Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
114Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LAPORAN PENDAHULUAN

LAPORAN PENDAHULUAN

Ratings: (0)|Views: 14,301|Likes:

More info:

Published by: Tri Purnomo Akbar Rafii on Jul 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/16/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUANPENYAKIT PARU OBSTRUKSI KRONIK (PPOK)
I.
DEFINISI
Penyakit Paru Obstruktif Kronik (COPD) merupakan suatu istilah yang seringdigunakan untuk sekelompok penyakit paru-paru yang berlangsung lama danditandai oleh peningkatan resistensi terhadap aliran udara sebagai gambaranpatofisiologi utamanya. Ketiga penyakit yang membentuk satu kesatuan yangdikenal dengan COPD adalah : Bronchitis kronis, emfisema paru-paru danasthma bronchiale (S Meltzer, 2001 : 595). Tetapi dalam suatu Negara, yangtermasuk didalam COPD adalah emfisema paru- paru dan Bronchitis Kronis.Nama lain dari COPD adalah “Chronic obstructive airway disease dan“ChronicObstructive Lung Diseases (COLD)”
II. ANATOMI DAN FISIOLOGI
Anatomi fisiologi Paru-paru merupakan sebuah alat tubuh yang sebagianbesar terdiri dari gelembung-gelembung (gelembung hawa = alveoli).Gelembung-gelembung alveoli ini terdiri dari sel-sel epitel dan endotel. Jikadibentangkan luas permukaannya lebih kurang 90 m2 pada lapisan inilahterjadi pertukaran udara, O2 masuk ke dalam darah dan C02 dikeluarkan daridarah. Banyaknya gelembung paru-paru ini kurang lebih 700.000.000 buah(paru-paru kiri dan kanan). Pembagian paru-paru; paru-paru dibagi 2 (dua) :Paru-paru kanan, terdiri dari 3 lobus (belah paru), Lobus Puimo dekstrasuperior, Lobus media, dan lobus inferior. Tiap lobus tersusun oleh lobulus.Paru-paru kiri, terdiri dari; Pulmo sinester lobus superior dan lobus inferior.
 
Tiap-tiap lobus terdiri dari belahan-belahan yang lebih kecil bernamasegment. Paru-paru kiri mempunyai 10 segmen yaitu; 5 (lima) buah segmentpada lobus superior, dan 5 (lima) buah segment pada inferior. Paru-parukanan mempunyai 10 segmen yaitu;5 (lima) buah segmen pada lobussuperior; 2 (dua) buah segmen pada lobus medialis, dan 3 (tiga) buahsegmen pada lobus inferior. Tiap-tiap segmen ini masih terbagi lagi menjadibelahan-belahan yang bernama lobulus. Diantara lobulus satu dengan yanglainnya dibatasi oleh jaringan ikal yang berisi pembuluh-pembuluh darahgetah bening dan saraf-saraf, dalam tiap-tiap lobulus terdapat sebuahbronkiolus. Di dalam lobulus, bronkiolus ini bercabang-cabang banyak sekali,cabang-cabang ini disebut duktus alveolus. Tiap-tiap duktus alveolus berakhir pada alveolus yang diameternya antara 0,2-0,3 mm. Letak paru-paru. Padarongga dada datarannya menghadap ke tengah rongga dada/kavummediastinum. Pada bagian tengah itu terdapat lampuk paru-paru alau hilusPada mediastinum depan terletak jantung. Paru-paru dibungkus oleh selaputyang bernama pleura. Pleura dibagi menjadi 2 (dua):1.Pleura viseral (selaput dada pembungkus) yaitu selaput paru yanglangsung membungkus paru-paru.2.Pleura parietal yaitu selaput yang melapisi rongga dada sebelah luar.Antara kedua pleura ini terdapat rongga (kavum) yang disebut kavum pleura.Pada keadaan normal, kavum pleura ini vakum/hampa udara sehingga paru-paru dapat berkembang kempis dan, juga terdapat sedikit cairan (eskudat)yang berguna untuk rneminyaki permukaannya (pleura), menghindarkangesekan antara paru-paru dan dinding dada dimana sewaktu bernapasbergerak.
 
Pembuluh darah pada paru, Sirkulasi pulmonar berasal dari ventrikelkanan yang tebal dinding 1/3 dan tebal ventrikel kiri, Perbedaan inimenyebabkan kekuatan kontraksi dan tekanan yang ditimbulkan jauh lebihkecil dibandingkan dengan tekanan yang ditimbulkan oleh kontraksi ventrikelkiri. Selain aliran melalui arteri pulmonal ada darah yang langsung mengalir ke paru-paru dan aorta melalui arteri bronkialis. Darah ini adalah darah "kayaoksigen" (oxyge-nated) dibandingkan dengan darah pulmonal yang relatif kekurangan oksigen. Darah ini kembali melalui vena pulmonalis ke atrium kiri.Arteri pulmonalis membawa darah yang sedikit mengandung 02 dari ventrikelkanan ke paru-paru. Cabang-cabangnya menyentuh saluran-saluran bronkialsampai ke alveoli halus. Alveoli itu membelah dan membentuk jaringankapiler, dan jaringan kapiler itu menyentuh dinding alveoli (gelembung udara).Jadi darah dan udara hanya dipisahkan oleh dinding kapiler. Dari epitelalveoli, akhirnya kapiler menjadi satu sampai menjadi vena pulmonalis dansejajar dengan cabang tenggorok yang keluar melalui tampuk paru-paru keserambi jantung kiri (darah mengandung 02), sisa dari vena pulmonalisditentukan dari setiap paru-paru oleh vena bronkialis dan ada yang mencapaivena kava inferior, maka dengan demikian paru-paru mempunyai persediaandarah ganda.Kapasitas paru-paru. Merupakan kesanggupan paru-paru dalam menampungudara didalamnya. Kapasitas paru-paru dapat dibedakan sebagai berikut :1.Kapasitas total. Yaitu jumlah udara yang dapat mengisi paru-paru padainspirasi sedalam-dalamnya. Dalam hal ini angka yang kita dapattergantung pada beberapa hal: Kondisi paru-paru, umur, sikap danbentuk seseorang,

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->