Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
71Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Reaksi Alkohol,Eter Dan Enol

Reaksi Alkohol,Eter Dan Enol

Ratings: (0)|Views: 10,241|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Allensius Karelsta Harefa on Jul 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2013

pdf

text

original

 
Oksidasi Alkohol
Kata Kunci:
 aldehid,alkohol,alkohol primer ,alkohol sekunder , alkohol tersier , keton, oksidasi, oksidasi alkohol, pereaksi Schiff ,zat warna Fuchsin Ditulis oleh Jim Clark pada 28-10-2007 Halaman ini menjelaskan tentang oksidasi alkohol menggunakan larutan natrium ataukalium dikromat(VI) yang besifat asam. Reaksi ini digunakan untuk membuat aldehid,keton dan asam karboksilat, dan sebagai sebuah cara untuk membedakan antara alkohol primer, sekunder dan tersier.
Oksidasi jenis-jenis alkohol (primer, sekunder dan tersier)
Agen pengoksidasi yang digunakan pada reaksi-reaksi ini biasanya adalah sebuah larutannatrium atau kalium dikromat(V)) yang diasamkan dengan asam sulfat encer. Jikaoksidasi terjadi, larutan orange yang mengandung ion-ion dikromat(VI) direduksimenjadi sebuah larutan hijau yang mengandung ion-ion kromium(III).Persamaan setengah-reaksi untuk reaksi ini adalah
Alkohol primer
Alkohol primer bisa dioksidasi baik menjadi aldehid maupun asam karboksilat tergantung pada kondisi-kondisi reaksi. Untuk pembentukan asam karboksisat, alkohol pertama-tamadioksidasi menjadi sebuah aldehid yang selanjutnya dioksidasi lebih lanjut menjadi asam.
Oksidasi parsial menjadi aldehid 
Oksidasi alkohol akan menghasilkan aldehid jika digunakan alkohol yang berlebihan, danaldehid bisa dipisahkan melalui distilasi sesaat setelah terbentuk.Alkohol yang berlebih berarti bahwa tidak ada agen pengoksidasi yang cukup untuk melakukan tahap oksidasi kedua. Pemisahan aldehid sesegera mungkin setelah terbentuk  berarti bahwa tidak tinggal menunggu untuk dioksidasi kembali.Jika digunakan etanol sebagai sebuah alkohol primer sederhana, maka akan dihasilkanaldehid etanal, CH
3
CHO.Persamaan lengkap untuk reaksi ini agak rumit, dan kita perlu memahami tentang persamaan setengah-reaksi untuk menyelesaikannya.
 
Dalam kimia organik, versi-versi sederhana dari reaksi ini sering digunakan dengan berfokus pada apa yang terjadi terhadap zat-zat organik yang terbentuk. Untuk melakukan ini, oksigen dari sebuah agen pengoksidasi dinyatakan sebagai [O]. Penulisanini dapat menghasilkan persamaan reaksi yang lebih sederhana:Penulisan ini juga dapat membantu dalam mengingat apa yang terjadi selama reaksi berlangsung. Kita bisa membuat sebuah struktur sederhana yang menunjukkan hubunganantara alkohol primer dengan aldehid yang terbentuk.
Oksidasi sempurna menjadi asam karboksilat 
Untuk melangsungkan oksidasi sempurna, kita perlu menggunakan agen pengoksidasiyang berlebih dan memastikan agar aldehid yang terbentuk pada saat produk setengah- jalan tetap berada dalam campuran.Alkohol dipanaskan dibawah refluks dengan agen pengoksidasi berlebih. Jika reaksi telahselesai, asam karboksilat bisa dipisahkan dengan distilasi.Persamaan reaksi sempurna untuk oksidasi etanol menjadi asam etanoat adalah sebagai berikut:Persamaan reaksi yang lebih sederhana biasa dituliskan sebagai berikut:Atau, kita bisa menuliskan persamaan terpisah untuk dua tahapan reaksi, yakni pembentukan etanal dan selanjutnya oksidasinya.Reaksi yang terjadi pada tahap kedua adalah:
 
Alkohol sekunder
Alkohol sekunder dioksidasi menjadi keton. Sebagai contoh, jika alkohol sekunder, propan-2-ol, dipanaskan dengan larutan natrium atau kalium dikromat(VI) yangdiasamkan dengan asam sulfat encer, maka akan terbentuk propanon.Perubahan-perubahan pada kondisi reaksi tidak akan dapat merubah produk yangterbentuk.Dengan menggunakan persamaan reaksi yang sederhana, yang menunjukkan hubunganantara struktur, dapat dituliskan sebagai berikut:Jika anda melihat kembali tahap kedua reaksi alkohol primer, anda akan melihat bahwaada sebuah atom oksigen yang "disisipkan" antara atom karbon dan atom hidrogen dalamgugus aldehid untuk menghasilkan asam karboksilat. Untuk alkohol sekunder, tidak adaatom hidrogen semacam ini, sehingga reaksi berlangsung lebih cepat.
Alkohol tersier
Alkohol-alkohol tersier tidak dapat dioksidasi oleh natrium atau kalium dikromat(VI).Bahkan tidak ada reaksi yang terjadi.Jika anda memperhatikan apa yang terjadi dengan alkohol primer dan sekunder, andaakan melibat bahwa agen pengoksidasi melepaskan hidrogen dari gugus -OH, dan sebuahatom hidrogen dari atom karbon terikat pada gugus -OH. Alkohol tersier tidak memilikisebuah atom hidrogen yang terikat pada atom karbon tersebut.Anda perlu melepaskan kedua atom hidrogen khusus tersebut untuk membentuk ikatanrangkap C=O.

Activity (71)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
jedys81505 liked this
Nita Rahayu liked this
Jembling Om liked this
Saya Engga liked this
Ingrid DC liked this
Zeref HighDream liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->