Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
47Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PROSES INTERAKSI SOSIAL

PROSES INTERAKSI SOSIAL

Ratings: (0)|Views: 2,489 |Likes:
Published by najwanhayati

More info:

Published by: najwanhayati on Jul 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/22/2012

pdf

text

original

 
INTERAKSI SOSIAL
Interaksi sosial sebenarnya merupakan fenomena yang akan terjadi disetiap saat dandisetiap tempat. Interaksi sosial sebenarnya merupakan fenomena yang akan terjadi disetiapsaat dan disetiap tempat. Terjadinya interaksi sosial karena manusia pada hakikatnyamerupakan mahluk sosial (homosocius). Terjadinya interaksi sosial kerana manusia padahakikatnya merupakan mahluk sosial (homosocius).Proses sosial adalah cara-cara berhubungan yang dilihat apabila orang-perorangan dankelompok-kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk-bentukhubungan tersebut atau apa yang akan terjadi apabila ada perubahan-perubahan yangmenyebabkan goyahnya pola-pola kehidupan yang terlah ada. Proses sosial dapat diartikansebagai pengaruh timbale-balik antara pelbagai segi kehidupan bersama, misalnya pengaruh-mempengaruhi antara sosial dengan politik, politik dengan ekonomi, ekonomi dengan hukum,dan sebagainya.
KAJIAN PERHUBUNGAN INTERAKSI YANG BERLAKU DALAM SATU UNIT KELOMPOK
Setiap anggota dalam sesebuah kelompok pada kebiasaanya akan melakukan prosesinteraksi samada antara anggota dengan anggota dari dalam kelompok yang sama atauanggota dengan kelompok yang lain. Untuk menunjukkan dan mengetahui bagaimana prosesinteraksi berlaku antara anggota dalam kelompok, dan apakah ciri-ciri interaksi dan kesudahanyang berlaku dalam kelompok tersebut, maka satu tinjauan dilakukan untuk mengetahui denganlebih mendalam kepentingan interaksi dan proses interaksi yang berlaku dalam sesebuahkelompok.
TARIKH:07 FEB 2010MASA:11.15 -11.45 MALAMTEMPAT:UP TOWN SG.PETANI, KEDAHKELOMPOK KAJIAN:PENJUAL KASUT
 
RAJAH SOSIOGRAM INTERAKSI PENJUAL KASUTInteraksi Sosial sebagai Faktor Utama dalam Kehidupan Sosial
Bentuk umum proses sosial adalah interaksi sosial (yang juga dapat dinamakan sebagaiproses sosial) karena interaksi sosial merupakan syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitassosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkuthubungan antara orang-orang perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupunantara orang perorangan dengan kelompok manusia. Interaksi sosial antara kelompok-kelompok manusia terjadi anatara kelompok tersebut sebagai suatu kesatuan dan biasanyatidak menyangkut peribadi anggota-anggotanya.Interaksi sosial antara kelompok-kelompok manusia terjadi pula di dalam masyarakat.Interaksi tersebut lebih mencolok ketika terjadi benturan antara kepentingan perorangandengan kepentingan kelompok. Interaksi sosial hanya berlangsung antara pihak-pihak apabilaterjadi reaksi terhadap dua belah pihak. Interaksi sosial tak akan mungkin teradi apabilamanusia mengadakan hubungan yang langsung dengan sesuatu yang sama sekali tidakberpengaruh terhadap sistem syarafnya, sebagai akibat hubungan termaksud.. Hal ini dapat dilihat dengan jelas dalam kelompok kajian setelah kajian selama 30 minitdilakukan, apabila PK-A telah mendominasi interaksi dalam proses interaksi yang berlaku dan
 
seterusnya menjadi pemimpin atau ketua dalam kelompok tersebut. Selain itu, PK-B pulakebanyakannya hanya berinteraksi jika terdapatnya penyoalan atau perkara yang perluditerangkan kepada kelompok pembeli yang diwakili oleh BKM-A, BKM-B dan BKM-C.Manakala PK-A masih menjadi ketua dan menguasai interaksi yang berlaku dalam kelompokPK dan BKM. Selain itu, dapat diperhatikan bahawa setiap ahli dalam kelompok BKM, ketigatiga ahli tersebut akan menjalankan interaksi jika hanya jika persoalan ditanya daripadakelompok penjual kasut iaitu kelompok PK Setelah diperhatikan, diakhir kajian didapati bahawaindividu dari kelompok penjual kasut iaitu PK-A tetap menguasai interaksi tersebut sehinggapembelian dapat dibuat oleh ahli kelompok pembeli iaitu BKM-A.Hal ini dengan jelas dapat diperhatikan bahawa proses interaksi antara kelompok PKdan BKM yang melakukan proses interaksi tawar-menawar tersebut berlaku disebabkan olehbeberapa faktor yang membawa kepada berlakunya proses interaksi antara setiap ahli dalamkelompok PK iaitu PK-A dan PK-B degan ahli dari kelompok BKM, iaitu BKM-A, BKM-B, danBKM-C. dan antara kelompok dengan kelompok. Peranan ahli dalam kelompok amat penting.Hal ini kerana, mengelak dari berlakunya penyingkiran (ALIEN) terhadap ahli yang terlibatdalam proses interaksi sosial ini. Hal ini dapat dilihat dalam interaksi sosial yang dijalankanantara kelompok PK dan BKM ini, dimana ahli dari kelompok BKM iaitu BKM-C telah mengalamiproses penyingkiran atau “alienasi”. Perkara ini terjadi apabila BKM-C hanya berinteraksi jikaterdapatnya pertanyaan dari ahli dalam kelompok tersebut. BKM-C menjadi ahli yang pasif dalam proses interaksi yang berlaku antara dua kelompok BKM dan PK tersebut.
Faktor- Faktor Berlakunya Proses InteraksiImitasi
Salah satu segi positifnya adalah bahwa imitasi dapat mendorong seseorang untukmematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku.CONTOH: PK-A dan PK-B memulakan interaksi dengan melakukan laungan suara yangkuasa untuk menarik minat pelanggan terhadap produk jualannya.

Activity (47)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
RizkaMegalia liked this
Ahyar Moti Vasi liked this
Kartini Idris liked this
Wirman Sna liked this
Fathur Rachman liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->