, serta warna kulit. Hal ini berarti kita seharunyamengembangkan sikap-sikap :
Saling mencintai sesama manusia. 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->