Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
22Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor: PER-18/MEN/IX/2007

Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor: PER-18/MEN/IX/2007

Ratings:

5.0

(4)
|Views: 4,649 |Likes:
Published by bnp2tkidotgodotid

More info:

Published by: bnp2tkidotgodotid on Jun 20, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
 
MENTERITENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASIREPUBLIK INDONESIA
PERATURANMENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASIREPUBLIK INDONESIANOMOR : PER-18/MEN/IX/2007TENTANGPELAKSANAAN PENEMPATAN DAN PERLINDUNGANTENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERIMENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA,Menimbang
: a. bahwa Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor PER-19/MEN/V/2006 tentang Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan TenagaKerja Indonesia di Luar Negeri sudah tidak sesuai dengan perkembanganpenempatan dan perlindungan tenaga kerja, sehingga perlu disempurnakan;b. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a danuntuk melaksanakan ketentuan Pasal 26 ayat (3), Pasal 27 ayat (2), Pasal 28,Pasal 32 ayat (4), Pasal 36 ayat (2), Pasal 40, Pasal 47, Pasal 56 ayat (3), Pasal58 ayat (3) Pasal 63 ayat (2), Pasal 68 ayat (2), Pasal 69 ayat (4), Pasal 75 ayat(4) dan Pasal 76 ayat (2), Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentangPenempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri, perlumenetapkan pelaksanaan penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesiadi Luar Negeri dengan Peraturan Menteri;
Mengingat
: 1. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan PerlindunganTenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2004 Nomor 133, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4445);2. Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan KerjaNasional (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 67,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4637);
 
 3
 
Keputusan Presiden Nomor 187/M Tahun 2004 tentang Pembentukan KabinetIndonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir denganKeputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 31/P Tahun 2007;4.
 
Keputusan Presiden Nomor 81 Tahun 2006 tentang Badan Nasional Penempatandan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia;
MEMUTUSKAN :Menetapkan : PERATURAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI TENTANGPELAKSANAAN PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJAINDONESIA DI LUAR NEGERI.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan :1.
 
Tenaga Kerja Indonesia yang selanjutnya disebut TKI adalah setiap warga negara Indonesia yangmemenuhi syarat untuk bekerja di luar negeri dalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentudengan menerima upah.2.
 
Calon Tenaga Kerja Indonesia yang selanjutnya disebut calon TKI adalah setiap warga negaraIndonesia yang memenuhi syarat sebagai pencari kerja yang akan bekerja di luar negeri dan terdaftar di instansi pemerintah kabupaten/kota yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan.3.
 
Penempatan Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negeri yang selanjutnya disebut Penempatan TKIadalah kegiatan pelayanan untuk mempertemukan TKI sesuai bakat, minat dan kemampuannyadengan pemberi kerja di luar negeri yang meliputi keseluruhan proses perekrutan, pengurusandokumen, pendidikan dan pelatihan, penampungan, persiapan pemberangkatan, pemberangkatansampai ke negara tujuan dan pemulangan dari negara tujuan.4.
 
Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta selanjutnya disebut PPTKIS adalah badanhukum yang telah memperoleh izin tertulis dari Pemerintah untuk menyelenggarakan pelayananpenempatan TKI di luar negeri.5.
 
Surat Izin Pengerahan yang selanjutnya disebut SIP adalah izin yang diberikan Pemerintah kepadaPelaksana Penempatan TKI Swasta untuk merekrut calon TKI dari daerah tertentu, untuk jabatantertentu, dan untuk dipekerjakan pada calon Pengguna tertentu dalam jangka waktu tertentu.6.
 
Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia yang selanjutnya disebutBNP2TKI sadalah lembaga sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004
 
tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri dan PeraturanPresiden Nomor 81 Tahun 2006 tentang Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TenagaKerja Indonesia.7.
 
Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia yang selanjutnya disebutBP3TKI adalah perangkat BNP2TKI yang bertugas memberikan kemudahan pelayanan pemrosesanseluruh dokumen penempatan TKI.8.
 
Pembekalan Akhir Pemberangkatan yang selanjutnya disebut PAP adalah kegiatan pemberianpembekalan atau informasi kepada calon TKI yang akan berangkat bekerja ke luar negeri agar calonTKI mempunyai kesiapan mental dan pengetahuan untuk bekerja di luar negeri, memahami hak dankewajibannya serta dapat mengatasi masalah yang akan dihadapi.9.
 
Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri yang selanjutnya disebut KTKLN adalah kartu identitas bagi TKI yangmemenuhi persyaratan dan prosedur untuk bekerja di luar negeri.10.
 
Perjanjian Penempatan adalah perjanjian tertulis antara pelaksana penempatan TKI swasta dengancalon TKI yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak dalam rangka penempatan TKI dinegara tujuan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.11.
 
Perjanjian Kerja adalah perjanjian tertulis antara TKI dengan Pengguna yang memuat syarat-syaratkerja, hak dan kewajiban masing-masing pihak.12.
 
Pelatihan Kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan sertamengembangkan kompetensi kerja, produktifitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkatketerampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.13.
 
Sertifikasi kompetensi kerja adalah proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secarasistematis dan obyektif melalui uji kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia,standar internasional dan/atau standar khusus.14.
 
Sertifikat kompetensi kerja adalah bukti tertulis yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi profesiterakreditasi yang menerangkan bahwa seseorang telah menguasai kompetensi kerja tertentu sesuaidengan SKKNI.15.
 
Kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan,ketrampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan16.
 
Instansi kabupaten/kota adalah instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan dikabupaten/kota.17.
 
Instansi provinsi adalah instansi yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerjaan di Provinsi.18.
 
Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal yang bertanggung jawab di bidang penempatan tenagakerja luar negeri.19.
 
Menteri adalah Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->