Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Bimbingan Orang Tua Mendidik Anaknya Dalam Islam

Bimbingan Orang Tua Mendidik Anaknya Dalam Islam

Ratings: (0)|Views: 215 |Likes:
Published by ekamisdi
Bimbingan orang tua terhadap anaknya dalam islam
Bimbingan orang tua terhadap anaknya dalam islam

More info:

Published by: ekamisdi on Aug 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/28/2013

pdf

text

original

 
SINOPSIS
BIMBINGAN ORANG TUA MENDIDIK ANAKNYA DALAM ISLAMMELALUI KEBIASAAN SHOLAT WAJIBDI RT01 RW 02 DESA TANJUNG LAJAUKEC. KUINDRASHOHIFATUL WANDAHNIMKO : 1209.06.04248SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI)AULIAURRASYIDINTEMBILAHAN2009
 
BIMBINGAN ORANG TUA MENDIDIK ANAKNYA DALAM ISLAMMELALUI KEBIASAAN SHOLAT WAJIB DI RT 01/RW 02DESA TANJUNG LAJAU KEC. KUINDRAA. Latar Belakang
Dalam kehidupan manusia sehari-hari, sangat banyak kebiasaanyang berlangsung seperti membiasakan anak di dalam melakukansholat, kebiasaan baik itu telah di lakukan secara turun temurun darigenerasi yang satu kegenerasi berikutnya.Berbagai kebiasaan harus dibentuk pada anak (subjek) didik oleh parapendidik terutama orang tua, sejak kecil anak harus di biasakan denganhal-hal yang baik seperti membiasakan anak untuk melaksanakan sholatwajib.
1
 Pendidikan dengan membentuk kebiasaan harus dilakukan secaraberulang-ulang artinya dilatih dengan tidak jemu-jemunya, pendidikandengan kebiasaan inipun harus dilakukan dengan menghilangkankebiasan buruk, untuk itu setiap pendidik terutama orang tua harusmampu memilih kebiasaan yang baik sifatnya dan berlaku di masyarakatuntuk dilatih sejak dini pada anak-anaknya, pemilihan itu harusdidasarkan pada sikap dan tingkah laku yang diridhoi Allah.
2
 Ada dua jenis kebiasaan yang perlu diteruskan melalui prosespendidikan kedua jenis kebiasaan itu adalah :a.
 
K
ebiasaan yang bersifat otomatis yang dilakukan seperti kebiasaanbangun pagi, dan segra sholat subuh, membaca masmalah setiapmemulai pekerjaan dan mengakhirinya dengan ucapanAlhamdulillah dan lain-lain, meskipun kebiasan-kebiasaan ini tidak di mengerti oleh anak makna / tujuannya.
1
Hadari Nawawi, pendidikan dalam Islam, (surabaya : Al Ikhlas, 1993) hal. 216
2
Thomas Gordon, menjadi orang tua efektif (Jakrata : Gramedia 1983) hal 42
 
b.
 
K
ebiasaan yang dilakukan atas dasar pengertian dan kesadaranakan manfaat/ tujuannya, misalnya kebiasaan menunaikan sholatlima waktu secara khusu· dan tertib karena sungguh merugi orangyang lalai dan tidak khusu· di dalam sholat.
K
ebiasaan yang besifat otomatis terutama sekali perlu dipupuk dandibina oleh pendidik khususnya orang tua, sejak anak berusia dini,sedangkan kebiasaan dengan pengertian dengan pemupukan danpembinaannya harus dilakukan setelah anak-anak mampu memahamipenjelasan terutama pada masa remaja sampai memasuki usia dewasa.Para pendidik harus mampu memberikan pengertian bahwa hidupdengan kebiasaan baik harus bersifat rutin, dan kita harus mampumenghindari kebosanan, keengganan didalam melaksanakannya. Sholatwajib lima waktu, tanpa pengertian tentang manfaat dan tujuannyakarena tidak beriman akan menimbulkan kebosanan dan keengganan.
K
arena setan selalu akan menghalang dan selalu merayu manusia agar terjerumus kedalam dosa di pihak lain harus diupayakan agar kebiasaanyang baik itu dirasakan sebagai hal yang menyenangkan dalammelaksanakannya.
3
 Sangat wajib dan logis jika tanggung jawab pendidikan terletak ditangan orang tua dan tidak bisa di pikulkan kepada orang orang lainkarena ia adalah darah dagingnya, kecuali berbagai keterbatasankedua orang tua ini.Tanggung jawab pendidikan yang perlu di sadarkan dan dibinaoleh kedua orang tua terhadap anak antara lain :1.
 
Memelihara dan membesarkannya2.
 
Melindungi dan menjamin kesehatannya baik secara jasmaniahmaupun rohaniah dari berbagai gangguan penyakit atau bahayalingkungan yang dapat membahayakan dirinya
3
Harun Salman,
Sistem Pendidikan Islam
(Bandung : Al Maarif. 1998) Hal : 33

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mas Guru liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->