Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
153Activity
P. 1
Mioma Uteri

Mioma Uteri

Ratings: (0)|Views: 5,952 |Likes:
Published by adde salean

More info:

Published by: adde salean on Jul 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
REFARAT
MIOMA UTERI
Disusun Oleh :Jacob Trisusilo Salean(05-045)
KEPANITERAAN KLINIK ILMU KEBIDANAN DANKANDUNGANFAKULTAS KEDOKTERANUNIVERSITAS KRISTEN INDONESIAJAKARTA
1
 
BAB ITINJAUAN PUSTAKAA.MIOMA UTERI1.1.Pendahuluan
Mioma uteri adalah suatu tumor jinak yang tumbuh dalam otot uterus dan jaringan ikat sekitarnya. Biasa juga disebut fibromioma uteri, leiomioma uteri atauuterine fibroid. Mioma uteri bukanlah suatu keganasan dan tidak juga berhubungandengan keganasan. Mioma bisa menyebabkan gejala yang luas termasuk perdarahanmenstruasi yang banyak dan penekanan pada pelvis.
1,3
Berdasarkan otopsi, Novak menemukan 27% wanita berumur 25 tahunmempunyai sarang mioma, pada wanita yang berkulit hitam ditemukan lebih banyak.Mioma uteri belum pernah dilaporkan terjadi sebelum menarke, sedangkan setelahmenopause hanya kira-kira 10% mioma yang masih bertumbuh. Diperkirakan insidenmioma uteri sekitar 20 30% dari seluruh wanita. Di Indonesia mioma uteriditemukan pada 2,39 – 11,7% pada semua penderita ginekologi yang dirawat. Tumor ini paling sering ditemukan pada wanita umur 35 – 45 tahun (kurang lebih 25%) dan jarang pada wanita 20 tahun dan wanita post menopause. Wanita yang seringmelahirkan akan lebih sedikit kemungkinan untuk berkembangnya mioma inidibandingkan dengan wanita yang tak pernah hamil atau hanya 1 kali hamil. Statistik menunjukkan 60% mioma uteri berkembang pada wanita yang tak pernah hamil atauhanya hamil 1 kali.
2,3
Perihal penyebab pasti terjadi tumor mioma belum diketahui. Mioma uterimulai tumbuh dibagian atas (fundus) rahim dan sangat jarang tumbuh dimulut rahim.Bentuk tumor bisa tunggal atau multiple (banyak), umumnya tumbuh didalam ototrahim yang dikenal dengan intramural mioma. Tumor mioma ini akan cepatmemberikan keluhan, bila mioma tumbuh kedalam mukosa rahim, keluhan yang biasa dikeluhkan berupa perdarahan saat siklus dan diluar siklus haid. Sedangkan pada tipe tumor yang tumbuh dikulit luar rahim yang dikenal dengan tipe subserosa
2
 
tidak memberikan keluhan perdarahan, akan tetapi seseorang baru mengeluh bilatumor membesar yang dengan perabaan didaerah perut dijumpai benjolan keras, benjolan tersebut kadang sulit digerakkan bila tumor sudah sangat besar.
4
1.2. Definisi
Mioma uteri adalah tumor jinak miometrium uterus dengan konsistensi padatkenyal, batas jelas, mempunyai pseudo kapsul, tidak nyeri, bisa soliter atau multipel.Tumor ini juga dikenal dengan istilah fibromioma uteri, leiomioma uteri, atau
uterine fibroid 
. Mioma uteri bukanlah suatu keganasan dan tidak juga berhubungan dengankeganasan. Uterus miomatosus adalah uterus yang ukurannya lebih besar daripadaukuran uterus yang normal yaitu antara 9-12 cm, dan dalam uterus itu sudah adamioma uteri yang masih kecil.
1,5,6
 1.3. Epidemiologi
Berdasarkan otopsi, Novak menemukan 27% wanita berumur 25 tahunmempunyai sarang mioma, pada wanita yang berkulit hitam ditemukan lebih banyak.Mioma uteri belum pernah dilaporkan terjadi sebelum menarke, sedangkan setelahmenopause hanya kira-kira 10% mioma yang masih bertumbuh. Diperkirakan insidenmioma uteri sekitar 20 30% dari seluruh wanita. Di Indonesia mioma uteriditemukan pada 2,39 – 11,7% pada semua penderita ginekologi yang dirawat. Tumor ini paling sering ditemukan pada wanita umur 35 – 45 tahun (kurang lebih 25%) dan jarang pada wanita 20 tahun dan wanita post menopause. Wanita yang seringmelahirkan akan lebih sedikit kemungkinan untuk berkembangnya mioma inidibandingkan dengan wanita yang tak pernah hamil atau hanya 1 kali hamil. Statistik menunjukkan 60% mioma uteri berkembang pada wanita yang tak pernah hamil atauhanya hamil 1 kali. Prevalensi meningkat apabila ditemukan riwayat keluarga, ras,kegemukan dan nullipara.
2,3
3

Activity (153)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nur Hasanah liked this
Dewi Pradnyani liked this
Shaufi Mhuthia liked this
kirana 5451 liked this
Novi Vie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->