Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
48Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cara Pembuatan Nata de Coco

Cara Pembuatan Nata de Coco

Ratings: (0)|Views: 3,117 |Likes:
Published by karisma perdana

More info:

Published by: karisma perdana on Jul 23, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2013

pdf

text

original

 
CARA PEMBUATAN NATA DE COCO
Tahap pertama yang dilakukan pada proses pembuatan Nata de Coco alah penyaringan airkelapa dengan kain penyaring untuk membebaskannya dari kotoran-kotorang yang tidakdiinginkan.Kemudian dilakukan pemanasan sampai mendidih, yang bertujuan untuk membunuhmikroorganisme yang mungkin akan mencemari produk yang akan dihasilkan. Dalampemanasan ini ditambahkan 7,5% gula dari volume air kelapa (75 g gula untuk 1 literkelapa).Pendinginan dilakukan pada suhu kamar. Setelah dingin, ditempatkan dalam wadah steril,tingkat keasamannya diatur dengan menambahkan asam cuka sampai pH 4-5.Kemudian dilakukan penambahan bakteri starter dan diinkubasi (diperam) selama 2minggu. Pada pemeraman ini, wadah ditutup rapat dengan plastik. Suhu pemeraman terbaikadalah 30oC.Air kelapa akan menggumpal, menghasilkan nata de coco yang telah siap untukdipanen. Selanjutnya dipotong kecil-kecil berbentuk kubus. Potongan-potongan nata de cocoditiriskan, kemudian direndam dalam air bersih selama 2-3 hari, untuk menghilangkanasamnya. Setiap hari, air perendam diganti dengan yang baru.Bila pada hari ketiga nata de coco masih terasa asam, maka perlu dilakukanpemasakan/dididihkan kembali selama 10 menit dan segera tiriskan.Untuk memaniskan nata de coco dan memperpanjang umur simpannya, maka potongan-potongan nata harus direndam dalam larutan gula yang dibuat dengan cara melarutkan 600 ggula ke dalam 1,5 liter air, kemudian dipanaskan sampai semua gulanya melarut. Kedalamlarutan gula ini, dapat juga ditambahkan natrium benzoat sebanyak 100 mg untuk setiapkilogram nata yang terbentuk. Nata dapat direndam selama 1 malam supaya gula dan bahanpengawet meresap kedalamnya. Untuk mendapatkan aroma yang lebih memikat dapat jugaditambahkan dengan esens secukupnya ke dalam larutan gula.Nata kemudian dimasukkan ke dalam botol-botol jar atau bungkus dengan plastik,perbandingan antara nata de coco dan cairan adalah 3 : 1.
PEMBUATAN NATA DE PINA
Nata merupakan selulosa yang dibentuk oleh bakteri Acetobacter xylinum, berkalori rendah,kadar serat 2,5 %, dan memiliki kadar air 98 %. Serat yang ada dalam nata tersebut sangatpenting dalam proses fisiologis, bahkan dapat membantu para penderita diabetes danmemperlancar pencernaan makanan atau dalam saluran pencernaan. Oleh karena itu dapatdipakai sebagai sumber makanan
Nata de pina
kalori rendah dan untuk keperluan diet Bahan baku yang sudah umum digunakan sebagaimedia untuk membuat nata adalah air kelapa, yang produknya dikenal dengan nama nata decoco. Nata juga dapat dibuat dengan bahan-bahan media lainnya yang cukup mengandunggula. Gula yang terkandung dalam bahan tersebut dapat dimanfaatkan oleh A. Xylinum untukmembentuk nata.Bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai media tersebut antara lain adalah kedelai (nata desoya), tomat (nata de tomato) dan nanas (nata de pina) . Pada prinsipnya medium nataadalah cairan yang mengandung gula, oleh karena itu limbah buah-buahan , termasuk limbahnenas juga bisa digunakan sebagai medium nata depina. Selain buahnya, limbah nanas jugadapat dipakai sebagai bahan baku nata de pina
a. Bahan
 
Gula pasir
Asam cuka
Cairan bibit atau kultur murni nata (dapat diperoleh dari kultur ampas nanas)
Sebagai alternatif bisa ditambahkan Amonium Phospat, (sumber nitrogen).
b. Alat
Pisau
Telenan
Panci
Blender/pemarut
Kompor
Kain saring
Pengaduk
Nampan
c. Cara Pembuatan nata de pina :
Bahan yang digunakan adalah buah atau limbah nanas yang berupa kulit, empulur danmata nanas serta buah nanas masak optimum. Buah nanas dikupas dan dibersihkan mataserta empulurnya kemudian dicuci.
Bahan dihancurkan dengan blender dan dimasak sampai mendidih kemudian disaring
Hasil saringan ditambah gula 10 gram per liter dan sebagai alternatif bisaditambahkan Ammonium Phospat 10 gram per 5 liter untuk memperkaya kandungannitrogen dalam media, kemudian dididihkan lagi.
Setelah mendidih biarkan 10 menit dan ditambah asam cuka sebanyak 30 ml per literatau sampai pH 4,5 kemudian dimasukkan ke dalam nampan plastik yang sudah distrilkandengan cara dijemur atau dicuci dengan alkohol dan ditutup dengan kertas koran yangsudah disterilkan dengan cara diseterika atau dioven dan diikat sampai rapat. Untuk starter / bibit nata dimasukkan ke dalam botol yang sudah disterilkan.
Setelah dingin atau 7 – 8 jam, cairan stater dimasukkan ke dalam nampan atau botolsebanyak 20 % dan ditutup kembali.
Biarkan selama 7 – 10 hari (fermentasi), setelah terjadi penggumpalan dinamakanpelikel dipotong-potong kecil, ditiriskan dan direndam dalam selama 2 3 hari untukmenghilangkan asamnya. Selama perendaman air sering diganti.
Potongan pelikel (nata) direbus selama 30 menit lalu ditiriskan.
PEMBUATAN STARTER NATA
Starter utk pembuatan "nata de coco" dibuat dengan cara menumbuhkan bakteripembentuk nata dalam media pulp nenas yang dicampur gula pasir.Pertama-tama nenas yg telah masak dikupas, dipotong-potong dan dihancurkandalam blender. Pulp-ny disaring dan diperas, kemudian diencerkandengan air yang telah dididihkan sampai konsitensinya lebih encer dari pada "juice"mula-mula. Pulp tersebut kemudian dicampur dengan gula pasirdan diisikan ke dalam botol,kemudian ditutup kain atau kertas karton. Campurantersebut dibiarkan selama lebih kurang 15 hari.
Februari 6, 2009 pada 6:15 am (Lepas)
Sebagai negara kepulauan, umumnya daerah sepanjang pesisir pantai di Indonesia banyakditumbuhi pohon kelapa. Pohon kelapa memberikan banyak hasil bagi manusia mulai dari
 
batang, daun, buah dll. Pada pembuatan kopra atau penjual kelapa di pasar, airnya terbuangpercuma sebagai limbah yang dapat mencemari lingkungan terutama yang berhubungandengan kesuburan tanah. Jika kita mengetahui manfaat air kelapa bahwa air kelapa telahberhasil diolah menjadi suatu produk komersial yang sangat populer dengan nama Nata deCoco.Seperti halnya pembuatan beberapa makanan atau minuman hasil fermentasi, pembuatannata juga memerlukan bibit. Bibit tape biasa disebut ragi, bibit tempe disebut usar, dan bibitnata de coco disebut starter.Bibit nata adalah bakteri Acetobacter xylinum yang akan dapat membentuk serat nata jikaditumbuhkan dalam air kelapa yang sudah diperkaya dengan karbon dan nitrogen melaluiproses yang terkontrol. Dalam kondisi demikian, bakteri tersebut akan menghasilkan enzimyang dapat menyusun zat gula menjadi ribuan rantai serat atau selulosa. Dari jutaan renikyang tumbuh pada air kelapa tersebut, akan dihasilkan jutaan lembar benang-benang selulosayang akhirnya nampak padat berwarna putih hingga transparan, padat, kokoh, kuat dankenyal dengan rasa mirip kolang-kaling, yang disebut sebagai nata.Selain banyak diminati karena rasanya yang enak dan kaya serat, pembuatan nata de cocopun tidak sulit dan biaya yang dibutuhkan tidak banyak sehingga dapat sebagai alternatif usaha yang dapat memberikan keuntungan. Produk ini banyak digunakan sebagai pencampures krim, coktail buah, sirup, dan makanan ringan lainnya.Nata de coco dapat dipakai sebagai sumber makan rendah energi untuk keperluan diet. Natade coco juga mengandung serat (dietary fiber) yang sangat dibutuhkan tubuh dalam prosesfisiologi. Konon, produk ini dapat membantu penderita diabetes dan memperlancar prosespencernaan dalam tubuh.Acetobacter xylinum dalam pertumbuhan dan aktivitasnya membentuk nata memerlukansuatu media yang tepat sehingga produksi nata yang dihasilkan dapat secara optimal. Sebagaimedia dalam pembentukan nata media yang digunakan haruslah memiliki kandungankomponen-komponen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme yang dalam hal ini yaituacetobacter xylinum . Komponen media nata yang dibutuhkan sebagai syarat media nataantara lain memiliki sumber karbon dapat berupa gula, sumber nitrogen dapat berupapenambahan urea atau ZA, mineral dan vitamin yang mendukung pertumbuhan bakteriacetobacter xylinum. Asam sitrat atau asam asetat untuk penyedia kondisi asam yangdiharapkan bakteri acetobagter xylinum.

Activity (48)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Maria Yovita liked this
Fuady El Furqany liked this
Rusdhy Al-farizy liked this
Yusda Dama liked this
Aben Mul liked this
Isral Fahmi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->