Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
26Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
LEDAKAN PENDUDUK

LEDAKAN PENDUDUK

Ratings: (0)|Views: 1,028 |Likes:
Published by Eka Rahmadyani

More info:

Published by: Eka Rahmadyani on Jul 31, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/18/2013

pdf

text

original

 
BAB ILATAR BELAKANG
Jumlah penduduk Indonesia pada 2019 bisa mencapai atau menyentuh angka 300 juta jiwa, jika pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) tidak berjalan dengan baik."Tanpa KB jelas 10 tahun mendatang penduduk Indonesia akan mencapai 300 juta," kataDirektur Kelangsungan Hidup Ibu Bayi dan Anak (Kahiba) BKKBN Pusat, Wicaksono padaacara peringatan Harganas ke-16 Provinsi Bengkulu di Kabupaten Kepahiang, ProvinsiBengkulu, Sabtu (8/8).Penduduk Indonesia sekarang saja sudah mencapai 250 juta, diperkirakan 10 tahunmendapatang akan bertambah sebanyak 50 juta, karena setiap tahun sebanyak lima juta bayilahir di Indonesia. Menurut dia, kini kalangan pemimpin bangsa Indonesia sangat prihatin atas bakal terjadinya ledakan penduduk kedua yang sangat memberatkan Indonesia dengantingkat kemiskinan penduduk masih tinggi.
 
BAB IIRUMUSAN MASALAH
MEMILIKI keturunan adalah bagian tidak terpisahkan dari eksistensi manusia. Namun, memiliki keturunan dalam jumlah tidak terkendali, dapat menjadi ancaman terbesar  bagi kelangsungan eksistensi itu sendiri.Perspektif seperti itu relevan untuk situasi dan kelangsungan eksistensi manusiaIndonesia, yang lebih makmur, lebih sejahtera. Terutama berkaitan dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang kian lama kian mengkhawatirkan.Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan, bahwa laju pertambahan penduduk di Indonesia sangat cepat dan terus meningkat. Apabilatidak ada intervensi pemerintah dengan meningkatkan program keluarga berencana (KB),ledakan penduduk niscaya tidak bisa dikendalikan lagi.
 
BAB IIILEDAKAN PENDUDUK 
Ini fenomena yang tidak boleh dianggap enteng. BKKBN menghitung, bila setiaptahun ada setengah persen saja pasangan usia subur tidak menjalankan program pengendalian jumlah anak, diperkirakan pada 2015 jumlah warga negeri ini akan mencapai 300 juta jiwa.Angka itu jauh lebih mengkhawatirkan dari angka pertambahan penduduk yangmenurut perhitungan pemerintah masih ‘aman’ untuk kondisi Indonesia. Aman dalam konteksrasio pertumbuhan ekonomi berbanding jumlah per kapita, aman pula dari perspekti pencapaian tujuan pembangunan untuk mengangkat rakyat dari kubangan kemiskinan.Karena itu, upaya BKKBN untuk mengendalikan laju pertumbuhan populasi ini harusdidukung. Kalau tidak, negeri ini akan menghadapi
baby booming 
yang tidak perlu dan tidak tepat saatnya.Situasi ini secara paralel akan membuat peningkatan kesejahteraan rakyat kian sulittercapai. Kemiskinan pun akan kian sulit diberantas. Karena itu, mata rantai sebab akibat iniharus diputus.Bagi pemerintah, khususnya BKKBN, mengatasi ledakan penduduk bukanlah soal baru. Pemerintah pernah berhasil mengendalikan pertumbuhan penduduk dengan hasil sangatmemuaskan. Pada saat yang sama swasembada pangan pun pernah berhasil dicapai, sehinggatercapailah keseimbangan antara tingkat pertumbuhan populasi dan kemampuan untuk mencukupi kebutuhan.

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Roseana Wardah liked this
Edi Mulyono liked this
Is Udin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->