Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pemerintahan

Pemerintahan

Ratings: (0)|Views: 26|Likes:
Hadits2 Mengenai Pemerintahan
Hadits2 Mengenai Pemerintahan

More info:

Published by: Sayyidina Abe Al-Arisy on Jul 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2012

pdf

text

original

 
 
Kitab Pemerintahan
1. Manusia itu pengikut kaum Quraisy dan khilafah ada pada kaum Quraisy
 
Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:Rasulullah saw. bersabda: Manusia itu dalam urusan ini menjadi pengikut kaum Quraisy. Muslimmereka mengikuti muslim Quraisy, demikian pula kafir mereka mengikuti orang yang kafir darikaum Quraisy. (Shahih Muslim No.3389)
Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra., ia berkata:Rasulullah saw. bersabda: Urusan senantiasa berada pada kaum Quraisy, selama manusia terbagidua (kafir dan muslim). (Shahih Muslim No.3392)
Hadis riwayat Jabir bin Samrah ra., ia berkata:Aku bersama ayahku menemui Rasulullah saw., lalu aku mendengar beliau bersabda:Sesungguhnya urusan ini tidak akan berakhir sebelum dua belas orang khalifah memerintahmereka. Kemudian beliau berbicara dengan suara perlahan sehingga aku tidak dapatmendengarnya. Lalu aku bertanya kepada ayahku: Apakah yang beliau katakan? Ayahkumenjawab: Semua khalifah itu berasal dari kaum Quraisy. (Shahih Muslim No.3393)
2. Mengangkat pengganti khalifah dan membiarkannya
 
Hadis riwayat Umar ra.:Dari Abdullah bin Umar ia berkata: Umar ditanya: Apakah kamu tidak mengangkat khalifah penggantimu? Ia menjawab: Bila aku mengangkat, maka orang yang lebih baik dariku, yaitu AbuBakar, juga telah mengangkat pengganti khalifah. Dan bila aku membiarkan kamu sekalian (untuk memilih), maka orang yang lebih baik dariku, yaitu Rasulullah saw., juga telah membiarkan kamusekalian. Abdullah bin Umar berkata: Sehingga aku pun mengetahui ketika ia menyebutRasulullah saw. bahwa dia tidak akan mengangkat khalifah pengganti. (Shahih Muslim No.3399)
3. Larangan meminta jabatan (kepemimpinan) serta berambisi memperolehnya
 
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata:Aku menemui Nabi saw. bersama dua orang lelaki anak pamanku. Seorang dari keduanya berkata:Wahai Rasulullah, angkatlah kami sebagai pemimpin atas sebagian wilayah kekuasaanmu yangtelah diberikan Allah azza wa jalla! Yang satu lagi juga berkata seperti itu. Lalu Rasulullah saw. bersabda: Demi Allah, kami tidak akan mengangkat seorang pun yang meminta sebagai pemimpinatas tugas ini dan tidak juga seorang yang berambisi memperolehnya. (Shahih Muslim No.3402)
4. Keutamaan pemimpin yang adil, ancaman bagi pemimpin yang lalim, perintah berlaku lembutterhadap rakyat serta larangan menyusahkan mereka
 
Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:Dari Nabi saw. bahwa beliau bersabda: Ketahuilah! Masing-masing kamu adalah pemimpin, danPage 1 of 10Kitab Pemerintahan1/10/2002mk:@MSITStore:C:\Program%20Files\OPI%20Software\HaditsWeb%203.0\HaditsWeb3....
 
masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin. Seorangraja yang memimpin rakyat adalah pemimpin, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadapyang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin anggota keluarganya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap mereka. Seorang istri juga pemimpin bagi rumah tangga serta anak suaminya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap yang dipimpinnya. Seorang budak  juga pemimpin atas harta tuannya, dan ia akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yangdipimpinnya. Ingatlah! Masing-masing kamu adalah pemimpin dan masing-masing kamu akandimintai pertanggungjawaban atas apa yang dipimpinnya. (Shahih Muslim No.3408)
5. Ancaman keras bagi pengkhianat
 
Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:Suatu hari Rasulullah saw. berdiri di tengah-tengah kami, lalu beliau menyebutkan masalah pengkhianatan (mencuri harta rampasan perang sebelum dibagikan) sampai membesarkan pelakuserta perkaranya. Kemudian beliau bersabda: Pada hari kiamat, aku akan menjumpai seorang darikamu yang datang dengan seekor unta yang melenguh di lehernya, ia berkata: Wahai Rasulullah,tolonglah aku! Maka aku menjawab: Aku tidak bisa berbuat apa-apa untukmu karena aku telahmenyampaikan (peringatan) kepadamu. Pada hari kiamat, aku juga akan menjumpai seorang darikamu datang dengan seekor kuda yang meringkik di lehernya, ia berkata: Wahai Rasulullah,tolonglah aku! Maka aku menjawab: Aku tidak bisa berbuat apa-apa untukmu karena aku telahmenyampaikan peringatan kepadamu. Pada hari kiamat, aku pun akan menjumpai seorang darikamu datang membawa seekor kambing yang mengembek di lehernya, ia berkata: WahaiRasulullah, tolonglah aku! Maka aku menjawab: Aku tidak bisa berbuat apa-apa untukmu karenaaku telah menyampaikan peringatan kepadamu. Pada hari kiamat, aku juga akan menjumpaiseorang dari kamu datang dengan sesosok jiwa yang menjerit di lehernya, ia berkata: WahaiRasulullah, tolonglah aku! Maka aku menjawab: Aku tidak bisa berbuat apa-apa untukmu karenaaku telah menyampaikan peringatan kepadamu. Pada hari kiamat, aku pun akan menjumpaiseorang dari kamu datang dengan sepotong pakaian yang berkibar-kibar di lehernya dan ia berkata: Wahai Rasulullah, tolonglah aku! Maka aku menjawab: Aku tidak bisa berbuat apa-apauntukmu karena aku telah menyampaikan peringatan kepadamu. Juga pada hari kiamat, aku akanmenjumpai seorang dari kamu yang datang dengan emas dan perak di lehernya, dan ia berkata:Wahai Rasulullah, tolonglah aku! Maka aku menjawab: Aku tidak bisa berbuat apa-apa untukmukarena aku telah menyampaikan peringatan kepadamu. (Shahih Muslim No.3412)
6. Haram menerima hadiah bagi pegawai
 
Hadis riwayat Abu Humaid As-Saidi ra., ia berkata:Rasulullah saw. menugaskan seorang lelaki dari suku Asad yang bernama Ibnu Lutbiah Amruserta Ibnu Abu Umar untuk memungut zakat. Ketika telah tiba kembali, ia berkata: Inilah pungutan zakat itu aku serahkan kepadamu, sedangkan ini untukku yang dihadiahkan kepadaku.Lalu berdirilah Rasulullah saw. di atas mimbar kemudian memanjatkan pujian kepada Allah,selanjutnya beliau bersabda: Apakah yang terjadi dengan seorang petugas yang aku utus kemudiandia kembali dengan mengatakan: Ini aku serahkan kepadamu dan ini dihadiahkan kepadaku!Apakah dia tidak duduk saja di rumah bapak atau ibunya sehingga dia bisa melihat apakah diaakan diberikan hadiah atau tidak. Demi Tuhan Yang jiwa Muhammad berada dalam tangan-Nya!Tidak seorang pun dari kamu yang mengambil sebagian dari hadiah itu, kecuali pada hari kiamatdia akan datang membawanya dengan seekor unta yang melenguh di lehernya yang akanmengangkutnya atau seekor sapi yang juga melenguh atau seekor kambing yang mengembek.Kemudian beliau mengangkat kedua tangannya sehingga kami dapat melihat warna putihketiaknya. Kemudian beliau bersabda: Ya Allah, bukankah telah aku sampaikan. Beliaumengulangi dua kali. (Shahih Muslim No.3413)Page 2 of 10Kitab Pemerintahan1/10/2002mk:@MSITStore:C:\Program%20Files\OPI%20Software\HaditsWeb%203.0\HaditsWeb3....
 
7. Wajib mentaati para pemimpin dalam hal yang bukan maksiat dan haram mematuhi merekadalam kemaksiatan
 
Hadis riwayat Ibnu Abbas ra., ia berkata:Ayat ini turun: Wahai orang-orang yang beriman taatlah kamu kepada Allah dan taatlah kamukepada rasul dan kepada ulil amri (pemimpin) di antara kamu berkenaan dengan Abdullah binHudzafah bin Qais bin Adi As-Sahmi, yang diutus Nabi saw. dalam suatu pasukan perang.(Shahih Muslim No.3416)
Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:Dari Nabi saw. beliau bersabda: Barang siapa yang mentaatiku berarti ia telah mentaati Allah, dan barang siapa yang mendurhakai perintahku, maka berarti ia telah mendurhakai Allah. Barangsiapa yang mematuhi pemimpin berarti ia telah mematuhiku dan barang siapa yang mendurhakai pemimpin berarti ia telah mendurhakaiku. (Shahih Muslim No.3417)
Hadis riwayat Ibnu Umar ra.:Dari Nabi saw. beliau bersabda: Kewajiban seorang muslim adalah mendengar dan taat dalammelakukan perintah yang disukai atau pun tidak disukai, kecuali bila diperintahkan melakukanmaksiat. Bila dia diperintah melakukan maksiat, maka tidak ada kewajiban untuk mendengar sertataat. (Shahih Muslim No.3423)
Hadis riwayat Ali ra.:Bahwa Rasulullah saw. pernah mengirim sepasukan tentara serta mengangkat seorang lelaki untuk memimpin mereka. Lalu pemimpin itu menyalakan api dan berkata: Masuklah kamu sekalian!Beberapa orang telah hendak memasuki api itu, namun yang lainnya berkata: Kami telah berhasilmelarikan diri dari api itu. Lalu kejadian itu disampaikan kepada Rasulullah saw. Kemudiankepada orang-orang yang ingin memasukinya beliau berkata: Jika kalian memasukinya, makakalian akan tetap berada di dalamnya sampai hari kiamat. Kepada yang lain, Rasulullah saw. bersabda dengan ucapan yang baik dan beliau bersabda: Tidak ada kewajiban taat dalam berbuatmaksiat kepada Allah. Sesungguhnya taat itu hanya untuk kebajikan. (Shahih Muslim No.3424)
8. Seorang pemimpin itu adalah perisai di mana rakyat akan berperang serta berlindung dibelakangnya
 
Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:Dari Nabi saw. beliau bersabda: Sesungguhnya seorang pemimpin itu merupakan perisai, rakyatakan berperang di belakang serta berlindung dengannya. Bila ia memerintah untuk takwa kepadaAllah azza wa jalla serta bertindak adil, maka ia akan memperoleh pahala. Namun bila iamemerintah dengan selainnya, maka ia akan mendapatkan akibatnya. (Shahih Muslim No.3428)
9. Wajib setia dengan baiat khalifah, yang pertama dibaiat itulah yang kita utamakan
 
Hadis riwayat Abu Hurairah ra.:Dari Rasulullah saw. beliau bersabda: Dahulu Bani Israil itu dipimpin oleh para nabi. Setiap kaliseorang nabi mangkat, maka akan digantikan dengan nabi lain. Dan sesungguhnya tidak adaseorang nabi pun setelahku dan akan muncul para khalifah yang banyak. Mereka bertanya: Laluapakah yang engkau perintahkan kepada kami? Nabi saw. menjawab: Setialah dengan baiatkhalifah pertama dan seterusnya serta berikanlah kepada mereka hak mereka, sesungguhnya Allahakan menuntut tanggung jawab mereka terhadap kepemimpinan mereka. (Shahih Muslim No.3429)
Hadis riwayat Abdullah ra., ia berkata:Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya akan muncul sepeninggalku sifat egois (pemimpin yangmengutamakan kepentingan diri sendiri) dan beberapa perkara yang tidak kamu sukai. Mereka bertanya: Wahai Rasulullah, apakah yang engkau perintahkan kepada seorang dari kami yangPage 3 of 10Kitab Pemerintahan1/10/2002mk:@MSITStore:C:\Program%20Files\OPI%20Software\HaditsWeb%203.0\HaditsWeb3....

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->