Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas Pa Burjani (Hankam Nas)

Tugas Pa Burjani (Hankam Nas)

Ratings: (0)|Views: 1,328 |Likes:
Published by rakatsu

More info:

Published by: rakatsu on Jul 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
Latar Belakang
Sejak Proklamasi 17 Agustus 1945 dikumandangkan, amakan rakyat dan bangsa Indonesiatelah menetapkan tujuan nasional dari perjuangan untuk mengisi kemerdekaannya, yaitusebagaimana tertuang dalam jiwa dan semangat darim pembukaan Undang-undang Dasar 1945ialah:Masyarakat adil dan makmur berdasarkan apncasila dalam wadah Negara kesatuan Republik Indonesia dan dalam lingkungan suasana persahabatan dan perdamaian dunia.Sejarah menunjukkan bahwa usaha dan kegiatan untuk merealisasikan tujuan nasional yangmerupakan perngejawantahan dari seluruh rakyat dan bangsa Indonesia tersebut kurang mencapaihasil karena adanya usaha-usaha yang hendak menyelewengkan perjuangan rakyat dan bangsaIndonesia. Penyelewengan-penyelewengan dalam sejarah ketatanegaraan Indonesia mencapai puncaknya dengan pecahnya pemberontakan G 30 S/PKI. Penyelewengan ini tidak saja meliputi bidang administrasi, ekonomi, politik, sosial-budaya, hankam, kan tetapi telah lebih jauh daripadaitu ialah meyelewengkan falsafah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Keadaan yangdemikian itu menimbulkan reaksi yang spontan dari kekuatan pendukung Pancasila nyangmenghendaki dihentikannya penyelewengan-penyelewengan tersebut serta diluruskannya kembaliarah perjuangan rakyat dan bangsa Indonesia menuju kepada tujuan nasional yang telah ditetapkan.Pembangunan pertahanan dan keamanan nasional merupakan bagian integral dari pembangunan nasional. Berhasilnya pembangunan nasional akan meningkatkan ketahanannasional dan selanjutnya ketahanan nasional yang tangguh akan lebih mendorong lagi pembangunan nasional.Pembangunan pertahanan dan keamanan nasional didasarkan pada pandangan hidup bangsa Indonesia yang mencintai perdamaian, tetapi terlebih lagi mencintai kemerdekaandan kedaulatannya. Hanya dalam suasana kehidupan dunia yang damai dan dalam suasananegara yang merdeka dan berdaulat itu, memungkinkan bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui usaha pembangunan.
 
2
 
Upaya pertahanan dan keamanan nasional haruslah menjamin tercegahnya atau teratasinyahal-hal yang langsung atau tidak langsung dapat mengganggu jalannya pembangunan nasional.Hal-hal yang langsung dapat mengganggu jalannya pembangunan nasional, adalah gangguankeamanan dalam negeri dan ancaman terhadap kemerdekaan, kedaulatan dan integritas RI,sedangkan hal-hal yang bersifat tidak langsung adalah keamanan dunia umumnya dankeamanan di kawasan Asia Tenggara khususnya.Bangsa Indonesia menyadari bahwa kelangsungan hidup Bangsa dan Negaraditentukan oleh keberhasilan pembangunan nasionalnya, Ancaman dan gangguan oleh lawandari dalam dan luar negeri, merupakan hal yang tidak dapat begitu saja diserahkan kepadanasib, ataupun dipercayakan kepada kekuatan-kekuatan lain di dunia. Oleh karena itu upayadan cara penyelenggaraan pertahanan dan keamanan nasional ditentukan dalam kebi- jaksanaan Hankamnas.Perang sebagai jalan pemecahan terakhir hanya dilakukan dalam keadaan terpaksa oleh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, daya upaya untuk memperoleh dan mempertahankankeadaan aman dan damai harus selalu dilakukan oleh segenap rakyat bersama ABRI.Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.Hal ini merupakan dasar dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta.Pelaksanaannya diatur dengan memenuhi keadilan dan pemerataan dalam menjalankan tugas pertahanan dan keamanan nasional. Dalam sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta,ABRI yang tumbuh dari rakyat serta bersama dalam kemanunggalan dengan rakyat menegakkandan mengisi kemerdekaan bangsa, menjadi inti dalam sistem tersebut.Pertahanan dan keamanan nasional yang disusun berdasarkan sistem Pertahanan danKeamanan Rakyat Semesta akan mampu mensukseskan perjuangan nasional pada umumnya, pembangunan nasional pada khususnya dan mengamankannya dari setiap ancaman, sehinggausaha bangsa dalam mencapai tujuan nasional dapat berlangsung dalam suasana damai, aman,tenteram, tertib dan dinamis.Pembinaan pertahanan dan keamanan nasional diusahakan untuk meningkatkankemampuan pertahanan dan keamanan, yang meliputi kemampuan kekuatan di darat, di laut, diudara, penertiban dan penyelamatan masyarakat, sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas pertahanan dan keamanan nasional sesuai dengan keperluan dan tantangan yang dihadapi olehnegara dan bangsa Indonesia.
 
3
 
Kekaryaan Angkatan Bersenjata RI sebagai kekuatan sosial, bersama kekuatan sosiallainnya, memikul tugas dan tanggung jawab perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan danmemperjuangkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembinaan kemampuan ABRI
 
sebagai kekuatan sosial diarahkan agar Angkatan Bersenjata RI dalam kemanunggalannyadengan rakyat, mampu secara aktif melaksanakan kegiatan pembangunan nasio-nal, serta dapatmeningkatkan peranannya dalam memperkokoh ketahanan nasional. Di samping itu, operasi BaktiABRI meru- pakan peluang untuk menyumbangkan sesuatu yang berharga kepada masyarakat.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->