Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tokoh kimia

tokoh kimia

Ratings: (0)|Views: 490 |Likes:
Published by Faqieh FatOnix

More info:

Published by: Faqieh FatOnix on Aug 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
Antoine Laurent Lavoisier 
Ilmuwan Perancis hebat AntoineLaurent Lavoisier merupakan tokoh terkemukadi bidang perkembangan ilmu kimia. Pada saatkelahirannya di Paris tahun 1743, ilmu pengetahuan kimia ketinggalan jauhketimbang fisika, matematika dan astronomi.Sejumlah besar penemuan yang berdirisendiri-sendiri sudah banyak diketemukanoleh para ahli ilmu kimia, tetapi tak satu punkerangka teori yang dapat jadi pegangan yangdapat merangkum informasi yang terpisah-pisah. Pada saat itu tersebar semacamkepercayaan yang tak meyakinkan bahwa air dan udara merupakan substansi yangelementer. Lebih buruk lagi, adanya kesalahfahaman mengenai hakekat daripada api.Kepercayaan yang berkembang saat itu adalah bahwa semua proses pembakaran benda mengandung substansi duga-dugaan yang disebut ³phlogiston,´ dan bahwaselama proses pembakaran, substansi barang yang terbakar melepaskan phlogiston-nya ke udara.Dalam jangka waktu antara tahun 1754 ± 1774, ahli-ahli kimia berbakatseperti Joseph Black, Joseph Priestley, Henry Cavendish dan lain-lainnya telahmengisolir arti penting gas seperti oxygen, hydrogen, nitrogen dan carbon dioxide.Tetapi, sejak orang-orang ini menerima teori phlogiston, mereka tidak maumemahami hakikat atau arti penting substansi kimiawi yang telah mereka ketemukan.Oxygen, misalnya, dipandang sebagai udara yang semua phlogiston-nya telahdialihkan. (Sebagaimana diketahui bahwa serpihan kayu lebih sempurna terbakar dalam oxygen ketimbang dalam udara; mungkin ini akibat udara lebih mudahmenghisap phlogiston dari kayu yang terbaru). Jelas, kemajuan nyata di bidang kimiatidak bisa terjadi sebelum dasar-dasar utamanya dapat difahami.
 
 
S
ir William Henry Bragg OM, MA, PhD
Sir William Henry Bragg OM, MA (Cantab), PhD; yang dilahirkan diWestward, Cumberland, pada 2 Juli 1862 adalah fisikawan dan kimiawan Inggris, Iadididik di King William's College, Isle of Man, dan Trinity College, Cambridge.Terpilih sarjana kecil Trinity College, Cambridge, pada tahun 1881, ia belajar matematika di bawah guru terkenal, Dr EJ Routh. Dia Ketiga Wrangler diMathematical Tripos, Bagian I, pada bulan Juni 1884, dan ditempatkan di kelas pertama dalam Bagian II di bulan Januari berikutnya.Dia belajar fisika di Laboratorium Cavendish selama bagian dari tahun 1885,dan pada akhir tahun itu mebjabat dan terpilih menjadi Professor Matematika danFisika di University of Adelaide, Australia Selatan (1886-1908),. Kemudian berturut-turut Cavendish ia menjadi Profesor Fisika di Leeds (1909-1915), Quain Profesor Fisika di University College London (1915-1925), dan Fullerian Profesor Kimia diRoyal Institution. Dari 1923 ia adalah Profesor Fuller dalam Kimia di RoyalInstitution dan direktur Davy Faraday Research Laboratory. Ia menerimaPenghargaan Nobel dalam Fisika pada 1915 bersama puteranya Lawrence Bragg. Iamenjadi anggota Royal Society pada 1906 dan menjabat sebagai pimpinannya dari1935 hingga 1940.Kepentingan risetnya menganut banyak topik dan ia adalah seorang ahli dalammengambil subjek, hampir santai, membuat kontribusi yang penting, kemudianmenjatuhkannya lagi. Namun, karya Bragg dan putranya 1913-1914 Lawrence dalammendirikan sebuah cabang baru ilmu pengetahuan tersebut sangat penting dansignifikansi, analisis struktur kristal dengan menggunakan sinar-X. Jika penemuanfundamental aspek gelombang sinar-X, sebagaimana dibuktikan oleh difraksi dalamkristal, disebabkan oleh von Laue dan kolaborator, adalah sama benar bahwa penggunaan sinar-X sebagai alat sistematis dari cara di mana kristal dibangunsepenuhnya oleh Braggs.
 
J
abir Ibnu Hayyan, Penemu Ilmu Kimia
Ilmu
kimia
di kemudian hari berkembang sangat pesat dan dikenal banyak orang. Tapi, hanya sedikit yang tahu siapa sejatinya orang pertama yang menemukanilmu eksakta tersebut. Adalah Abu Musa Jabir Ibnu Hayyan (721-815 H), ilmuwanMuslim pertama yang menemukan dan mengenalkan disiplin ilmu kimia tadi.Lahir di kota peradaban Islam klasik, Kuffah(Irak), ilmuwan Muslim ini lebih dikenal dengannama
Ibnu Hayyan
. Sementara di Barat iadikenal dengan nama
Ibnu Geber
. Ayahnya,seorang penjual obat, meninggal sebagai'syuhada' demi penyebaran ajaran Syi'ah. Jabir kecil menerima pendidikannya dari raja baniUmayyah, Khalid Ibnu Yazid Ibnu Muawiyah,dan imam terkenal, Jakfar Sadiq. Ia juga pernah berguru pada Barmaki Vizier pada masakekhalifahan Abbasiyah pimpinan Harun AlRasyid.Ditemukannya kimia oleh Jabir ini membuktikan, bahwa ulama di masa lalutidak melulu lihai dalam ilmu-ilmu agama, tapi sekaligus juga menguasai ilmu-ilmuumum. "Sesudah ilmu kedokteran, astronomi, dan matematika, bangsa Arabmemberikan sumbangannya yang terbesar di bidang kimia," tulis sejarawan Barat,Philip K Hitti, dalam History of The Arabs. Berkat penemuannya ini pula, Jabir dijuluki sebagai Bapak Kimia Modern.Dalam karirnya, ia pernah bekerja di laboratorium dekat Bawwabah diDamaskus. Pada masamasa inilah, ia banyak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru di sekitar kimia. Berbekal pengalaman dan pengetahuannya itu,sempat beberapa kali ia mengadakan penelitian soal kimia. Namun, penyelidikansecara serius baru ia lakukan setelah umurnya menginjak dewasa.Dalam penelitiannya itu, Jabir mendasari eksperimennya secara kuantitatif daninstrumen yang dibuatnya sendiri, menggunakan bahan berasal dari logam, tumbuhan,dan hewani. Jabir mempunyai kebiasaan yang cukup konstruktif mengakhiriuraiannya pada setiap eksperimen.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ayubi Radinal liked this
addy7349 liked this
Fikih Ga Ga liked this
Retno Sari liked this
Agusti Purnama liked this
Agusti Purnama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->