Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
penelitian bahasa indonesia

penelitian bahasa indonesia

Ratings: (0)|Views: 711|Likes:
Published by laodearbani

More info:

Published by: laodearbani on Jul 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/19/2012

pdf

text

original

 
 b. memiliki alat-alat artikulasi yang normal.c. informan yang dipilih terdiri dari 5 (lima) orang.d. informan yang dipilih adalah mulai dari usia 11 sampai denagn 17 tahun. Kemudianinforman yang berusia sekitar 30 sampaai dengan 50 tahun.e. komunikatif sehinggan memahami apa yang ditujukan peneliti.2. Sumber data tertulis, yaitu bahan pustaka yang relevan dengan masalah penelitian atau punyang bersumber dari hasil penelitian terdahulu tentang bahasa Bajo.
3.3 Instrumen Penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai perencana, pengumpulan data,menganalisis, penafsiran data dan pelapor. Hasil penelitian ini berarti peneliti bertindak sebagainstrumen kunci. Hal ini sesuai denagn pendapat (Aminuddin, 1990: 15) bahwa manusia sebagaiinstrumen dapat menghasilkan data yang reabilitasnya sama dengan data yang dihasilkan olehinstrument yang dibuat secara lebih objektif. Untuk mendukung instrumen kunci tersebutdigunakan pula instrument berupa panduan wawancara. Pwnduan wawancara tersebut direkandan dicatat guna menemukan berbagai bentuk sapaan bahasa Bajo.
3.4 Metode dan Teknik Psengumpulan Data
Penelitian ini tergolong penelitian lapangan sehinggan peneliti dalam mengumpulkandata langsung ke lokasi penelitian. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalahmetode cakap dan simak. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik rekam danteknik catat (Sudaryanto, 1993: 23). Dengan teknik rekam ini, peneliti dapat mengurangikelemahan ingatan, pikiran, pengamatan dan pencatatan. Teknik yang lain yang dapat digunakan
 
adalah teknik cacat, yakni dengan pencacatan pada kartu data yang telah disediakan dan segeradilanjutkan dengan klasifikasi data.Selain itu, peneliti juga menggunakan tekik elisitasi, yaitu teknik yang dilakukan oleh peneliti dengan cara mengajukan pertanyaan langsung dan terarah. Misalnya “ai dibuata putto?”.Pertanyaan tersebut diajukan kepada informan dengan maksud untuk memperoleh ujaran ataokalimat sederhana yang bertalian dengan masalah yang diteliti.Teknik rekam digunakan denagn pertimbangan bahwa data yang diteliti berupa data lisan.Teknik ini dapat dilakukan baik dengan berencana sistematis maupun serta-merta (rekam).Teknik rekam merupakan teknik utama catat hanya sebagai koreksi terhadap hasil rekaman yangkurang jelas.
3.5 Metode dan Teknik Analisis Data
Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini mengacu pada pendekatan struktural yang bersifat deskriptif sinkronis yakni peneliti berupaya memberikangambaran objektif tentang bentuk sapaan dalam bahasa Bajo dengan memberlakukan bahasatersebut dalam pemakaian masyarakat tutur pada masa sekarang.Semua data yang ditemukan dalam penelitian, dikumpulkan dan selanjutnya data tersebutdiseleksi dengan cara mengklasifikasikan berdasarkan ruang lingkup masalah penelitian.Klasifikasi tresebut terdiri atas:1.Bentuk sapaan yang digunakan dalam lingkungan keluarga, dan2.Bentuk sapan yang digunakan dalam lingkungan keluarga.
 
Semua data yang telah diseleksi selanjutnya dianalisis secara deskriptif, yakni suatu carayang dipergunakan dalam menganalisis bahasa dan segala uraiannya didasarkan pada kenyataanyang ada dalam bahasa yang diteliti.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->