Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Membuat Format Pengetikan Jurnal Ilmiah Dengan Word

Membuat Format Pengetikan Jurnal Ilmiah Dengan Word

Ratings: (0)|Views: 564 |Likes:
Published by oski_unlam

More info:

Categories:Types, Research
Published by: oski_unlam on Jul 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/13/2013

pdf

text

original

 
Membuat Format Pengetikan Jurnal Ilmiah dengan Word
Jika anda seorang mahasiswa, suatu saat pasti akan dihadapkan pada kegiatan untuk menulis sebuah karya tulis ilmiah, yang salah satunya adalah jurnal. Jika anda meilhat jurnal-jurnal yang ada, baik di internet maupun di perpustakaan kampus anda, makaanda akan menemukan adanya sebuah format standard dalam cara penyajian sebuah jurnal.Biasanya pada bagian pertama paling atas akan terdapat judul jurnal yang bersangkutan berikut nama sang penulis jurnal. Pada sebelah nama sang penulis jurnal biasanya terdapat tanda angka kecil yang sedikit ke atas (superscript), dan pada bagian bawah halaman akan terdapat sebuah keterangan yang menjelaskankeberadaan angka tersebut atau biasanya disebut dengan catatan kaki (footnote).Setelah itu biasanya akan ada abstrak dari jurnal tersebut, yang kemudian dilanjutkandengan isi dari jurnal tersebut.Judul, nama penulis, dan abstrak biasanya di sajikan dalam satu kolom, sedangkanuntuk isi jurnal biasanya disajikan dalam dua kolom, dan keduanya masih di halamanyang sama.Untuk keperluan 2 hal tersebut yaitu membuat catatan kaki, dan membagi 1 halamanmenjadi 2 bagian yang terdiri dari: 1 kolom dan 2 kolom, anda akan menggunakan 2feature yang ada di Word, yaitu [Footnote] dan [Break]. Kedua opsi tersebut dapatanda temukan pada menu [Insert].
 
Untuk membagi 1 halaman menjadi 2 bagian yang terdiri 1 kolom dan 2 kolom, pertama ketikan judul, nama, dan abstrak jurnal anda dengan format 1 kolom,selanjutnya pillih menu [Insert] > [Break], pada jendela [Break] yang muncul pilihopsi [Continuous] pada bagian [Section break types], kemudian tekan tombol [OK].Setelah itu untuk mebagi halaman menjadi 2 kolom pilih menu [Format] > [Columns], pada jendela [Columns] yang muncul pilih opsi [Two] pada bagian [Presets] ataumasukan nilai 2 pada bagian [Number of columns]. Anda dapat mengatur lebar kolomdan jarak spasi antar kolom pada bagian [Width and spacing], kemudian tekan tombol[OK]. Setelah itu anda dapat mengetikan isi jurnal anda pada halaman dengan 2kolom yang baru anda buat.Sedangkan untuk membuat catatan kaki, pertama letakkan pointer pada tempatdimana anda akan meletakkan tanda catatan kaki anda, kemudian pilih menu [Insert]> [Footnote]. Pada jendela [Footnote and Endnote] yang muncul pilih opsi [Footnote] pada bagian [Insert], pada bagian [Numbering] pilih saja opsi [AutoNumber] atau pilih opsi [Options] untuk pengaturan tambahan, kemudian tekan tombol [OK].Setelah itu isikan keterangan catatan kaki anda.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Oski Illiandri liked this
Iin Suminar liked this
Reza Fadhila liked this
4m3r1k4 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->