Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
68Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Modul Database

Modul Database

Ratings: (0)|Views: 4,417 |Likes:

More info:

Published by: Alyunikyu Arlunerz satriapanerz on Jul 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/24/2013

pdf

text

original

 
Panduan Kuliah Basis DataTI-STMIK DCI09
DESKRIPSI MATA KULIAH
Hampir disemua aspek pemanfaatan perangkat komputer dalam sebuah organisasi / perusahaan senantiasaberhubungan dengan basis data. Perangkat komputer dalam suatu organisasi/perusahaan biasa digunakanuntuk menjalankan fungsi Pengelolaan Sistem Informasi, yang dewasa ini sudah menjadi suatu keharusan,demi untuk meningkatkan efesiensi , daya saing, keakuratan, kecepatan operasional organisasi perusahaan.Dan basis data merupakan salah satu komponen utama dalam setiap system operasi. Tidak ada systemoperasi bisa dibuat/dijalankan tanpa adanya basis data. Basis Data merupakan komponen penting dalamTeknologi Informasi yang dapat mengurangi ketidakpastian dan mempermudah pengambilan keputusan.
TUJUAN UMUM
Memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa saat ini pemrosesan data menjadi suatu informasimerupakan suatu keharusan dan bukan merupakan pekerjaan yang gampang. Dengan berbagai macam modeldata yang harus diolah dan berbagai harapan ketersediaan informasi yang dapat meningkatkan pelayanankepada para pengguna, maka dibutuhkan suatu teknik tersendiri tentang bagaimana merancang dan membuatmodel data yang baik. Sampai akhirnya Basis Data yang ada bukan saja mempercepat pemerolehan informasitetapi juga dapat meningkatkan pelayanan kepada para pengguna informasi tersebut.
TUJUAN KHUSUS
Agar mahasiswa mendapatkan gambaran lebih rinci tentang pengelolaan data, memahami konsep-konsep yangmendasari terbentuknya sebuah data base, dapat membuat pola hubungan dan keterkaitan antar data dalamsebuah tabel. Sampai akhirnya dapat memahami, merancang dan mengimplementasikan basis data tersebutuntuk keperluan ketersediaan informasi yang berkwalitas.
STRATEGI PEMBELAJARAN
Acara Perkuliahan meliputi penyajian materi dan tanya jawab tentang isue terkini tentang teknik-teknik danpenggunaan Data Base, studi kasus dan penyajian contoh-contoh persoalan yang melibatkan partisipasi aktifmahasiswa dalam setiap acara perkuliahan. Partisipasi dari mahasiswa meliputi tanya jawab , latihan-latihansoal dan diskusi baik secara kelompok maupun individu.
TAGIHAN BAGI PESERTA KULIAH :
1
PANDUAN KULIAH 
BASIS DATA
 
Panduan Kuliah Basis DataTI-STMIK DCI09
Mahasiswa diharuskan mengikuti perkuliahan pada hari dan waktu yang telah ditentukan. Dan mahasiswawajib mengikuti kegiatan-kegiatan evaluasi/review perkulihan yang meliputi Review/Quiz Pra-Kuliah,Tugas/PR, Paper, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) yang merupakan unsur-unsur untuk mendapatkan Nilai Akhir.
PROSEDUR UNTUK MENDAPATKAN NILAI AKHIR
Pada setiap akhir dari pembahasan modul akan dilakukan evaluasi terhadap kemampuan dan kemajuan belajaruntuk setiap mahasiswa. Hasil evaluasi belajar dinyatakan dalam Quiz, dan nilai dalam setiap Quizselanjutnya akan dikomulatifkan sampai terbentuk Nilai Akhir yang terdiri dari unsur-unsur Absen, Quiz(quiz pra-kuliah & quiz mingguan), Tugas/PR, Paper, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian AkhirSemester (UAS). Kemudian Nilai Akhir yang telah diperoleh oleh masing-masing mahasiswa dikelompokkandalam golongan Nilai Huruf mutu yang persentasinnya sebagai berikut :1. ABSENSI 5 %4. Paper10 %2. Quiz 5 %5. U T S30 %3. Tugas/PR 5 %6. U A S45 %Adapun Pengelompokan dari Nilai Akhir menjadi Nilai Huruf adalah sebagai berikut :
Nilai AkhirNilai HurufBobotKeterangan80 – 10067 – 7955 – 6640 – 54< 40ABCDE43210
Sangat Baik Baik Cukup Kurang Tidak Lulus 
2
 
Panduan Kuliah Basis DataTI-STMIK DCI09
GARIS BESAR PROSES PEMBELAJARAN (GBPP)MATA KULIAH: BASIS DATABOBOT SKS: 3 SKSTUJUAN MATA KULIAH :
Menguji kemampuan mahasiswa tentang berbagai prinsip untuk merancang basis data yang memenuhituntutan fungsi maupun unjuk kerja sesuai dengan yang dimaksud oleh bagian pengolahan informasi.
TUJUANPOKOK BAHASAN
1.Menjelaskan ruanglingkup matakuliah1.1Pendahuluan/ overview mata kuliaha.Pengertianb.Tujuanc.Ruang Lingkup1.2Aturan-aturan perkuliahan, tugas, kuis dan penilaian1.3Kupas buku referensi yang digunakan2.Menjelaskankonsep dasar basisdata.2.1 Konsep dasar basis dataa.Pendahuluanb.Definisi-definisic.Operasi basis data/ objektif dan penerapan basis data3.Menjelaskankomponenkomponen basisdata.3.1 Komponen basis dataa.Hardware (perangkat keras)b.Operating system (sistem operasi)c.Database management system (sistem pengelolaan basis data)
3

Activity (68)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nop Ardiansyah liked this
Arie Musbandi liked this
Nur Qomari added this note
MEDITTTTTTTTTT,,, GITU AJJA GA BLEH DIUNDUH,,,,,,
Harnim Wahyuni liked this
Arez Hidayat liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->