Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proses Masuk Dan Berkembangnya Agama Hindu

Proses Masuk Dan Berkembangnya Agama Hindu

Ratings: (0)|Views: 399 |Likes:
Published by Faqieh FatOnix

More info:

Published by: Faqieh FatOnix on Aug 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/25/2012

pdf

text

original

 
proses masuk dan berkembangnya agama Hindu-Budha keIndonesia
Agama BudhaAgama Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh para pendeta didukung dengan adanyamisi
 Dharmadhuta
, kitab suci agama Budha ditulis dalam bahasa rakyat sehari-hari, sertadalam agama Budha tidak mengenal sistem kasta. Para pendeta Budha masuk keIndonesia melalui 2 jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan, yaitu melalui jalandaratan dan lautan. Jalan darat ditempuh lewat Tibet lalu masuk ke Cina bagian Baratdisebut
 Jalur Sutra
, sedangkan jika menempuh jalur laut, persebaran agama Budhasampai ke Cina melalui Asia Tenggara. Selanjutnya sampai ke Indonesia merekaakhirnya bertemu dengan raja dan keluarganya serta mulai mengajarkan ajaran agamaBudha, pada akhirnya terbentuk jemaat kaum Budha. Bagi mereka yang telah mengetahuiajaran dari pendeta India tersebut pasti ingin melihat tanah tempat asal agama tersebutsecara langsung yaitu India sehingga mereka pergi ke India dan sekembalinya keIndonesia mereka membawa banyak hal baru untuk selanjutnya disampaikan pada bangsaIndonesia. Unsur India tersebut tidak secara mentah disebarkan tetapi telah mengalami proses penggolahan dan penyesuaian. Sehingga ajaran dan budaya Budha yang berkembang di Indonesia berbeda dengan di India.Agama HinduPara pendeta Hindu memiliki misi untuk menyebarkan agama Hindu dan melalui jalur  perdagangan akhirnya sampai di Indonesia. Selanjutnya mereka akan menemui penguasalokal (kepala suku). Jika penguasa lokal tersebut tertarik dengan ajaran Hindu maka para pendeta bisa langsung mengajarkan dan menyebarkannya. Dalam ajaran agama Hindukonsepnya adalah seseorang terlahir sebagai Hindu bukan menjadi Hindu maka untuk menerima ajaran agama Hindu orang Indonesia harus di-Hindu-kan melalui upacara
Vratyastoma
dengan pertimbangan kedudukan sosial/ derajat yang bersangkutan(memberi kasta). Hubungan India-Indonesia berlanjut dengan adanya upaya para kepalasuku/ raja lokal untuk menyekolahkan anaknya/ utusan khusus ke India guna belajar  budaya India lebih dalam lagi. Setelah kembali ke tanah air mereka kemudianmenyebarkan kebudayaan India yang sudah tinggi. Bahkan tak jarang merekamendatangkan para Brahmana India untuk melakukan upacara bagi para penguasa diIndonesia, seperti upacara
 Abhiseka
, merupakan upacara untuk mentahbiskan seseorangmenjadi raja. Jika di suatu wilayah rajanya beragama Hindu maka akan memperkuat proses penyebaran agama Hindu bagi rakyat di daerah tersebut.
Kronologis
300- Indonesia telah melakukan hubungan dagang dengan India. Hubungandagang ini mulai intensif padaabad ke-2 M. Memperdagangkan barang-barangdalam pasaran internasional misalnya: logam mulia, perhiasan, kerajinan, wangi-wangian, obat-obatan. Dari sebelah timur Indonesia diperdagangkan kayucendana, kapur barus, cengkeh. Hubungan dagang ini memberi pengaruh yang
 
 besar dalam masyarakat Indonesia, terutama dengan masuknya ajaran Hindudan Budha, pengaruh lainnya terlihat pada sistem pemerintahan.
300- Telah dilakukannya hubungan pelayaran niaga yang melintasi Tiongkok.Dibuktikan dengan perjalanan dua pendetaBudhayaitu Fa Shiendan Gunavarman. Hubungan dagang ini telah lazim dilakukan, barang-barang yangdiperdagangkan kemenyan, kayu cendana, hasil kerajinan.
400- Hindu dan Budha telah berkembang di Indonesia dilihat dari sejarahkerajaan-kerajaan dan peninggalan-peninggalan pada masa itu antara lain prasasti,candi, patung dewa, seni ukir, barang-barang logam. Keberadaan kerajaanTarumanagara diberitakan oleh orang Cina.
603-Kerajaan Malayuberdiri di hilir Batang Hari. Kerajaan ini merupakan konfederasi dari para pedagang-pedagang yang berasal dari pedalamanMinangkabau. Tahun 683, Malayu runtuh oleh serangan Sriwijaya. {referensi?}
671- Seorang pendeta Budha dari Tiongkok, bernama I-Tsingberangkat dari Kantonke India. Ia singgah diSriwijaya untuk belajar tatabahasaSansekerta,  kemudian ia singgah di Malayu selama dua bulan, dan baru melanjutkan perjalanannya ke India.
685- I-Tsing kembali ke Sriwijaya, disini ia tinggal selama empat tahun untuk menterjemahkankitab suci Budhadari bahasa Sansekerta ke dalam  bahasa Tionghoa.
692- Salah satu kerajaan Budha di Indonesia yaituSriwijayatumbuh dan  berkembang menjadi pusat perdagangan yang dikunjungi oleh pedagang Arab, Parsi, dan Tiongkok . Yang diperdagangkan antara lain tekstil, kapur barus, mutiara, rempah-rempah, emas, perak. Wilayah kekuasaannya meliputiSumatera,  Semenanjung Malaya, Kamboja,danJawa. Sriwijaya juga menguasai jalur   perdaganganSelat Malaka, Selat Sunda,dan Laut China Selatan. Dengan  penguasaan ini, Sriwijaya mengontrol lalu lintas perdagangan antara Tiongkok dan India, sekaligus menciptakan kekayaan bagi kerajaan.
922- Dari sebuah laporan tertulis diketahui seorang musafir Tiongkok telahdatang kekerajaan Kahuripan di Jawa Timur dan maharaja Jawa telahmenghadiahkan pedang pendek berhulu gading berukur pada kaisar Tiongkok.
932- Restorasi kekuasaan Kerajaan Sunda. Hal ini muncul melaluiPrasastiKebon Kopi IIyang bertanggal 854 Saka atau 932 Masehi. 
1292- Musafir Venesia,Marco Polosinggah di bagian utara Sumatera dalam  perjalanan pulangnya dari Tiongkok ke Persiamelalui laut. Marco Polo  berpendapat bahwaPerlak merupakan sebuah kota Islam.
1292- Raden Wijaya, atas izin Jayakatwang, membuka hutan tarik menjadi permukiman yang disebut Majapahit. Nama ini berasal dari pohon Maja yang berbuah pahit di tempat ini.
1293- Raden Wijaya memanfaatkan tentara Mongoluntuk menggulingkan Jayakatwang di Kediri. Memukul mundur tentara Mongol, lalu ia naik takhtasebagai raja Majapahit pertama pada 12 November .
1293-1478- Kota Majapahit menjadi pusat kemaharajaan yang pengaruhnya membentang dari Sumatera ke Papua, kecualiSunda dan Madura. Kawasan urban yang padat dihuni oleh populasi yang kosmopolitan dan menjalankan berbagai

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Dian Kumala Sari liked this
barayuda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->