Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
40Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SEJARAH KESEHATAN MASYARAKAT

SEJARAH KESEHATAN MASYARAKAT

Ratings: (0)|Views: 4,220 |Likes:
Published by rakatsu

More info:

Published by: rakatsu on Aug 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/17/2013

pdf

text

original

 
SEJARAH KESEHATANSEJARAH KESEHATANMASYARAKATMASYARAKAT
By arieBy arie
 
Membicarakan kesehatan masyarakat Membicarakan kesehatan masyarakat tidak terlepas dari 2 tokoh metologitidak terlepas dari 2 tokoh metologi Yunani, yakni Asclepius dan Higeia. Yunani, yakni Asclepius dan Higeia.Berdasarkan cerita mitos Yunani tersebut Berdasarkan cerita mitos Yunani tersebut  Asclepius disebutkan sebagai seorang Asclepius disebutkan sebagai seorangdokter pertama yang tampan dan pandaidokter pertama yang tampan dan pandaimeskipun tidak disebutkan sekolah ataumeskipun tidak disebutkan sekolah ataupendidikan apa yang telah ditempuhnyapendidikan apa yang telah ditempuhnyatetapi diceritakan bahwa ia telah dapat tetapi diceritakan bahwa ia telah dapat mengobati penyakit dan bahkanmengobati penyakit dan bahkanmelakukan bedah berdasarkan prosedurmelakukan bedah berdasarkan prosedur--prosedur tertentu (surgical procedure)prosedur tertentu (surgical procedure)dengan baik.dengan baik.
 
Higeia, seorang asistennya, yang kemudianHigeia, seorang asistennya, yang kemudiandiceritakan sebagai isterinya juga telahdiceritakan sebagai isterinya juga telahmelakukan upayamelakukan upaya--upaya kesehatan. Beda antaraupaya kesehatan. Beda antara  Asclepius dengan Higeia dalam pendekatan / Asclepius dengan Higeia dalam pendekatan /penanganan masalah kesehatan adalah,penanganan masalah kesehatan adalah, Asclepius melakukan pendekatan (pengobatan Asclepius melakukan pendekatan (pengobatanpenyakit), setelah penyakit tersebut terjadi padapenyakit), setelah penyakit tersebut terjadi padaseseorang.seseorang.
Sedangkan Higeia mengajarkan kepadaSedangkan Higeia mengajarkan kepadapengikutnya dalam pendekatan masalahpengikutnya dalam pendekatan masalahkesehatan melalui "hidup seimbang",kesehatan melalui "hidup seimbang",menghindari makanan / minuman beracun,menghindari makanan / minuman beracun,makan makanan yang bergizi (baik), cukupmakan makanan yang bergizi (baik), cukupistirahat dan melakukan olahraga.istirahat dan melakukan olahraga.

Activity (40)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yakin Doank liked this
yusvera liked this
Ida Ajah liked this
Deph Dephii liked this
Dinda MuSlimah liked this
Izaki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->