Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Narkoba Dan Dampaknya

Narkoba Dan Dampaknya

Ratings: (0)|Views: 1,362|Likes:
Published by -Nduuh Newbie-

More info:

Published by: -Nduuh Newbie- on Jul 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2012

pdf

text

original

 
Narkoba dan Dampaknya
 
Heroin--Sifat dan Dampaknya
Pertama kali ditemukan oleh ahli kimia Inggris pada 1974, heroin ataudiasetilmorfin adalah ikatan unsur aktif opium, yaitu morfin (yang diambildari bunga opium), dengan asam industri umum, anhidra asetat. Pada akhir abad ke-19, heroin dibuat secara besar-besaran sebagai penawar rasa sakit berspektrum luas. Heroin dahulu dianggap sebagai pengganti morfin yang"aman dan tidak adiktif".
Menyebabkan kecanduan fisik yang tinggi dan ketergantungan psikologis jangka panjang.
Dipakai dengan cara disuntikkan, diendus atau dihisap.
Tergantung pada ketersediaan dan keuangan pengguna, narkoba ini biasanya disuntikkan kurang-lebih tiga kali sehari (setiap delapan jam).
Efeknya bertahan tiga hingga enam jam.
Perilaku yang umum setelah memakai heroin, antara lain rasa euforia dankantuk yang sangat segera setelah disuntikkan, lesu, wajah yang memelas danmungkin juga berjalan dengan kaki diseret.
Gejala putus zat akut dimulai dalam 8-12 jam setelah dosis terakhir.
Gejala putus zat umumnya tidak berbahaya tetapi dapat sangatmenyakitkan. Gejala bisa termasuk ketidaknyamanan pada perut, kram otot,dan gejala seperti flu. Gejala putus zat dapat begitu parah sehingga waktu pengguna memperoleh heroin, mereka akan menyuntikkannya secepatmungkin, kadang kala tanpa memperhatikan risiko terinfeksi HIV, sertahepatitis B dan C.
Masalah kesehatan yang terkait dengan penggunaan heroin suntikan jangka panjang bisa termasuk pembuluh darah yang mengempis, abses, tetanus,HIV/AIDS, hepatitis B dan C, penyakit jantung, dada dan paru, serta sembelit.Overdosis dapat terjadi dengan atau tanpa penggunaan jangka panjang.
 Informasi Narkoba dan Dampaknya-ASA FHI, Pedoman HR di Asia
1
 
Opium--Sifat dan Dampaknya
Satu-satunya sumber opium adalah poppy opium (
 Papaver somniferum
).Efek psikologis dan penyembuhan opium diketahui kurang-lebih 4.000tahun.
Dengan menoreh kepala bunga poppy, petani dapat menyadap getahlengket berwarna coklat dari ubi-ubian berbentuk telur. Getah opium mentahmengandung 7-15 persen morfin, yang dengan mudah dapat diendapkan darigetah poppy hanya dengan mendidihkannya. Opium mentah mempunyai baukhas yang kuat dan pedas.
Reseptor opiat dalam otak menimbulkan kecanduan fisiologis yang tinggidan ketergantungan psikologis bertahan lama. Penggunaan secara biasameningkatkan toleransi dan kebutuhan akan semakin banyak narkoba itu.
Penggunaan opium di negara Barat menurun secara bermakna tetapi opiummasih dipakai secara luas di antara minoritas etnis di daerah pegunungan diCina, Laos, Kamboja, Myanmar, Thailand dan Vietnam, untuk maksudrekreasional maupun medis.
Opium dapat membuat euforia yang hebat, rasa nyaman yang meningkat,daya khayal dan berbicara lebih tinggi. Segera setelah dipakai, pernapasandiperlambat, daya khayal menurun dan proses pikiran menjadi kacau.Kelesuan, persantaian dan tidur mendalam biasanya mengikutinya.
Biasanya dihisap tetapi dapat dikunyah atau dimasak dengan makanan.Terutama di negara asalnya, opium diminum seperti teh.
Pipa opium mempunyai gagang tebal dan panjang dengan kepala mangkok di ujungnya. 'Butir' opium ditaruh di mangkok, dipanaskan dan asapnyadihisap.
Endapan atau sisa-sisa yang ditinggalkan di dalam peralatan hisapmengandung hingga delapan persen morfin, dan ini sering dipakai kembali,disebut sebagai opium air hitam. Bentuk opium ini masih populer terutamadi Vietnam dan Kamboja.
Menghisap opium mengarahkan unsur aktifnya pada aliran darah lebihcepat, melalui paru-paru, sehingga sampai ke otak dalam waktu kurang-lebihtujuh detik.
Penggunaan jangka panjang mengakibatkan penurunan dalam kemampuanmental dan fisik, serta kehilangan nafsu makan dan berat badan.
 Informasi Narkoba dan Dampaknya-ASA FHI, Pedoman HR di Asia
2
 
Gejala putus zat, serupa dengan yang diakibatkan heroin, termasuk kegelisahan, lekas marah, keresahan, tak bisa tidur, dan sakit perut dan otot.
Kokain--Sifat dan Dampaknya
Penduduk Amerika Selatan memiliki sejarah ribuan tahun mengunyahdaun koka akan tetapi itu hanya diketahui oleh orang-orang Eropa sejak abad ke-19. Daun koka mempengaruhi beberapa sistem neuropemancar dalam otak dan giat pada beberapa bagian anatomis pada susunan saraf  pusat.
Kokain dibuat secara kimia dengan mengelola dan mengerjakan tumbuhankoka yang mengubah daunnya menjadi pasta koka. Pasta tersebut diprosesdengan air keras (asam hidroklorik) untuk menghilangkan kotoran danmenghasilkan kokain hidroklorid dalam bentuk kristal yang putih.
Kokain adalah obat perangsang yang paling manjur.
Jika daun koka dikunyah atau dimasak menjadi teh yang diminum, kokainsebenarnya dianggap tidak berbahaya akan tetapi itu jarang tersedia dalam bentuk seperti ini selain di Amerika Selatan.
Ada pertentangan antara yang berwenang dan para peneliti mengenai sifatadiktif kokain. Walaupun beberapa menyatakan bahwa kokainmenimbulkan risiko tinggi terhadap pengembangan ketergantungan fisik dan fisiologis, banyak peneliti mengesankan bahwa kokain tidak membuatketergantungan fisik.
Cara memakai kokain dapat termasuk diendus lewat pernapasan dalamrongga (efek serangan dimulai setelah 2-4 menit); menghisap atau"
 freebasing 
" (membakar kristal dan menghisap asapnya; efek serangandimulai setelah 10-15 detik); dan menyuntik (efek serangan dimulai setelah15-20 detik).
Efek kokain tahan 10-40 menit tergantung pada kemurnian dan cara pemakaiannya.
Perilaku yang lazim selama di bawah pengaruh kokain dapat termasuk hiperaktif, keriangan, dan bertenaga, ketajaman perhatian, percaya diri dankegiatan seksual yang meningkat. Pengguna juga dapat berperilaku tidak  berpendirian tetap, merasa tidak terkalahkan dan menjadi agresif dan suka bertengkar.
 Informasi Narkoba dan Dampaknya-ASA FHI, Pedoman HR di Asia
3

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Ccha Fhau liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->