Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
72Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERKEMBANGAN UKM BAGI PEREKONOMIAN INDONESIA

PERKEMBANGAN UKM BAGI PEREKONOMIAN INDONESIA

Ratings: (0)|Views: 4,712 |Likes:
Published by Romy Widiyatmoko
PERKEMBANGAN UKM BAGI PEREKONOMIAN
INDONESIA
PERKEMBANGAN UKM BAGI PEREKONOMIAN
INDONESIA

More info:

Published by: Romy Widiyatmoko on Jul 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/07/2013

pdf

text

original

 
 PERKEMBANGAN UKM BAGI PEREKONOMIANINDONESIA
 
Dosen pengampu : Endang Mulyani, M.SiDisusun oleh :Dhiki Bagus RiandaAkuntansi A09412141040
 PROGRAM STUDI AKUNTANSI S1FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMIUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA2010
 
 KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang tela memberikansetetes dari keluasan lautan ilmu-Nya, sehingga dapat terselesaikannya makalah yangberjudul ³ Perkembangan UKM Bagi Perekonomian Indonesia ´. Adapun penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas individu mata kuliahEkonomi Kerakyatan.Tak lupa penyusun menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yangtelah membantu terselesaikannya makalah ini.Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, maka dengansegal kerendahan hati penyusun menerima saran dan kritik yang bersifat membangundemi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata semoga makalah ini bermanfaat bagi penyusun pada khususnya danpembaca pada umumnya.
Penyusun
 
BAB IPEMBUKAAN
A. Latar belakang
Indonesia menjadi negara dengan UKM paling optimistis ketiga di Asia, setelahIndia dan Vietnam, untuk menambah modal usaha pada semester 11/2009. DiIndonesia, jumlah UKM hingga 2005 mencapai 42,4 juta unit lebih. Jumlahtersebut bukan merupakan angka yang kecil bagi kita. Hal itu menunjukkanbahwa minat usaha dari masyarakat kecil di Indonesia sangatlah besar.Namun masih banyak juga masyarakat yang enggan untuk berwirausaha. Haltersebut disebabkan karena alasan minimnya modal. Indonesia memangmemiliki tingkat kemiskinan yang cukup tinggi. Masih banyak masyarakatIndonesia yang masih jauh dari kemakmuran. Memilki penghasilan yang minim,pekerjaan yang tidak tetap atau kerja serabutan, bahkan tidak sedikit pulapenduduk Indonesia yang malah tidak memiliki pekerjaan sama sekali ataupengangguran menjadikan masyarakat Indonesia jauh dari kemakmuran. Haltersebut disebabkan karena minimnya pendidikan serta keahlian yang dimiliki.Banyaknya masyarakat Indonesia yang belum mampu mengenyam bangkusekolahan menjadi salah satu faktor penyebab dari banyaknya angkapengangguran di Indonesia, apalagi saat ini jenjang pendidikan sangatdiperhatikan dalam dunia kerja.UKM-UKM yang telah banyak berdiri di Indonesia telah sangat membantu untukmengatasi masalah tersebut, Survei HSBC berjudul Emerging Markets SmallBusiness Confidence Monitor menunjukkan UKM di Indonesia memperlihatkanpeningkatan paling signifikan, di mana 13% di antara mereka akan meningkatkanmodal. Hal tersebut menjadi berita gembira bagi masyarakat Indonesia. SteveMiller, Head of Business Banking HSBC Indonesia, mengatakan saat Ini UKM diIndonesia lebih siap untuk bertindak, berbeda dengan hasil survei pada Januari2009, yang mana dalam menghadapi krisis, mereka lebih bersikap menunggudan melihat perkembangan.oleh karena itu, pemerintah seharusnya lebihmemperhatikan UKM-UKM yang ada di Indonesia.

Activity (72)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
desh_decha liked this
Nala Jiwa liked this
Jun Naidy liked this
Ipoel Dua Empat liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->