Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
128Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH MANAJEMEN PEMASARAN

MAKALAH MANAJEMEN PEMASARAN

Ratings: (0)|Views: 16,378 |Likes:
Published by gunawan1

More info:

Published by: gunawan1 on Aug 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as RTF, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
MAKALAH MANAJEMEN PEMASARAN LANJUTAN
NAMA: GUNAWANNPM : 08020002
STRATEGI GRUP ORANG TUA DAN ABCMEMBANGUN PASAR 
DAFTAR ISI
Pendahuluan …………………………………………………………A. Company Profile……………………………………………...B. Strategi Perluasan Perusahaan ………………………………..C. Strategi Keberhasilan …………………………………………D. Inovasi Orang Tua dan ABC …………………………………E. Pembangunan Merek-merek GOT dan ABC …………………F. Komunikasi Merek GOT dan ABC ……………………………G. Fokus Usaha ……………………………………………………H. Distribusi GOT dan ABC ………………………………………I. Visi ………………………………………………………………J. Produk-produk GOT dan ABC yang Mendominasi Pasar ………Kesimpulan ……………………………………………………………Daftar Pustaka …………………………………………………………
PENDAHULUANLATAR BELAKANG
 
 Bila kita melihat ke pasaran, kita akan menemukan banyak sekali produk-produk baik  yang buatan negeri sendiri maupun produk buatan perusahaan asing.
Karena persainganyang umumnya sangat ketat, biasanya tidak semua produk itu akan berhasil di pasaran.Apalagi untuk produk-produk dalam negeri sendiri yang biasanya sangat sulit untuk bersaingdengan produk asing tersebut.Dari banyaknya produk-produk dalam negeri, umumnya hanya sedikit saja atau hanyasebagian kecil saja yang mampu menguasai pasar dan bertahan di negeri sendiri. Kalaupunada produk yang mampu bertahan, biasanya hanya mampu menguasai market share yangsangat kecil. Perusahaan domestik kebanyakan kalah oleh perusahaan asing yang tentu sajamemiliki modal yang besar untuk mengembangkan merek dan produk mereka untuk menarik konsumennya.
Dari sebagian kecil perusahaan domestik yang mampu bertahan di pasaran dancukup memiliki market share yang besar misalnya Grup Orang Tua dan ABC.
Perusahaan yang berkembang dari usaha kecil skala rumahan yang pada akhirnya mampu berkembang menjadi perusahaan yang cukup dipertimbangkan. Grup Orang Tua dan ABCmemiliki produk-produk yang bisa menjadi pesaing besar bagi perusahaan asing yang adaIndonesia.
Grup perusahaan ini adalah salah satu contoh perusahaan kecil yang akhirnya bisaberkembang menjadi perusahaan yang besar yang bisa berkembang sampai ke mancanegara.
Pada kesempatan ini saya ingin memaparkan bagaimana grup ini bisa berhasilmembesarkan perusahaan mereka sehingga bisa sampai seperti sekarang. Bagaimana strategiyang diterapkan oleh Grup ini sehingga mereka bisa berhasil. Juga bagaimana grup ini bisa bertahan di pasaran sampai sekarang.
A. Company Profile
Grup Orang Tua dan ABC tadinya hanya bermula dari usaha skala rumahan. Bermuladi Medan Sumatera Utara yang berdiri pada tahun 1948. Sekarang usaha dari grup ini telah berkembang secara luas bahkan telah menyebar sampai ke manca negara.
Grup Orang Tua dan ABC merupakan bisnis keluarga yang dikembangkan olehkeluarga Djojonegoro.
Bisnis ini dimulai oleh dua bersaudara Chandra Djojonegoro (ChuSam Yak) dan Chu Sok Sam yang keduanya berasal dari Medan. Mereka pindahn ke
 
Semarang pada 1948 dan bekerja sama dengan Lim Kok Liang, Lim Tong Chai, dan Lim MiaChuan untuk memproduksi anggur Tjap Orang Tua di bawah bendera NV HandelMaatchappiij May Lian & Co di Semarang. Perusahaan itulah yang menjadi cikal bakal berdirinya GOT dan kemudian Grup ABC.
 Perusahaan ini mulai berkembang secara pesat setelah perusahaan dipegang oleh generasi kedua dari keluarga ini.
Generasi kedua yang menjalankan bisnis ini adalah putraChandra Djojonegoro yaitu Husain Djojonegoro dan Pudjiono Djojonegoro yang memimpingrup ABC untuk produk batu baterai. Di bisnis minuman energi dan kesehatan, Husainmengelola dua merek yaitu kratingdaeng dan You C-1000. Sepupu Husain, Kogan Mandala juga ikut mengelola produk sirup, kecap, saus, dan minuman sari buah dengan merek ABC di bawah bendera PT Heinz ABC.Sedangkan untuk grup Orang Tua dipimpin oleh Hamid Djojonegoro yang merupakan putra Chandra yang lain. Produk-produk yang dikelola mencakup consumer goods, yaitutoiletries, minuman kesehatan, biskuit, dan jelly. Untuk menangani distribusi produk-produk GOT, Hamid mendirikan perusahaan distribusi PT Arta Boga Cemerlang.Perusahaan ini yang tadinya hanya berskala rumahan ini sekarang telah meraksasadan berhasil bertahan di pasar Indonesia bahkan telah berkembang ke manca Negara. Grupkeluarga ini sekarang diperkirakan telah membawahi sekitar 50 perusahaan. Yangkesemuanya ada di bawah komando grup Orang Tua dan ABC.
Berikut ini adalah perusahaan-perusahaan yang ada di bawah komando GOT dan ABCPohon bisnis keluarga Djojonegoro (Grup Orang Tua dan ABC)Investasi
PT Anugerahtama Swadayamandiri P Artaduta Adipura PTDjojonegoro Aditunggal PT PacificTunggal Sejati PT Sinarmutira Halim PTTrimuktiNusantara Prima PT TrijayaFajarcemerlang PT WisesaHalimmandiri
Makanan dan Minuman
 
PT ABCPresident Enterprise Indonesia
 
PT AsiaHealth Energy Beverages
 
PT AsiaSejahtera Perdana Pharmaceutical
 
PTAsiatic Union Perdana PT Darmex Oil andfats
 
PT Embase Prima Food
 
PT HeinzABC Indonesia
 
PT Indo Evergreen AgroBusiness Corp.
 
PT Panganmas Inti PersadaPT Perindustrian Bapak Djenggot
 
PTSidoarjo Ciptanusa Food Industry
 
PT UltraPrima Pangan Makmur 
 
PT Uni Djaja
 
PT

Activity (128)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Casrika Asrii liked this
henni_hj liked this
naim157 liked this
Salman Muttaqin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->