Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman Bab 2

Rangkuman Bab 2

Ratings: (0)|Views: 3,794|Likes:
Rangkuman Bab 2 sejarah untuk anak IPA kelas 11
Rangkuman Bab 2 sejarah untuk anak IPA kelas 11

More info:

Categories:Types, Research, History
Published by: Jessica Felisa Nilam on Aug 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

 
Rangkuman Bab 2 – Jessica Felisa Nilam / XI Sci 2
Masa Kolonial di Indonesia
1.Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia
Faktor-faktor yang mendorong orang-orang Eropa mengadakan penjajahansamudera pada akhir abad ke-16:
Jatuhnya kota Konstantinopel ke tangan Turki Usmani atau Turki Ottoman
Kisah perjalanan Marco Polo ke dunia Timur, yaitu perjalanan kembalinyaMarco Polo dari negeri Cina melalui pelayaran atau lautan.
Penemuan Copernicus yang didukung Galileo, yang menyatakan bumi ini bulat
Penemuan kompas
Semangat
 Reconquesta
, yaitu semangat pembalasan terhadap kekuatanIslam di manapun yang dijumpainya.
a.Penjajahan Bangsa Spanyol
Colombus mempelopori pelaut-pelaut Spanyol lain untuk menjelajahi benuaAsia guna mencari rempah-rempah. Semua daerah yang direbut dan ditaklukkanoleh penjelajah itu dijadikan daerah jajahan bangsa Spanyol.Ferdinand Magelhaens banyak belajar dari pengalaman Colombus. Iamengatakan bahwa wilayah Hindia hanya dapat ditemukan melalui ujungAmerika bagian selatan. Magelhaens memulai pelayarannya pada tahun 1519.Pada tahun 1520, Magelhaens tiba di Filipina dan mendirikan tugu peringatanyang juga menyatakan bahwa daerah itu milik raja Spanyol. Karena keadaan diFilipina sedang kacau, Magelhaens terbunuh dan digantikan oleh Sebastiand’Elcano. Sebagai pemimpin berikutnya, d’Elcano melanjutkan pelayaransampai ke Maluku pada tahun 1521. namun Maluku sudah terlebih dahuludiduduki oleh bangsa Prtugis pada tahun 1512. b.
Penjajahan Bangsa Portugis
Bartholomeus Diaz berniat untuk berlayar ke timus untuk mencari rempah-rempah, namun pelayarannya hanya sampai di ujung Afrika Selatan. Hal inidisebabkan kapal-kapal Diaz tidak berhasil melewati gelombang besar ombak Samudera Hindia. Diaz menamakan tanjung itu Tanjung Harapan.Setelah mendengar bahwa Colombus telah berhasil menemukan Amerika, rajaPortugis mengirimkan Vasco de Gama untuk melakukan ekspsdisi. Vasco deGama berhasil mendarat di Kalkuta dan mendapat benyak rempah-rempah darisana. Bangsa Portugis belum merasa puas dan ingin mendapatkan rempah-rempah dari pusatnya.
 
Rangkuman Bab 2 – Jessica Felisa Nilam / XI Sci 2Dari India, Portugis mengirimkan pasukan dibawah pimpinan Alfonsod’Alburquerque untuk mengikuti perjalanan para pedagang Islam. Pada tahun1511, Portugis berhasil menduduki Maluku. Ternyata di Maluku sedang ada perlawanan antara Ternate dan Tidore. Ternate mendapat bantuan dari Portugis,sedangkan Tidore mendapat bantuan dari Spanyol. Secara tidak langsung terjadidua peperangan sekaligus, antara Ternate-Tidore dan Portugis-Spanyol.Untuk menyelesaikan pertikaian Portugis-Spanyol, dilakukan
PerjanjianSaragossa (Zaragoza)
yang berisi:1.Bumi dibagi atas dua pengaruh, yaitu pengaruh bangsaSpanyol dan Portugis.2.Wilayah kekuasaan Spanyol membentang dari Mexicosampai Filipina dan wilayah kekuasaan Portugis membentangdari Brazillia sampai Maluku.Pada tahun 1511, Malaka pun berhasil direbut oleh Portugis di bawah pimpinanAlfonso d’Alburquerque, begitu pula dengan kerajaan Malaka. Di Ternate, bangsa Portugis berusaha merebut perdagangan cengkeh dan pala. Akan tetapi pada usahanya itu, bangsa Portugis melanggar perjanjian dengan Sultan Ternate.Bangsa Portugis berusaha untuk menguasai Maluku agar dapat memonopoli perdagangan di sana. Namun tindakan mereka sewenang-wenang dan kejamterhadap penduduk, sehingga menimbulkan pertentangan antara bangsa Portugisdengan penduduk setempat. Bangsa Portugis membunuh Sultan Hairun dariKerajaan Ternate, dan berhasil diusir pada masa kepemimpinan putra SultanHairun, Baab Ullah, pada tahun 1575.Salah satu tujuan penjajahan bangsa Portugis yaitu untuk menyebarkan agamaKatolik pada daerah-daerah yang dijajahnya. Agama Katolik di Ambondisebarkan oleh seorang misionaris bernama Fransiscus Xaverius. Selain itu, bahasa Portugis pun turut memperkaya jumlah kata-kata dalam bahasaIndonesia. Musik keroncong ternyata juga berasal dari seni musik Portugis.c.
Penjajahan Bangsa Belanda
Perdagangan rempah-rempah yang dilakukan oleh Portugis berpengaruh besar  pada Belanda.pedagang Belanda mengalami kesulitan untuk mendapatkanrempah-rempah sejak mereka tidak diperbolehkan untuk pergi ke Lisboa. Makadari itulah Belanda berusaha untuk mencari rempah-rempah sendiri ke timur.Pada tahun 1596, Belanda berhasil membawa kembali rempah-rempah dariBanten di bawah pimpinan Cornelis de Houtman. Setelah keberhasilannya itu,semakin banyak pedagang Belanda yang datang ke Indonesia dan menyebabkan persaingan, sehingga dibuatlah kongsi dagang Ba\elanda bernama VOC yangmerupakan persekutuan dagang Hindia Timur.
 
Rangkuman Bab 2 – Jessica Felisa Nilam / XI Sci 2Keberadaan VOC mendesak keberadaan Portugis dan akhirnya lenyap dariaktivitas monopoli perdagangan. Pada akhir abad ke-18 VOC mengalamikemunduran karena utang yang menumpuk, persaingan dagang dengan Perancisdan Inggris, penduduk yang semakin miskin, banyaknya pedagang gelap, pegawai-pegawai yang korupsi, dank arena terlalu banyak mengeluarkananggaran.Selama masa kekuasaannya di Indonesia, rakyat Indonesiaseringkalimengadakan perlawanan terhadap pemerintahan colonial Belanda, yaitu:
*
Perlawanan terhadap VOC
*
Perlawanan Pattimura (1817)
*
Perang Padri (1821-1837)
*
Perang Diponegoro (1925-1830)
*
Perang Banjarmasin (1859-1863)
*
Perang Bali (1846-1868)
*
Perang Sisingamangaraja XII (1870-1907)
*
Perang Aceh (1873-1906)d.
Penjajahan Bangsa Inggris
Pada abad ke-18 para pedagang Inggris sudah banyak berdagang di Indonesia,sekaligus menjadi saingan VOC, karena Inggris selalu mengancam kedudukanBelanda semenjak Belanda menjadi sekutu Perancis.Gubernur Jenderal Lord Minto yang sedang menduduki Kalkuta membentuk ekspedisi untuk memperebutkan daerah-daerah kekuasaan Beanda di Indonesia,dan pada tahun 1811 Thomas Stanford Raffles berhasil melakukannya.Pasukan Inggris tidak mengalami kesulitan merebut kekuasaan Belanda karenaBelanda juga mendapat serangan dari raja-raja Jawa. Sejak tahun itu Indonesiamenjadi daerah jajahan EIC (
 East Indian Company
), badan perdagangan Inggrisyang berpusat di Kalkuta. Untuk bagian Indonesia, Lord Minto mengangkatRaffles sebagai pemegang pemerintahan.Kekuasaan Inggris di Indonesia bersifat menindas pemduduk Indonesia.Hubungan Indonesia-Eropa dikuasai Inggris. pada tahun 1812, Sultan Sepuhmenentang pemerintahan Inggris. Raffles memperalat Pangeran Notokusumountuk mengetahui gerak-gerik Sultah Sepuh, sehingga ia ditangkap dandiasingkan. Sultan Hamengku Buwono pun dipaksa untuk menyerahkankekuasaannya kepada Pangeran Notokusumo.Raffles membagi daerah Jawa menjadi 16 bagian untuk mempermudah pemerintah melakukan pengawasan terhadap daerah-daerah yang dikuasainya.Selain itu, Raffles juga mengganti dasar pengadilan menjadi dasar pengadilanInggris.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rully Ramdhan liked this
Tri Pramudya liked this
Stefan Hartono liked this
Haunata Wenas liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->