Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
76Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Preskas Ruptur Perineum

Preskas Ruptur Perineum

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 13,644|Likes:
Published by Yasin El Hakim

More info:

Published by: Yasin El Hakim on Aug 04, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/15/2014

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Perdarahan postpartum menjadi penyebab utama 40% kematian ibu di Indonesia.Perlukaan jalan lahir merupakan penyebab kedua perdarahan setelah atonia uteri yang terjadi pada hampir persalinan pertama dan tidak jarang juga pada persalinan berikutnya. Padaseorang primipara atau orang yang baru pertama kali melahirkan ketika terjadi peristiwa"kepala keluar pintu". Pada saat ini seorang primipara biasanya tidak dapat tegangan yangkuat ini sehingga robek pada pinggir depannya. Luka-luka biasanya ringan tetapi kadang-kadang terjadi juga luka yang luas dan berbahaya. Sebagai akibat persalinan terutama padaseorang primipara, biasa timbul luka pada vulva di sekitar introitus vagina yang biasanyatidak dalam akan tetapi kadang-kadang bisa timbul perdarahan banyak 
1
.Ruptur Perineum dapat terjadi karena adanya ruptur spontan maupun episiotomi. perineum yang dilakukan dengan episiotomi itu sendiri harus dilakukan atas indikasi antaralain: bayi besar, perineum kaku, persalinan yang kelainan letak, persalinan denganmenggunakan alat baik forceps maupun vacum. Karena apabila episiotomi itu tidak dilakukan atas indikasi dalam keadaan yang tidak perlu dilakukan dengan indikasi di atas,maka menyebabkan peningkatan kejadian dan beratnya kerusakan pada daerah perineumyang lebih berat. Sedangkan luka perineum itu sendiri akan mempunyai dampak tersendiri bagi ibu yaitu gangguan ketidaknyamanan.
1,2
1
 
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.DEFINISI
a. PengertianRuptur adalah robekan atau koyaknya jaringan secara paksa, (Dorland, 1994)
3
Perineum adalah bagian yang terletak antara vulva dan anus panjangnya rata-rata 4 cm.
2
Robekan perineum terjadi pada hampir semua persalinan dan tak jarang juga pada persalinan berikutnya. Robekan ini dapat dihindarkan atau dikurangi dengan menjaga jangansampai dasar panggul dilalui oleh kepala janin dengan cepat. Sebaliknya kepala janin yang akanlahir jangan ditahan terlampau kuat dan lama, karena akan menyebabkan asfiksia dan perdarahandalam tengkorak janin, dan melemahkan otot-otot dan fasia pada dasar panggul karenadiregangkan terlalu lama.Robekan perineum umumnya terjadi di garis tengah dan bias menjadi luas apabila kepala janin lahir terlalu cepat, sudut arkus pubis lebih kecil daripada biasa sehingga kepala janinterpaksa lahir lebih ke belakang dari pada biasa, kepala janin melewati pintu bawah pangguldengan ukuran yang lebih besar daripada sirkumferensia suboksipito-bregmatika, atau anak dilahiirkan dengan pembedahan vaginal.
1
B.ANATOMI PERINEUM
Menurut para ahli anatomi, perineum adalah wilayah pelvic aoutlet diujung diafragma pelvic (levator ani). Batasannya dibentuk oleh pubic rami di depan ligament sacro tuberos di belakang. Pelvic outletnya dibagi oleh garis melintang yang menghubungkan bagian depanischial tuberosities ke dalam segitiga urogenital dan sebuah segitiga belakang anal.
4
2
 
Segitiga urogenital
Otot-otot diwilayah ini dikelompokkan ke dalam kelompok superfisial (dangkal) dandalam bergantung pada membran perineal. Bagian bulbospongiosus, perineal melintang dangkaldan otot ischiocavernosus terletak dalam bagian terpisah yang superfisial. Otot bulbospongiosusmelingkari vagina dan masuk melalui bagian depan corpora cavernosa clitoridis. Di bagian belakang, senagian serabutnya mungkin menyatu dengan otot contralateral superfisial transverse perineal (otot yang melintang contralateral dipermukaan perineal) juga dengan cincin otot anus(sfingter).
4
Kelenjar bartholini merupakan struktur berbentuk kacang polong dan bagian duktusnyamembuka ke arah introitus vagina di permukaan selaput dara pada persimpangan duapertiga bagian atas dan sepertiga bagian bawah labia minora.
4
Pada wanita, otot perineal profunda melintang antara bagian depan dan belakang fasiamembran perineal yang membentuk diafragma urogenital berbentuk tipis dan sukar untuk digambarkan, karena itu kehadirannya tidak diakui oleh sebagian ahli. Dibagian yang samaterletak juga otot cincin external uretra.
4
Segitiga anal
Wilayah ini mencakup otot luar anus dan lubang ischiorectal.
4
Badan perineal
Bagian perineal merupakan wilayah fibromuskular (berotot serabut) antara vagina dankanal anus. Pada dataran saggita berbentuk segitiga. Pada sudut segitiganya terdapat ruangrectovaginal dan dasarnya dibentuk oleh kulit perineal antara bagian belakang fouchette vulvadan anus. Dalam bagian perineal terdapat lapisan otot fiber bulbospongiosus, dataran perinealmelintang dan otot cincin anus bagian luar.
4
Diatas bagian ini terdapat otot dubur membujur dan serat tengah otot pubo rectalis,karena itu sandaran panggul dan juga sebagian hiatus urogenitalis antara otot levator ani bergantung pada keseluruhan badan perineal. Bagi ahli kesehatan ibu dan anak, istilah perineummerujuk sebagian besar pada wilayah fibromuskular antara vagina dan kanal anus.
4
Anatomi anorektum
3

Activity (76)

You've already reviewed this. Edit your review.
dewitaanie liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Jember Kosmetik liked this
Musyri Fatul liked this
Bee Ana Achmad added this note|
trimaksih telah membantu memberikan tinajuan pustaka refrensi pembelajaran
anak_bisa liked this
Thio Yuningsih liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->