Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
12Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pengertian NEGARA

pengertian NEGARA

Ratings: (0)|Views: 2,955|Likes:
Published by Faqieh FatOnix

More info:

Published by: Faqieh FatOnix on Aug 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/16/2012

pdf

text

original

 
NEGARA
Negara
adalah suatuwilayahdi permukaan bumiyang kekuasaannya baik politik , militer ,ekonomi,sosialmaupun budayanyadiatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut.Syarat-syarat sebuah negara :
1. memiliki wilayah
2. ada penduduk 
3. ada kedaulatan
4. Mendapat pengakuan Negara lain Negara adalah pengorganisasian masyarakat yang mempunyai rakyat dalam suatuwilayah tersebut, dengan sejumlah orang yang menerima keberadaan organisasi ini.Syarat lain keberadaan negara adalah adanya suatu wilayah tertentu tempat negara itu berada. Hal lain adalah apa yang disebut sebagai kedaulatan, yakni bahwa negara diakuioleh warganya sebagai pemegang kekuasaan tertinggi atas diri mereka pada wilayahtempat negara itu berada.
Keberadaan negara
Keberadaan negara, sepertiorganisasisecara umum, adalah untuk memudahkananggotanya (rakyat) mencapai tujuan bersama atau cita-citanya. Keinginan bersama inidirumuskan dalam suatu dokumen yang disebut sebagaiKonstitusi, termasuk didalamnyanilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh rakyat sebagai anggota negara. Sebagai dokumenyang mencantumkan cita-cita bersama, maksud didirikannya negara Konstitusimerupakan dokumen hukum tertinggi pada suatu negara. Karenanya dia juga mengatur  bagaimana negara dikelola. Konstitusi di Indonesia disebut sebagaiUndang-Undang Dasar .Dalam bentuk modern negara terkait erat dengan keinginan rakyat untuk mencapai kesejahteraan bersama dengan cara-cara yangdemokratis. Bentuk paling
 
kongkrit pertemuan negara dengan rakyat adalah pelayanan publik , yakni pelayanan yangdiberikan negara padarakyat. Terutama sesungguhnya adalah bagaimana negara memberi pelayanan kepada rakyat secara keseluruhan, fungsi pelayanan paling dasar adalah pemberian rasa aman. Negara menjalankan fungsi pelayanan keamanan bagi seluruhrakyat bila semua rakyat merasa bahwa tidak ada ancaman dalam kehidupannya. Dalam perkembangannya banyak negara memiliki kerajang layanan yang berbeda bagiwarganya.Berbagai keputusan harus dilakukan untuk mengikat seluruhwarga negara, atauhukum, baik yang merupakan penjabaran atas hal-hal yang tidak jelas dalam Konstitusimaupun untuk menyesuaikan terhadap perkembangan zaman atau keinginan masyarakat,semua kebijakan ini tercantum dalam suatuUndang-Undang. Pengambilan keputusandalam proses pembentukan Undang-Undang haruslah dilakukan secarademokratis, yaknimenghormatihak tiap orang untuk terlibat dalam pembuatan keputusan yang akanmengikat mereka itu. Seperti juga dalam organisasi biasa, akan ada orang yangmengurusi kepentingan rakyat banyak. Dalam suatu negara modern, orang-orang yangmengurusi kehidupan rakyat banyak ini dipilih secara demokratis pula.
Pengertian Negara menurut para ahli
Prof. Farid S.
 Negara adalah Suatu wilayah merdeka yang mendapat pengakuan negara lainserta memiliki kedaulatan.
Georg Jellinek 
 Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.
Georg Wilhelm Friedrich Hegel
 Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis darikemerdekaan individual dan kemerdekaan universal
 
Roelof Krannenburg
 Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golonganatau bangsanya sendiri.
Roger H. Soltau
 Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.
Prof. R. Djokosoetono
 Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.
Prof. Mr. Soenarko
 Negara ialah organisasi manyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimanakekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai sebuah kedaulatan.
Aristoteles
 Negara adalah perpaduan beberapa keluarga mencakupi beberapa desa, hingga pada akhirnya dapat berdiri sendiri sepenuhnya, dengan tujuan kesenangan dankehormatan bersama.
Asal Mula Terjadinya Negara Berdasarkan fakta sejarah
Pendudukan (Occupatie)
Hal ini terjadi ketika suatu wilayah yang tidak bertuan dan belum dikuasai, kemudiandiduduki dan dikuasai.Misalnya,Liberiayang diduduki budak-budaNegroyang dimerdekakan tahun 1847.

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Siti Hapsoh liked this
Ilham Teknik liked this
Rusmin Adif liked this
Budi Cassanova liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->