Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tugas geografi

tugas geografi

Ratings: (0)|Views: 107 |Likes:
Published by Ullyl D'caiiank

More info:

Published by: Ullyl D'caiiank on Aug 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/25/2012

pdf

text

original

 
Benua Amerika
Amerika
adalah sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan di antara SamudraPasifik dan Samudra Atlantik. Benua ini umumnya dibagi menjadi 3 yaitu Amerika Utara,Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Istilah ini juga merujuk kepada wilayah Karibia, pulau- pulau sekitar Laut Karibia, dan Greenland (namun bukan Islandia). Sebagian besar penduduk diAS ialah keturunan imigran Eropa. Banyak orang yang diturunkan dari Jerman, Inggris,Skotlandia, Irlandia, dan Italia.Pada tahun-tahun terkini, banyak orang Hispanik datang dari Meksiko dan bagian lain diAmerika Latin, khususnya ke barat daya AS. Banyak dari mereka yang melintasi perbatasansecara ilegal. Beberapa orang AS merasa gerah, dan juga karena banyaknya penggunaan bahasaSpanyol di AS (lihat Bahasa-bahasa di Amerika Serikat). Banyak juga orang Afrika-Amerika.Sebagian besar dari mereka diturunkan dari budak Afrika yang dibawa ke Dunia Baru. Sepertiga penduduk AS ialah orang Asia-Amerika. Sebagian besar mendiami pesisir barat. Penduduk aslinya, disebut penduduk asli Amerika atau Indian dan Eskimo amat sedikit.
 
Benua Afrika
Afrika
adalah benua terbesar kedua dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia.Dengan luas wilayah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi20,3% dari seluruh total daratan Bumi. Dengan 800 juta penduduk di 54 negara, benua inimerupakan tempat bagi sepertujuh populasi dunia. Afrika adalah yang terbesar dari ketiga benuadi belahan selatan Bumi dan yang terbesar kedua setelah Asia dari semua benua. Luasnya kuranglebih 30,244,050 km2 (11,677,240 mil2) termasuk kepulauan disekitarnya, meliputi 20.3% daritotal daratan di bumi dan didiami lebih dari 800 juta manusia, atau sekitar sepertujuh populasimanusia di bumi.Dipisahkan dari Eropa oleh Laut Tengah, Afrika menyatu dengan Asia di ujung timur lautnyamelalui Terusan Suez yang memiliki lebar 130 km. Semenanjung Sinai yang dimiliki oleh Mesir sering dianggap secara geopolitis sebagai bagian dari Afrika. Dari ujung paling utara, CapeSpartel di Maroko, di 37°21 lintang Utara, ke ujung paling selatan, Cape Agulhas di AfrikaSelatan, 34°5115 lintang Selatan, terbentang jarak sekitar 8000 km; dari ujung paling barat,Cape Verde, 17°3322 bujur Barat, sampai ujung paling timur, Ras Hafun di Somalia, 51°2752 bujur Timur, jaraknya sekitar 7.400 km. Panjang garis pantainya 26.000 km (sebagai perbandingan, Eropa, yang memiliki luas 9.700.000 km² memiliki garis pantai 32.000 km.
 
Benua Asia
Benua Asia merupakan benua terbesar dengan populasi terpadat di dunia dengan wilayah yangmencakup 8,6% permukaan Bumi yang meliputi daratan luas Afrika-Eurasia tanpa Eropa danAfrika. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur, yakni berasa di wilayah Dardanella, LautMarmara, selat Bosforus, Laut Hitam, pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atauSungai Emba), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya, sedangkan dengan Afrika, Asia bertemu di sekitar Terusan Suez. Sekitar 60% populasi dunia tinggal di Asia. Lihat pula Eurasia.Wilayah Asia merupakan benua Asia ditambah kepulauan di sekitar Samudra Hindia danPasifik. Berbeda dengan angka-angka dalam artikel negara-negara, angka-angka pada tabel inididasarkan pada area yang mencakup perairan (danau, reservoir, sungai) dan karenanya mungkinangkanya lebih kecil di sini. Seluruh Rusia, Mesir, dan Turki disebutkan di dalam tabel ini,meskipun hanya sebagian dari wilayah negara-negara itu berada di Asia. Georgia, Armenia, danAzerbaijan juga dicantumkan di sini, meskipun negara-negara itu juga dapat dianggap sebagai bagian dari Eropa. Tepi Barat dan Jalur Gaza tidak dicantumkan secara terpisah, melainkandigabungkan sebagai bagian dari wilayah Palestina.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->