Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peningkatan Kuwalitas Tenaga Kerja

Peningkatan Kuwalitas Tenaga Kerja

Ratings: (0)|Views: 845 |Likes:
Published by Faqieh FatOnix

More info:

Published by: Faqieh FatOnix on Aug 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
PENINGKATAN KUWALITAS TENAGAKERJA
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar Belakang
Pembangunan ekonomi merupakan proses perubahan dari suatu tipe perekonomian menjadi tipe lain yang lebih maju (Hirschman,1970). Sedangkanmenurut Meier dan Baldwin (1964), pembangunan ekonomi adalah suatu proses,dengan proses dimana pendapatan nasional riel suatu perekonomian bertambahselama suatu periode waktu yang panjang. Berdasarkan pengertian dari kedua tokohtersebut, pembangunan dikatakan sebagai sebuah proses karena pembangunan bukanlah suatu kegiatan yang momentum atau perbuatan yang selesai hanya dalamsatu kali dalam suatu saat, melainkan pembangunan merupakan suatu kegiatan yangterus-menerus.Pembangunan nasional dilaksanakan dalam rangka pembangunan ekonomi,manusia, sosial budaya, dan politik di Indonesia, untuk mewujudkan masyarakat yangsejahtera, adil, dan makmur. Dalam melaksanakan pembangunan nasional, perluasanlapangan kerja dan peningkatan kualitas tenaga kerja mempunyai peranan dankedudukan yang sangat penting sebagai pelaku dan tujuan pembangunan. Upaya perluasan lapangan kerja di dalam suatu negara dilakukan karena meningkatnya penawaran terhadap jumlah tenaga kerja sehingga mereka dapat disalurkan kelapangan-lapangan yang tersedia agar tenaga kerja yang berlebihan tersebut semakin produktif. Keterkaitan jumlah tenaga kerja yang berlebihan tersebut,disebabkanadanya pertumbuhan penduduk yang cepat seperti yang dialami di negara-negara berkembang.Menurut Smith (2006), proses pembangunan pada suatu masyarakat, palingtidak harus memiliki tiga tujuan inti pembangunan, yaitu:(1) Peningkatan ketersediaan serta perluasan distribusi berbagai barang kebutuhanhidup yang pokok, seperti sandang, pangan dan papan.(2) Peningkatan standar hidup yang mencakup peningkatan pendapatan, penambahan penyediaan lapangan kerja, perbaikan kualitas pendidikan, serta peningkatan perhatian atas nilai-nilai kultural dan kemanusiaan.(3) Perluasaan pilihan-pilihan ekonomis dan sosial bagi setiap individu dalam suatunegara, yakni dengan membebaskan mereka dari belitan sikap menghamba danketergantungan terhadap negara lain.Tiga tujuan inti pembangunan yang harus dimiliki oleh suatu negara dalam proses pembangunan belum dapat terpenuhi di negara-negara berkembang. Hal inidikarenakan adanya permasalahan yang banyak dihadapi oleh negara-negara berkembang saat ini, seperti Indonesia, diantaranya adalah
 Pertama,
mayoritas
 
 penduduknya bekerja di sektor pertanian dibandingkan dengan yang bekerja di sektor industri karena mengalami kekurangan modal, teknik, dan kekurangan keahlianmanagerial.
 Kedua,
memiliki sumber-sumber alam yang melimpah namun belumdiolah dan dimanfaatkan secara maksimal sehingga masih bersifat potensial karenakekurangan modal dan tenaga ahli.
 Ketiga,
mayoritas penduduknya masih terbelakangyang dapat diketahui dari kualitas penduduk sebagai faktor produksi tergolong rendahsehingga efisiensi tenaga kerjanya pun rendah.Masalah tenaga kerja hingga saat ini masih merupakan salah satu masalahnasional yang cukup berat dan komplek. Rendahnya tingkat pendidikan dan lemahnya perlindungan atau kesejahteraan akan mempengaruhi kualitas tenaga kerja. Dariuraian tersebut penulis ingin mengetahui solusi apa saja yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam pembangunan.
1. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka masalah yang dirumuskan yaitu :1.Bagaimana keadaan tenaga kerja di negara-negara berkembang?2.Bagaimana solusi dalam melaksanakan pembangunan ekonomi dinegara-negara berkembang?
2. Tujuan Penulisan
Berdasarkan perumusan masalah tersebut,tujuan dari penulisan ini yaitu:1.Mengetahui keadaan tenaga kerja di negara-negara berkembang.2.Mengetahui solusi dalam melaksanakan pembangunan ekonomi dinegara-negara berkembang.
3. Manfaat Penulisan
1.Bagi kalangan akedemis, makalah ini diharapkan dapat dijadikanreferensi yang dapat membantu memahami perluasan lapangan kerja sebagaisalah satu solusi pembangunan ekonomi.2.Bagi pemerintah, makalah ini diharapkan dapat menjadi referensiuntuk melakukan pembangunan yang berkelanjutan yang dapat dirasakan olehsemua pihak.3.Bagi masyarakat umum, makalah ini diharapkan dapat memberikaninformasi mengenai keadaan tenaga kerja dan solusi pembangunan ekonomi dinegara-negara berkembang.
BAB IILANDASAN TEORI
Pembangunan secara tradisional diartikan sebagai kapasitas dari sebuah perekonomian nasional yang kondisi ekonomi awalnya kurang lebih bersifat statisdalam kurun waktu yang cukup lama untuk menciptakan, mempertahankan kenaikan pendapatan nasional bruto atau
GNI 
(
 gross national income
) (Smith, 2006).
 
Menurut Amartya Sen (1998) dalam Smith (2006), pembangunan harus dipandangsebagai suatu proses multidimensional yang mencakup berbagai perubahan mendasar atas struktur sosial, sikap-sikap masyarakat dan institusi-institusi nasional disampingtetap mengejar akselerasi pertumbuhan ekonomi, penanganan ketimpangan pendapatan serta pengentasan kemiskinan sehingga pada hakikatnya pembangunanitu, harus mencerminkan perubahan total suatu masyarakat atau penyesuaian sistemsosial secara keseluruhan tanpa mengabaikan keragaman kebutuhan dasr dankeinginan individual maupun kelompok untuk bergerak maju menuju suatu kondisikehidupan yang serba lebih baik secara material maupun spiritual.Pembangunan ekonomi merupakan proses perubahan dari suatu tipe perekonomian menjadi tipe lain yang lebih maju (Hirschman,1970). Sedangkanmenurut Meier dan Baldwin (1964), pembangunan ekonomi adalah suatu proses,dengan proses dimana pendapatan nasional riel suatu perekonomian bertambahselama suatu periode waktu yang panjang. Kadang-kadang istilah pembangunanekonomi sering disamakan dengan modernisasi, westernisasi, serta industrialisasi(Sitohang,1970).Faktor-faktor yang dapat menghambat pembangunan ekonomi, diantaranyaadalah (1) pertumbuhan penduduk yang cepat, (2) sumberdaya alam yang tidak memadai, (3) pemanfaatan sumberdaya yang tidak efisien, (4) sumberdaya manusiayang tidak memadai (Lipsey, dkk, 1990). Konsekuensi dari adanya faktor-faktor  penghambat pembangunan ekonomi menurut Lipsey (1990) dapat menyebabkanadanya pengangguran di suatu negara. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, yaitu: (1) tanah dan kekayaan alam lainnya, (2) jumlah danmutu dari penduduk dan tenaga kerja, (3) barang-barang modal dan tingkat teknologi,(4) sistem sosial dan sikap masyarakat (Sukirno,1981).Menurut Undang-undang No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan,ditentukan bahwa yang dimaksud dengan ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama dan sesudah masakerja. Sukirno (1981) menyatakan bahwa masalah tenaga kerja merupakan salah satumasalah nasional yang cukup berat dan komplek. Rendahnya tingkat pendidikan danlemahnya perlindungan atau kesejahteraan masyarakat di suatu negara akanmempengaruhi kualitas tenaga kerja. Tenaga kerja yang berkualitas merupakan modalyang sangat berharga bagi pertumbuhan ekonomi.Menurut Smith (2006) terdapat hubungan antara kesempatan kerja dan permintaan pendidikan yakni dari sisi permintaan ada dua hal yang berpengaruhterhadap jumlah atau tingkat pendidikan yang diinginkan diantaranya harapan bagiseseorang seseorang yang lebih terdidik untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang lebih baik.
BAB IIIMETODE PENULISAN1. Jenis dan Sumber Data

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Cecep Nurjaman liked this
Aniesz Imoetz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->