Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
13Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
budaya kerja

budaya kerja

Ratings: (0)|Views: 4,278|Likes:
Published by smkn1mataram

More info:

Published by: smkn1mataram on Aug 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/15/2012

pdf

text

original

 
 KATA PENGANTAR 
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan ridhoNyaPenulis dapat menyusun Modul Budaya Kerja, untuk tingkat I Sekolah MenengahKejuruan pada program keahlian sekretaris, modul ini diharapkan sebagai penunjang bahan ajar. Mengingat begitu sulitnya mendapatkan bahan ajar yang memadai padaSMKN 1 Mataram Khusus mata diklat Budaya Kerja. Modul ini, masih jauh darisempurna oleh karenanya dengan segala kerendahan hati penulis menerima saran dankeritik yang bersifat membangun untuk penyempurnaan selanjutnya dikemudian hari.Akhirnya penulis, taklupa juga mengucapkan banyak terimakasihkepada : 1. Bapak Drs. I Wayan Pura Yasnawan2. Ibu Dra. Ny. Sukinayang telah banyak membantu dalam penyusunan modul ini.Semoga modul ini bermanfaat bagi para peserta didik, khususnya pada programkeahlian sekretaris.Mataram, Februari2006Penyusun,(Siti Aisyah, H.A.B.A) 
BUDAYA KERJA
Uraian Materi
Modul Budaya Kerja
1Kode : I BSADMGA :
A
D02
 
A.Landasan Hukum Budaya Kerja: 
1.Ketetapan MPR no. II/MPR/1978 tentang Pedoman Penghayatan danPengamalan Pancasila.2.Ketetapan MPR no. II/MPR/1988 Tentang Garis Besar Haluan Negara,Repelita V.3.Undang-undang no. 8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian.4.Peraturan Pemerintah no. 30 tahun 1980 tentang disiplin pegawai negeri.5.Peraturan Pemerintah no. 6 tahun 1974 tentang pembatasan kegiatan pegawainegeri sipil dalam usaha swasta.6.Keputusan pemerintah R.I no 10 tahun 1974 tentang beberapa pembatasankegiatan pegawai negeri sipildalam rangka pendaya gunaan aparatur negaradan kesederhanaan hidup.
B.Tujuan budaya Kerja: 
Dalam GBHN1988 dinyatakan bahwa masyarakat indonesia harus memiliki sifatantaralain: tangguh, cerdas, terampil, memiliki rasa kesetiakawanan, kerja keras,hemat, produktif, disiplin, serta berorientasi kemasa depan untuk menciptakankehidupan yang lebih baik.
C.Sifat Budaya Kerja: 
Adapun sifat budaya kerja dapat diuraikan sebagai berikut:1.Nasional:Budaya kerja yang bersifat nasional tidak lain adalah pancasila(P4),pedoman penghayatan dan pengamalan pancasila.2.Regional/sektor:Tiap daerah memiliki budaya kerja tertentu, demikian pula tiap sektor mempunyai budaya kerja tersendiri karena sifat kegiatannya,meskipun berlainan namun tiap budaya kerja menghasilkan yang menyangkutsemangat kerja.3.Lokal:Hampir setiap tempat dalam masyarakat itu mampunyai kebiasaan dantradisi yang mewarnai semangat kerja dilingkungannya yang patutdiungkapkan.
D.Penyusunan Program Budaya Kerja
1.Komitmen Pimpinan.Pimpinan departemen/lembaga/daerah sampai unit yang terkecilharusmempunyai semangat terpanggil untuk melaksanakan budaya kerjadengansungguh-sungguh dalam upaya mencapai produktifitas kerja yang tinggisehingga pemimpin tersebut akan menjadi pelopor dan pendorong semangatkepada bawahannya untuk bekerja lebih baik dan sistim baru yang lebih baik. pemimpin dapat membentuk kelompok minat untuk merencanakan danmelaksanakn budaya kerja agar sesuai dengan lingkungan kerja yang bersangkutan.
E.Prioritas Budaya Kerja.
Perioritas diberikan kepada kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan kepadamasyarakat seperti pengawasan analisis kebijaksanaan, mutu pendidikan, latihandan lain-lain.Prioritas ini diikuti dengan strategi misalnya menerima dan memberi informasidari masyarakat, memberikan penghargaan kepada yang berprestasi, menghukum
Modul Budaya Kerja
2
 
 bagi yang melanggar hukum dan disiplin. Pendidikan dan latihan yangmenyangkut pembinaan mental dan ketarampilan.
Lingkup Belajar :
1. Mengenali Prosedur kerja / Budaya Kerja.- Prosedur kerja- Mengindentifikasi lingkungan kerja- Perubahan prosedur kerja.
F.Pengertian Dan Istilah
Menurut “Budi Paramita” dalam majalah manajemen Usahawan Indonesiaedisi November 1986, bahwa budaya kerja adalah kelompok pikiran dasar atau program mental yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efesiensi kerjadan kerja sama manusia yang dimiliki oleh suatu golongan masyarakat.
Salah Satu aspek penyempurnaan perilaku pegawai dalam menujuterwujudnya manusia Indonesia yaitu pengungkapan pembangkitan, pemeliharaan, penyebarlusan, dan penularan sikap daerah kerja yang selalimenginginkan perbaikan sikap gairah kerja yang membudaya itulah yangdiistilahkan budaya kerja.
Budaya kerja merupakan pedoman hidup yang didasari oleh pandangan hidupsebagai nilai-nilai yang menjadi sifat kebiasaan dan kekuatan pendorong yangmembudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat/organisasi, yangkemudian tercermin dalam perilaku, kepercayaan, cita-cita pendapat dantindakan yang terwujud sebagai kerja atau bekerja.
Menurut George Thomason dalam bukunya A Text Book Of HumanResources Management, Kerja adalah proses penciptaan nilai pada suatu unitsumberdaya ,sedangkan Etos Kerja adalah nilai kerja setiap niala yangdihasilka (out put) melalui sebagai peroses (through put) dan nilai yangdirasakan oleh pembeli atau penerima melalui penggunaan atau penikmatannya (out come) dalam bentuk nilai baru, nilai tambah atau nilailebih.Budaya kerja sebelumnya telah ada pada diri manusia dankelompoknya.Walaupun begitu, untuk mengelolanya secara lebih bermanfaat,maka dipergunakanlah tehnik-tehnik manajemen industri yang diterapkan dilingkungan aparatur pemerintah.
G.Falsafah Budaya Kerja
Budaya kerja merupakan pedoman hidup yang didasari oleh pandangan hidupsebagai nilai yang telah menjadi sifat kebiasaan dan kekuatan pendorong yangmembudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat/organisasi yangkemudian tercermin dalam perilaku, kepercayaan, cita-cita, pendapat, dantindakan yang terwujud sebagai “Kerja atau Bekerja”.
H.Manfaat Budaya Kerja
Memperkenalkan budaya kerja dalam administrasi pemrintah mempunyai artiyang sangat dalam yaitu turut mengubah perilaku aparat pemerintah dalam upayamencapai produktifitas kerja yang lebih rinci.Manfaat budaya kerja antaralain adalah:1.Menjamin hasil kerja dengan kwalitas baik.2.Membuka seluruh komunikasi, keterbukaan cepat menemukan kesalahan dancepat memperbaikinya.
Modul Budaya Kerja
3

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Yulfarida Ayul liked this
Akil Ladzinrank liked this
Linda Sari liked this
Surokom Kokom liked this
Ima Naima liked this
Al Fiyan Fiyan liked this
Muslihin Hilim liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->