Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
JUKLAK KEGIATAN RAMADHAN

JUKLAK KEGIATAN RAMADHAN

Ratings: (0)|Views: 1,353 |Likes:
Published by lipga
GEBYAR III Ramadhan 1431H/2010
GEBYAR III Ramadhan 1431H/2010

More info:

Published by: lipga on Aug 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2013

pdf

text

original

 
- 1 -
JUKLAK(PETUNJUK PELAKSANA)GEBYAR RAMADHAN & ANEKA LOMBA KE-III TAHUN 2010
I.
 
PENDAHULUAN
Kata puasa berasal dari Bahasa Sansekerta. Menurut Bahasa Arab, puasaberasal dari kata shaum atau syiam. Menurut Bahasa Indonesia, puasa artinyamenahan diri. Kata menahan diri mencakup beberapa makna, seperti menahandiri tidak makan dan minum serta tidak melakukan hubungan suami istriselama waktu tertentu. Puasa sendiri dikenal oleh seluruh bangsa di dunia,seperti Indonesia, Mesir kuno, Tionghoa, Tibet, Arab, dan sebagainya, jugadilakukan oleh hampir seluruh penganut agama, baik Katholik, Kristen,Hindhu ataupun Budha.Puasa menurut Islam lebih universal, dan bukan hanya sekedar menahandiri dari makan dan minum, namun juga menahan diri dari semua hal yangdilarang oleh Allah, seperti contoh bertahan dari godaan maksiat danmenjauhi perbuatan keji, juga menjauhi perbuatan yang tidak terpuji lahir danbatin. Puasa di bulan Ramadhan, merupakan bulan untuk perenungan daninstropeksi mengenai perilaku diri, dan sekaligus mengakui kelebihan dariorang lain. Oleh karena sedang berpuasa, maka mulut akan terjaga dari kata-kata kotor, caci maki, mengumbar aib orang dan berusaha untuk tidakmenyakiti perasaan orang lain.Umat Islam diwajibkan menjalani puasa (Q.S.Al-Baqarah :183)denganpenuh kesadaran dan ketulusan, karena bulan Ramadhan adalah bulan yangpenuh berkah dari Allah. Setiap waktu luang yang ada selama menjalankanpuasa, dapat diisi dengan pertobatan atas dosa dan kesalahan yang telahdiperbuat, banyak berdoa dan berzikir juga bersedekah kepada fakir miskin,dan aktif dalam kegiatan keagamaan.Puasa sendiri merupakan suatu proses menjadi orang yang lebih bertakwakepada Allah. Maka dari itu, tidaklah benar bila kesempatan berpuasa sekalidalam setahun harus lewat begitu saja, karena kesempatan di bulan ini sangatbaik untuk memperkaya diri dengan mencari pahala sebanyak-banyaknya.Puasa bukanlah sekedar ibadah, namun juga banyak unsur penting didalamnya, seperti unsur sosial, sarana pembinaan mental, pengendali hawanafsu, pengontrol sifat tamak dan serakah, dan masih banyak lagi. Berikutbeberapa tabir hikmah di bulan Ramadhan :1.
 
Membangun hubungan keluarga yang harmonis.
Membina hubunganharmonis dalam keluarga sebagai contoh makan sahur dan berbukabersama-sama, kemudian bersama-sama sholat tarawih ke Masjid.
 
- 2 -
Kemudian puasa dapat mendekatkan hubungan antara anak dengan keduaorang tuanya, atau suami istri, atau adik dengan kakaknya. Hubunganyang harmonis juga dialami oleh para ibu-ibu yang berkarir, namun samasekali tidak mengabaikan anak dan suaminya.2.
 
Menjalin ukhuwah.
Dengan ibadah puasa diharapkan akan lahir jiwa yangtulus dan sifat kebersamaan. Hal ini dikarenakan rasa ukhuwah yangditimbulkan oleh ibadah puasa ini, diharapkan orang yang kaya hatinyaakan tersentuh untuk membantu sesamanya, dengan membagi danmengeluarkan sebagian kekayaannya. Jika sudah terbiasa berbagi denganniat yang tulus, maka secara mental, akan mempu menghadapi berbagaicobaan.
3. Melatih............................
3.
 
Melatih disiplin.
Menghargai waktu bukan berarti harus bekerja tanpamengenal waktu, tanpa istirahat dari kelelahan. Namun, adalah bagaimanabagaimana caranya membagi dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya,untuk bekerja dan istirahat. Selain itu, diperlukan perencanaan, disiplintinggi, dan perhitungan yang matang dalam bekerja sehingga hasilnyadapat maksimal.
II.
 
MAKSUD DAN TUJUAN
1.
 
Terwujudnya masyarakat, generasi muda pelajar dan mahasiswa Islamyang memiliki kualitas keimanan yang tinggi, kepemimpinan yang handal,peka, dan kemampuan untuk mencetak generasi berpedoman Al-Qurandan Sunnah.2.
 
Meningkatkan pemahaman pelajar mengenai kepribadian Rasulullah SAWsehingga mampu meneladaninya.3.
 
Menjadikan Ramadhan sebagai bulan pengkaderan hati dan jiwa pelajar4.
 
Mempererat tali silaturahmi antara elemen-elemen dan organisasi pelajar5.
 
Menarik para pelajar untuk aktif meramaikan masjid dengan aktivitasibadah dan kajian keilmuan.6.
 
Menambah ilmu Islam sesuai syariat
III.
 
BENTUK KEGIATAN
1.
 
Pesantren Kilat (Penyampaian Materi, Belajar Bernyanyi, Praktek Doa-Doa& Surat-Surat Pendek, Simulasi & Games)2.
 
Tausiah (Mengenal Allah, Motivator diri dan Melihat siapakah diri kita)3.
 
Nonton Bareng Film-Film Nuansa Islam4.
 
Perlombaan 1). Ceramah, 2). Asmaul Husna, 3). Surat-Surat Pendek, 4) Do’aTolak Bala & Do’a Pikiran Terang , 5). Cerdas Cermat Agama, 6). DebatKelompok, 7). Lagu-Lagu Islam, dan 8). Yel-Yel Kelompok5.
 
Buka Puasa Bersama dan Pembagian Hadiah
 
- 3 -
IV.
 
WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan mulai tanggal 15 s/d 26 Agustus 2010Masehi atau 5 s/d 16 Ramadhan 1431 Hijriah (12 Hari) bertempat di GedungSMK Negeri 1 Takengon Lantai III
IV. PELAKSANA
Panitia Bersama (Mewakili LSM LIPGA, PMPAT, BEM Al-Washliyah,HIMMAH, OSIS Tingkat SLTP DAN SLTA Sederajat Se-Kabupaten AcehTengah)
VII. PESERTA
Peserta dalam kegiatan ini adalah Pelajar SLTP dan SLTA Sederajat Se-Kabupaten Aceh Tengah (15 SLTA Sederajat dan 10 SLTP sederajat)
VIII.
 
ANGGARAN BIAYA
Terlampir
IX.
 
SUSUNAN PANITIA DAN MENTOR
Terlampir
X. TUGAS........................X.
 
TUGAS DAN FUNGSI PANITIA DAN MENTOR
Terlampir
XI.
 
DAFTAR PERLOMBAAN DAN SYARAT-SYARATNYA
Terlampir
XII.
 
TAME SCHEDULLE PANITIA
Terlampir
XIII.
 
 JADWAL KEGIATAN
Terlampir
XIV.
 
PENUTUP
Proposal ini tentu sarat kesalahan dan kekurangan, sesuai denganketerbatasan yang kami punya. Tetapi dengan segenap kerendahan hati kamiberharap ada petunjuk atau arahan yang lebih praktis dan pragmatis untukkami jadikan acuan ke depan. Dan jika mendapat kepercayaan untukmengimplementasikannya, maka segenap daya dan kemampuan yang ada akankami kerahkan untuk mempertanggungjawabkan kesanggupan itu. Sekali layarterkembang, pantang kami surut ke belakang.

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
ridwanhak liked this
Aliem Mudien liked this
Zakiyah Sungkar liked this
Miftahul Hidayah liked this
Nur Kholiq liked this
Nuruzzaman Azam liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->