Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
13Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permintaan Barang Dan Jasa

Permintaan Barang Dan Jasa

Ratings: (0)|Views: 6,582|Likes:
Published by Niken Desila Utami

More info:

Published by: Niken Desila Utami on Jul 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/12/2012

pdf

text

original

 
Pembentukan Harga Pasar
A.Permintaan Barang dan Jasa
1.Pengertian Permintaan
Permintaan adalah keseluruhan jumlah barang atau jasa yang bersedia diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.
2.Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan
a.Harga barang itu sendiri
Harga barang akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika harga naik jumlah permintaan barang tersebut akan meningkat sedangkan jia harga turun maka jumlah permintaan barang akan menurun
b.Harga barang subtitusi (pengganti)
Harga barang dan jasa pengganti (substitusi) ikut memengaruhi jumlah barang dan jasa yang diminta. Apabila harga dari barang substitusi lebih murah maka orang akan beralih pada barang substitusi tersebut. Akan tetapi jika harga barang substitusi naik maka orang akan tetap menggunakan barang yang semula. Contohnya kaos adalah pengganti kemeja. Jika di pasar harga kaos lebih murah dibandingkan kemeja, maka permintaan akan kaos lebih banyak bila dibandingkan permintaan terhadap kemeja.
c.Harga barang komplementer (pelengkap)
Barang pelengkap juga dapat memengaruhi permintaan barang/jasa. Misalnya sepedamotor, barang komplementernya bensin. Apabila harga bensin naik, makakecenderungan orang untuk membeli sepeda motor akan turun, begitu jugasebaliknya.
d.Pendapatan
Besar kecilnya pendapatan yang diperoleh seseorang turut menentukan besarnya permintaan akan barang dan jasa. Apabila pendapatan yang diperoleh tinggi maka permintaan akan barang dan jasa juga semakin tinggi. Sebaliknya jika pendapatannyaturun, maka kemampuan untuk membeli barang juga akan turun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun. Misalnya pendapatan Ibu Siti dari hasil dagang minggu pertama Rp200.000,00 hanya dapat untuk membeli kopi 20 kg. Tetapi ketika hasildagang minggu kedua Rp400.000,00, Ibu Tia dapat membeli kopi sebanyak 40 kg.
e.Selera konsumen
Selera konsumen terhadap barang dan jasa dapat memengaruhi jumlah barang yangdiminta. Jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat maka permintaanterhadap barang tersebut akan meningkat pula. Misalnya, sekarang ini banyak orangyang mencari hand phone yang dilengkapi fasilitas musik dan game, karena selera
 
konsumen akan barang tersebut tinggi maka permintaan akan hand phone yangdilengkapi musik dan game akan meningkat.
f.Intensitas kebutuhan konsumen
Intensitas kebutuhan konsumen berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta.Kebutuhan terhadap suatu barang atau jasa yang tidak mendesak, akan menyebabkan permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut rendah. Sebaliknya jikakebutuhan terhadap barang atau jasa sangat mendesak maka permintaan masyarakatterhadap barang atau jasa tersebut menjadi meningkat, misalnya denganmeningkatnya curah hujan maka intensitas kebutuhan akan jas hujan semakinmeningkat. Konsumen akan bersedia membeli jas hujan hingga Rp25.000,00walaupun kenyataannya harga jas hujan Rp15.000,00.
g.Perkiraan harga di masa depan
Apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan naik maka konsumencenderung menambah jumlah barang yang dibeli karena ada kekhawatiran harga akansemakin mahal. Sebaliknya apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akanturun, maka konsumen cenderung mengurangi jumlah barang yang dibeli. Misalnyaada dugaan kenaikan harga bahan bakar minyak mengakibatkan banyak konsumenantri di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) untuk mendapatkan bensinatau solar yang lebih banyak.
h.Jumlah penduduk 
Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka barang yang diminta akanmeningkat.
3.Macam-macam permintaan
Permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain permintaan berdasarkan daya beli dan jumlah subjek pendukung.
a.Permintaan menurut daya beli
 Permintaan efektif,
adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasayang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenisini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampumembayarnya.
 Permintaan potensial,
adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belummelaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut.
 Permintaan absolut,
adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasayang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan.
b.Permintaan menurut subjek jumlah pendukungnya
Berdasarkan jumlah subjek pendukungnya, permintaan terdiri atas permintaanindividu dan permintaan kolektif.
 
 Permintaan individu,
adalah permintaan yang dilakukan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
 Permintaan kolektif 
/
 permintaan pasar,
adalah kumpulan dari permintaan- permintaan perorangan/individu atau permintaan secara keseluruhan parakonsumen di pasar.
4.Hukum permintaan
Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harganaik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yangdiminta meningkat. Dengan demikian hukum permintaan berbunyi:Pada hukum permintaan berlaku asumsi
ceteris paribus
. Artinya hukum permintaantersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap).
5.Kurva permintaan
Hukum permintaan yang telah kita pelajari di atas dapat digambarkan menggunakan suatugrafik yang disebut kurva permintaan. Perhatikan kembali daftar permintaan yang dilakukandalam membeli jeruk pada tabel berikut ini.Berdasarkan tabel di atas dapat dibuat grafik seperti gambar dibawah ini:
“Semakin turun tingkat harga, makasemakin banyak jumlah barang yangbersedia diminta, dan sebaliknya semakinnaik tingkat harga semakin sedikit jumlahbarang yang bersedia diminta.”

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yogi Slout liked this
Dike CallTeam liked this
Muh Rhansyah liked this
Liean Aprilliean liked this
Habibi Kekasihku liked this
Aidha Fitri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->