Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tokoh kimia 1

tokoh kimia 1

Ratings: (0)|Views: 677 |Likes:
Published by Faqieh FatOnix

More info:

Published by: Faqieh FatOnix on Aug 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
Penemu Pembelahan Uranium 
OttoHahn adalah seorang Ilmuwan pemenang hadiah Nobel dalam bidangkimia tahun 1944. Sang penemu pembelahan Uranium ini dilahirkan pada tanggal 8Maret 1879 di Frankfurt, Jerman. Mekipun secara pribadi Hahn tidak menghendakihasil temuannya digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai denan kemanusiaan, tetapi pada kenyataannya justru penemuannya tersebut dipakai sebagai salah satu dasar  perakitan bom atom yang dibuat dengan dalih demi perdamaian dunia.Masa kanak-kanak dan pendidikan dasarnya dilaluidi kota kelahirannya.Ayahnya seorang seniman ahli peniup gelas yang berhasil dan juga menjadi anggota parlemen di kotanya. Sang Ayah mengirimkan Hahn ke Marburg setelah Hahnmenyelesaikan pendidikan SMA. Di Marburg dan Munchen Hahn mempelajari IlmuKimia yang merupakan mata pelajaran paling disukainya. Berkat kerajinannya Hahnmendapat gelar Doktor untuk bidang Kimia Organik pada usia yang relatif muda.Pada tahun 1907 Hahn mendapat gelar Profesor untuk bidang yang sama.Hasil penelitian Hahn adalah zat Mesothorium yang mempunyai daya radiasiyang sama seperti radium tetapi lebihmurahharganya daripada uranium. Hahnkemudian bekerjasama dengan Ilse Meitner seorang ahli fisika dari Australia dan berkat jasanya Hahn dan rekannya Fritz Strassman menemukan Uranium yang dapatdibelah yang pada waktu itu penemuan ini merupakan hal yang mustahil.Otto Hahn sebagai Bapak Pembelahan Uranium ini merasa bersyukur bahwaia tidak dipilih sebagai salah satu sarjana yang harus mengembangkan persenjataanmodern bagi negaranya. Hahn merupakan seorang pejuang yang gigih melawan persenjataan atom bagi negaranya. Ia seorang peneliti, pekerja keras juga seorang pencinta kedamaian.
 
M
aria Sklodowska
M
arie Curie 
Maria Sklodowska. Marie Curie lebih masyhur dari banyak ilmuwan, tetapikemasyhurannya tidaklah bertolak dari arti penting ilmiah yang sudah diperbuatnya,tetapi lebih banyak disebabkan karena dia seorang wanita. Kariernya menunjukkan,dalam jenis jenis pekerjaan yang mungkin, seorang wanita sanggup melakukan penyelidikan ilmiah yang punya kualitas tinggi. Atas dasar ini dia menjadi amatgemerlapan, sehingga banyak orang yang punya kesan bahwa dialah orang yangmenemukan radioaktif. Tetapi nyatanya radioaktif diketemukan oleh Antoine HenriBecquerel. Tak perlu dipersoalkan lagi bahwa prioritas jatuh pada Becquerel, karena baru sesudah Marie Curie membaca laporan penemuan Becquerel barulah dia dansuaminya Pierre, yg juga ilmuwan berbakat mulai penyelidikan masalah itu.Sesungguhnya hasil karya Marie Curie yang mengesankan adalah penemuandan pemisahan elemen kimia radium. Sebelum ini dia sudah menemukan elemenradioaktif lain yang dijulukinya "polonium," diambil dari nama negeri asalnya,Polandia. Ini memang betul-betul karya yang mengagumkan, tetapi tidaklah terlalumempunyai arti penting yang menonjol dalam teori ilmiah. Tahun 1903, Marie Curie,Pierre Curie dan Antoine Henri Becquerel secara bersama-sama peroleh Hadiah Nobel untuk bidang fisika. Dan tahun 1911 Marie Curie dapat lagi Hadiah Nobel, kaliini untuk bidang kimia. Ini membuatnya orang pertama yang peroleh Hadiah Nobeldua kali.Menarik untuk dicatat bahwa Marie Curie punya anak kecil tatkala diamenyelesaikan penyelidikan ilmiah paling pentingnya. Puteri tertuanya, Irene, jugamenjadi ilmuwan yang berhasil gemilang. Irene kawin dengan pria yang jugailmuwan berbakat, Jean Frederic Joliot. Sepasang suami istri itu bersama-samamenemukan radioaktif buatan (artifisial). Untuk penemuan ini (yang bisa dianggap"keturunan" dari penemuan radio-aktif alamiah!) menyebabkan Joliot dan Curiemembagi Hadiah Nobel tahun 1935. Puteri kedua Marie Curie, Eve, menjadi musikusterkenal dan pengarang. Betul-betul sebuah keluarga luar biasa! Marie Curiemeninggal dunia tahun 1934, kena leukemia. Besar kemungkinan akibat berulang kali berhadapan dengan benda-benda yang mengandung radioaktif.
 
Penemu Radio Aktivitas 
Penemu radio aktivitas
Antoine Henri Becquerel
ini lahir di Paris tahun1852. Pendidikannya baik, dapat gelar doktor tahun 1888. Tahun 1892 dia jadi guru besar fisika praktis di Musium Sejarah Alam (Musee d' Histoire Naturelle) di Paris.Menarik untuk dicatat, baik kakek maupun bapaknya bukan saja sama-sama ahlifisika tetapi juga pernah menempati kedudukan yang sama. Anehnya, anaknya pun begitu. Di tahun 1895 Becquerel jadi guru besar fisika di perguruan tinggi politeknik.(Ecole Polytechnique) di Paris. Di sinilah pada tahun 1896 dia membuat penemuan besar yang membuat namanya kesohor.Tahun sebelumnya Wilhelm Rontgen menemukan sinar X, satu penemuanyang menggemparkan masyarakat ilmiah. Rontgen memprodusir sinar X denganmenggunakan tabung katoda sinar, Becquerel berpikir apakah sinar X tidak bisadiprodusir dengan kegiatan sinar matahari biasa di atas substansi non-metal.Becquerel memiliki di laboratoriumnya beberapa kristal "Potasium uranium sulfate"(satu campuran yang dia tahu non-metalik) dan dia memutuskan melakukan percobaan dengan itu: Pertama dia menempelkan beberapa kertas hitam tebal disekeliling lembaran fotografis untuk meyakinkan tidak ada cahaya yang bisa tampak dapat mencapai lembaran itu. Lantas dia letakkan kristal non-metalik di atas lembaranyang tertutup itu dan menyodorkannya ke bawah sinar matahari. Cukup meyakinkantatkala kemudian dapat menemukan film fotografis, satu bayangan kristal muncul diatasnya.Mulanya Becquerel yakin bahwa dia sudah berhasil menemukan sumber sinar X baru. Kemudian, secara kebetulan dia menemukan bahwa campuran uranium akanmemasukkan radiasi meskipun tidak disodorkan kepada cahaya yang terbuka.Memang ada hari-hari di mana buat Becquerel masih samar-samar dan bimbangmengulangi percobaannya sebagaimana mestinya. Karena itu dia letakkan barang- barangnya --kristal dan lembaran fotografis yang terbungkus rapi dan hati-hati-- jauh- jauh di lacinya, tanpa terlebih dulu menampakkan kristalnya di bawah cahayamatahari. Beberapa hari kemudian tak urung dia memutuskan mencuci lembaranfotografis yang tak terpakai itu. Dia terkejut, lembaran itu menampakkan bayangankristal!

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Permai Suri liked this
Neo Vicky liked this
Rika Diana liked this
Agusti Purnama liked this
Agusti Purnama liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->