Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
66Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
JARINGAN DEWASA TUMBUHAN

JARINGAN DEWASA TUMBUHAN

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 4,087 |Likes:
Published by mariam_n10tangsel

More info:

Published by: mariam_n10tangsel on Jul 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/07/2013

pdf

text

original

 
 JARINGAN DEWASA
/
PERMANEN
 
 Jaringan permanen
adalah jaringan yang bersifat non meristematik yang sel-selnya tidak melakukan defrensiasi dan specialisasi lagi atau tidakmempunyai kemampuan totipotensi . Kemampuan totipotensi adalahkemampuan jaringan yang sel selnya bisa cleavage /membelah ,berdefrensiasi-specialisasi membentuk sel yang berbeda dari yangsebelumnya. Jaringan dewasa ini sel selnya masih mempunyai kemampuanuntuk membelah membentuk seperti dirinya misalnya untuk regenerasi ,tumbuh namun untuk totipotensi tidak terjadi OK  Jaringan permanen dibentuk dari hasil defensiasi sel-sel meristem, yangterdiri dari meristem primer dan meristem skunder.
 Yang termasuk jaringan permanen
:a. Jaringan epidermis.b. Jaringan parenkim.c. Jaringan penyokong.d. Jaringan pengangkut.e. Jaringan gabus.Untuk melihat keberadaan Jaringan itu ada dimana , tentu kita bisa lihat diOrgan organ tumbuhan misal organ daun (lihat gambar) , akar dan organbatang . Jaringan permanen pada tumbuhan berfungsi antara lain :1.Jaringan epidermis, melindungi jaringan yang berada didalamnya.2.Jaringan parenkim palisade, tempat penyelenggara fotosintesis.3.Jaringan parenkim spons, selain sebagai tempat fotosintesis jugatempat penyimpan hasil fotosintesis.
 
4.Jaringan kolenkim, jaringan penguat pada organ tubuh tumbuhan yangmuda.5.Berkas pembuluh atau berkas vaskuler daun yaitu floem dan xilemterdapat pada ibu tulang daun.6.Xilem , mengangkut air dan mineral dari dalam tanah melalui akarsampai daun.7.Floem, mengangkut hasil fotosintesis dari daun keseluruh tubuhtumbuhan.1 Jaringan Epidermisyaitu jaringan yang terletak paling luar pada setiap organ tumbuhan(akar, batang , daun, bunga, buah, dan biji ) . Ciri-ciri jaringanepidermis adalah:
1. Tersusun dari sel-sel hidup.2. Terdiri atas satu lapis sel tunggal.3. Beragam bentuk, ukuran dan susunannya, tetapi biasanyatersusun rapat tidak ada ruang antar sel , bentuk sepertibalok
4. Tidak memiliki klorofil, kecuali pada tumbuhan paku5. Dinding sel jaringan epidermis bagian luar yang berbatasan dengan udaramengalami penebalan , sedangkan dinding sel jaringan epidermis bagiandalam yang berbatasan dengan jaringan lain dinding selnya tetap tipis.6. Mengalami modifikasi membentuk derivat jaringan epidermis, misalstomata, trikomata (rambut-rambut), spina (duri), vilamen , sel kipas, selkersik (sel silika)2. Jaringan Parenkim Jaringan Parenkim merupakan jaringan dasar yang terdapat diseluruhorgan tumbuhan. Disebut sebagi jaringan dasar karena sebagaipenyusun sebagian besar jaringan pada akar, batang, daun, bunga,buah dan biji.Ciri-ciri jaringan parenkim adalah :
 
1. Terdiri dari sel-sel hidup yang berukuran besar dan berdindingtipis.2. Bentuk sel parenkim segi enam.3. Memiliki banyak vakuola.4. Mampu bersifat meristematik.5. Memiliki ruang antar sel sehingga letaknya tidak rapat.
Berdasarkan fungsinya jaringan parenkim dibedakan menjadibeberapa macam antara lain:
1. Parenkim asimilasi (klorenkim).2. Parenkim penimbun.3. Parenkim air4. Parenkim penyimpan udara (aerenkim)
3. Jaringan Penyokong Jaringan penyokong merupakan jaringan yang berperan untukmenunjang bentuk tumbuhan agar dapat berdiri dengan kokoh.Disebut juga jaringan penguat karena memiliki dinding sel yang tebaldan kuat serta sel-selnya yang telah mengalami spesialisasi. Jaringanpenyokong terdiri dari jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim. Jaringan kolenkim yaitu jaringan penyokong atau penguat pada organtubuh muda.Kolenkim tersusun atas sel-sel hidup dengan protoplasma yang aktif.Sel kolenkim dapat mengandung kloroplas, makin sederhanadeferensiasinya makin banyak kloroplasnya, sehingga menyerupaiparenkim.

Activity (66)

You've already reviewed this. Edit your review.
Erlyn Toleu added this note
bermanfaat sekali...
1 thousand reads
1 hundred reads
Anis Vio Olala liked this
Angeline Loisye liked this
Endang Saputra liked this
Avh Fhy liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->