Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
14Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sistem Komputer

Sistem Komputer

Ratings: (0)|Views: 622 |Likes:

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Indah Dwijayanthi Nirmala on Aug 12, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/25/2012

pdf

text

original

 
I. Pendahuluan
Sama-sama kita ketahui bersama, teknologi telah berkembang dengan cepatnya, padakala tertentu terjadi berbagai perubahan yang cukup signifikan mengenai pandangan orangterhadap teknologi, walaupun secara esensi teknologi tersebut masih pada kerangka acuanyang ada. Misalnya pada zaman sebelum tahun 2000, orang umum masih memandang sebuahkomputer adalah mesin yang biasanya terletak pada sebuah meja dimana pada meja tersebutterdapat keyboard , monitor dan CPU . Atau lebih dikenal dengan Personal Computer .Disamping itu, orang masih membedakan antara komputer dengan handphone , mesin fax ,pemutar video, sound system, mesin fotocopy dan lain sebagainya. Namun dalamperkembangannya perangkat tersebut semakin sulit untuk dibedakan. Agar pembahasan kitalebih mendalam tentang sistem komputer ini, sebaiknya kita membahas dulu apa yangdimaksud dengan sistem dan komputer itu sendiri.Komputer yang kita kenal saat ini adalah hasil pengembangan teknologi elektronikadan informatika sehingga bentuk komputer yang asalnya berukuran besar dan makan tempat,sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan besar. Kemajuan industri komponenelektronika IC (integrated circuit) telah mendorong terciptanya berbagai perangkat chip ICyang beragam dan mendukung berbagai keperluan pembuatan produk elektronik. Kemajuanteknologi elektronika tidak terlepas dari adanya kemajuan di bidang pengetahuan danpengolahan bahan semikonduktor khususnya silikon. Penerapan sistem komputer saat inidapat dilihat dalam berbagai bidang sepertidi bawah ini.Dalam dunia hiburan, dunia anak-anak telah lama mengenal alat permainan gameyang dikendalikan oleh sistem komputer. Di bidang industri, komputer telah dipergunakanuntuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi (misalnya CNC, sebuahmesin serba guna dalam industri metal) sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industrilogam yang bervariasi dan akan sulit dikerjakan apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen yang dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnyaperusahaan topi bodir dapat memproduksi topi dengan kualitas gambar bordir yang seragamdalam jumlah banyak dalam waktu singkat.Di perusahaan dagang seperti departement store telah dipergunakan mesin cashregister (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebutdapat dikontrol oleh pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya saja.Di bidang pendidikan, selain digunakan sebagai alat bantu ajar, banyak peralatanlaboratorium yang dilengkapi dengan komputer sehingga alat tersebut dapat bekerja lebih
 
teliti dan dapat mengatasi kendala dan hambatan indra manusia. Dari bidang pendidikan danriset yang mempergunakan alat-alat tersebut dihasilkan berbagai hasil penelitian yangbermanfaat yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat.Dalam bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapidengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril. Contohnyaperusahaan Australia telah mengembangkan robot untuk keperluan bioteknologi ini.Banyak kendaraan terbaru yang telah dilengkapi dengan sistem komputer sehinggapenggunaan bahan bakarnya dapat diatur sedemikian rupa sehingga lebih efisien untuk sebuah perjalanan yang jauh. Bus-bus penumpang sudah dilengkapi dengan sistem kontrolkomputer dan sensor-sensor canggih sehingga mengendarai bus tersebut terasa lebih aman.Penerapan kontrol komputer yang tercanggih terdapat di pesawat terbang dan pesawatangkasa. Untuk dapat mengatasi berbagai kendala alam yang sulit dilakukan oleh seorangpilot secara manual, sebuah pesawat terbang dapat dikendalikan secara otomatis sehinggabisa terbang dengan selamat sampai tujuan.
 
II. Definisi Sistem Komputer
Sistem
 Secara sederhana sistem dapat diterjemahkan sebagai suatu kesatuan elemen yangsaling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuanpokok yang ditargetkan. Seperti disebutkan di atas, sistem tidak hanya melibatkan suatufungsi saja atau prosedur saja, namun merupakan suatu kesatuan dari semua hal yangdilibatkan untuk pekerjaan yang diinginkan dapat terlaksana dengan baik.
Komputer
 Komputer berasal dari bahasa latin dari kata Computare, yang berarti menghitung(dalam bahasa Inggris to compute). Secara umum defenisi komputer tersebut adalah suatuperangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah data menjadi informasi,menjalankan program yang tersimpan dalam memori, serta dapat bekerja secara otomatisdengan aturan tertentu.Mesin komputer bekerja berdasarkan arus listrik yang ada padanya. Disinilah dibuat suatuaturan tertentu bagaimana perintah manusia tersebut bisa diterjemahkan agar mesin bisamemahaminya. Mesin secara elektronik dapat memahami perintah ini dengan beberapaperintah dasar yang komputer tersebut miliki (instruction set). Manusia membuat perintah ke
 
komputer melalui sebuah program, dimana program ini berisi instruction set tersebut.Sehingga secara otomatis melalui program yang telah disusun tersebut komputer bisamengerti apa yang harus dikerjakannya.Dengan keterangan di atas, jelaslah bahwa wujud komputer tersebut bisa saja berupakalkulator , notebook , komputer pribadi , dan lain-lainnya. Komputer adalah hasil darikemajuan teknologi elektronika dan informatika yang berfungsi sebagai alat bantu untuk menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikanprogram analisis ilmiah, simulasi dan untuk kontrol peralatan.Bentuk komputer yang dulu cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program,sekarang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam.Perlengkapan elektronik (hardware) dan program (perangkat lunak/software) telahmenjadikan sebuah komputer menjadi benda yang berguna. Sebuah komputer yang hanyamemiliki perlengkapan elektronik saja atau software saja tidak akan berfungsi. Dengan adakeduanya maka komputer dapat berfungsi menjadi alat yang berguna.Komputer juga dapat dikembangkan untuk mengontrol peralatan mesin produksiataupun peralatan rumah tangga. Dengan menambah rangkaian elektronik buatannya, makakomputer biasa bisa dipergunakan untuk mengendalikan peralatan-peralatan industri danrumah tangga. Adanya kecenderungan pemanfaatan komputer untuk kontrol seperti inidengan dukungan teknologi chip IC telah memungkinkan orang membuat robot kecil yangberguna seperti robot kendaraan yang dipergunakan dalam misi ruang angkasa.
Sistem Komputer
 Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatuaktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusia(brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware).Seperti kita pahami bersama, sebuah mesin komputer tidak akan bisa bekerja dengansendirinya, mesin tersebut bekerja merupakan akibat adanya suatu kesatuan sistem yangterdiri dari:1. Brainware (manusia)2. Software (perangkat lunak)3. Hardware (perangkat keras)
 
Brainware
 Brainware adalah istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengansistem komputer. Manusia merupakan suatu elemen dari sistem komputer. Manusiamerancang bagaimana suatu mesin dapat bekerja sesuai dengan hasil yang diinginkannya.

Activity (14)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
masawang81 liked this
Randa Tama liked this
Evi Andri liked this
dokter_pc liked this
budi_shb liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->