Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
91Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Ratings: (0)|Views: 8,402 |Likes:

More info:

Published by: Chikuma Ishikawa Michiko on Jul 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
BAB IIIPembahasanPengertian studi kelayakan bisnis
Pengertian Studi Kelayakan Bisnis
menurut Kasmir dan Jakfar (2003) adalah suatu kegiatanyang mempelajari secara mendalam tentang suatu kegiatan atau usaha yang akan dijalankan,untuk menentukan layak atau tidaknya suatu bisnis dijalankan.tujuan utama dilakukan studikelaykan bisnis ini tentunya yang akan berdiri bisa berjalan sesuai harapan baik dalam jangka pendek atau panjang serta untuk mengukur seberapa besar potensi usaha tersebut baik dalamsituasi mendukung maupun situasi yang tidak mendukung.
Pengertian Studi kelayakan proyek 
adalah suatu kegiatan sementara yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas dengan alokasi sumber daya tertentu dan dimaksudkan untumelaksanakan tugas yang sasarannya telah digariskan dengan jelas.Misalnya: membangun pabrik, membuat produk baru atau mengikuti pameran perdagangan.
Ciri-ciri profil proyek:
1.Memiliki tujuan yang khusus, produk akhir, atau hasil kerja akhi2.Biaya, jadwal kerja, sumber daya, criteria mutu yang diperlukan telah ditentukan3.Kegiatan bersifat sementara, dalam arti umurnya dibatasi selesainya tugas. Titik awal danakhir kegiatan-kehiatan telah ditentukan dengan jelas.4.Kegiatanbersifat tidak rutin, tidak berulang-ulang. Jenis dan intensitas kegiatan berubahhanya sepajang proyek berlangsung.
Perbedaan antara studi kelayakan bisnis dengan studi kelayakan proyek:
1
 
Studi kelayakan bisnis merupakan penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak hanyamenganalisis layak atau tidak layak bisnis dibangun, tetapi juga saat dioperasionalkan secararutin dalam rangka pencapaian keuntungan yang maksimal untuk waktu yang tidak ditentukan.Misalnya: pelancaran produk baru.Sedangkan studi kelayakan proyek merupakan penelitian tentang layak atau tidaknya suatu proyek dibangun untuk jangka waktu tertentu.Factor yang membuat studi kelayakan bisnis ini mengalami kesalahan diantaranya: data daninformasi yang didapat kurang lengkap,tidak teliti, salah perhitungan, pelaksanaan pekerjaansalah, kondisi lingkungan sekitar maupun unsur sengaja oleh pembuatnya.
Beberapa persiapan sebelum menjalankan studi kelayakan bisnis:
1.Pengumpulan data dan informasi2.Pengolahan data3.Analisis data4.Pengammbilan keputusan
Manfaat studi kelayakan bisnis:
1.Pihak Investor Sebelum menanamkan modalnya di perusahaan yang akan dijalankan investor akanmempelajari laporan studi kelayakan bisnis yang telah dibuat, karena investor memilikikepentingan langsung tentang keuntungan yang akan diperoleh dan jaminan modal yangakan ditanamkan.
2
 
2.Pihak Kreditor Sebelum memberikan kredit pihak bank perlu mengkaji studi kelayakan bisnis danmempertimbangkan bonafiditas dan tersedianya agunan yang dimilliki.3.Pihak Manajemen PerusahaanSebagai leader manajemen perusahaan juga memerlukan studi kelayakan bisnis untuk mengetahui dana yang dibutuhkan, berapa yang dialokasikan dari modal sendiri, rencana pendanaan dari investor dan kreditor 4. Pihak Pemerintah dan MasyarakatPerusahaan yang akan berdiri harus memperhatikan kebijakan-kebijakan yang ditetapkanoleh pemerintah agar dapat diprioritaskan untuk dibantu oleh pemerintah.5.Bagi Tujuan Pembangunan EkonomiPenyusunan studi kelayakan bisnis perlu dianalisis manfaat yang akan didapat dan biayayang ditimbulkan proyek terhadap perekonomian nasional, karena sedapat mungkin proyek dibuat demi tercapainya tujuan-tujuan nasional.
Tahapan studi kelayakan bisnis
Dalam melaksanakan studi kelayakan bisnis ada beberapa tahapan studi yang hendaknyadikerjakan, berikut beberapa tahapannya:
3

Activity (91)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Arum FidaWvm Afw liked this
Lya Suwetty liked this
SammyMikey liked this
SammyMikey liked this
SammyMikey liked this
Julia Sari liked this
Indy Ityu Akyu liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->