Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Reformasi administrasi

Reformasi administrasi

Ratings: (0)|Views: 697|Likes:
Published by Tirta Aja

More info:

Published by: Tirta Aja on Aug 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/05/2010

pdf

text

original

 
TEORI ADMINISTRASIReformasi Birokrasi di IndonesiaBelum Sempurna
Disusun Oleh:NAMA: Fauzy YudistiraNIM: 08.11. 252DOSEN PENGAJAR: SUHU
SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINSTRASISATYA NEGARA PALEMBANG2010-2011
Reformasi Birokrasi di Indonesia hanya omongkosong
1
 
Oleh : Fauzy YudistiraPada saat awal terjadinya reformasi di Indonesia, salah satu agendapolitiknya adalah reformasi birokrasi dan reformasi birokrasi sangat eratkaitannya dengan reformasi administrasi khususnya di lembaga-lembaga milik pemerintah. Harus penulis akui ada beberapa departemendan lembaga pemerintah yang telah mereformasi lembaganya sehinggakinerjanya bisa dikatakan baik. Seperti Departemen pendidikan,Departemen kesehatan dan Dirjen Pajak yang mendapat penilaian baikdari dalam negeri maupun dari pihak luar.Sayangnya hanya sedikit lembaga pemerintah yang menerapkan danmelakukan reformasi administrasi secara sungguh-sungguh. coba andabandingkan pelayanan administrasi public yang dikelola swasta dengankantor pelayan public yang di pegang oleh pemerintah sangat jauhberbeda, baik dari sisi pelayan administrasi dan proseduradministrasinya. Penulis yakin pembaca pasti mempunyai pengalamanyang serupa dengan penulis. Pelayanan administrasi dan proseduradministrasi di kantor dan biro-biro pemerintah sangat rumit danberbelit-belit dan sudah tentu mahal karena banyak biaya-biaya silumanyang harus masyarakat bayar ke oknum-oknum pegawai dikantortersebut.Hal inilah yang menjadi perhatian dan menimbulkan rasa prihatinpenulis sehingga penulis membahas hal ini. Penulis akan membahassebuah lembaga pemerintah di kota palembang yang menjadi tempattinggal penulis. Departemen ini sangat familiar dimata masyarakatkarena departemen ini yang menjadi administrator. Pengawas daneksekutor dibidang yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Karenabesarnya wewenang diemban menjadikan oknum-oknum di lembagapemerintah ini menjadi lupa diri dan lupa tanggung jawab akan tugasdan kewajibannya Sebagai pegawai negeri.Anda pernah mengunakan angkutan kota atau bus kota, penulis yakinsemua orang di negara ini pernah naik angkutan kota maupun bus kota.Nah banyak angkot atau bus yang anda jumpai di kehidupan andasehari-hari. Semua angkutan umum baik di daratan, laut dan udaraberada dalam satu pengawasan yaitu departemen perhubungan. Penulisakan membahas tentang dinas perhubungan kota palembang khususnyadi divisi angkutan darat.Secara umum untuk dapat memperpanjang dan mengubah izin trayekangkutan kota (Angkot) harus memenuhi tiga persyaratan yaitu :
2
 
1.Persyaratan administrasi2.Perayaratan Teknis3.Membayar biaya perizinanPenulis mendapatkan source data dari website departemenperhubungan yaitu:1.Persyaratan Administrasi meliputi hal-hal sebagai berikut :a.Memiliki surat izin trayek yang masih berlaku.b.Memiliki kendaraan bermotor yang layak jalan dandibuktikan dengan buku uji (kir).c.Mempunyai tempat penyimpan kendaraan bermotordibuktikan dengan gambar atau foto lokasi penyimpanan.
d.
Menyerahkan surat keanggotaan Organda.2.Persyaratan Teknis meliputi dua hal yaitu:a.Memperlihatkan secara fisik kendaraan bermotorkepada petugas.b.Serta mengupayakan agar memberikan pelayanterbaik kepada penumpang.
3
Membayar biaya perizinan sebesar Rp.25000,- (Nasional)Namun kenyataan dilapangan sangat jauh berbeda dari aturan. Penulismempunyai pengalaman nyata akan proses perizinan di dinasperhubungan kota palembang. Kebetulan kelurga penulis mempunyaiangkot jurusan Kenten Laut - Pasar Kuto.
DISHUB KOTA
Penulis akan menceritakan pengalaman pertama penulis saatmemperpanjang izin trayek. Pada tahun 2005. Saat penulis memasukikantor dishub kota di pelabuhan 35 ilir palembang, di pintu gerbangterpampang papan reklame yang bertuliskan “ JANGAN MENGGUNAKANCALO Belum sempat penulis memasuki kantor tersebut penulisdicegat oleh petugas disana.Petugas itu menayakan ada kepentingan apa saya datang ke kantor ini.Lantas penulis utarakan maksud kedatangan saya untukmemperpanjang trayek angkutan kota milik keluarga penulis sertamenanyakan syarat-syarat apa saja yang harus di penuhi agar bisamemperpanjang trayek tersebut.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->