Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
136Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Psikiatri Gangguan Afektif

Makalah Psikiatri Gangguan Afektif

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 5,810 |Likes:

More info:

Published by: yulia sari risnawati on Aug 13, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/19/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN1.1LATAR BELAKANG
Gangguan suasana perasaan (gangguan mood [afektif]) merupakansekelompok penyakit yang biasanya mengarah ke depresi atau elasi(suasana perasaan yang meningkat).
1
Pasien dengan mood yang meninggimenunjukkan sikap meluap-luap, gagasan yang meloncat-loncat, penurunan kebutuhan tidur, peninggian harga diri dan gagasan kebesaran.Pasien dengan mood yang terdepresi merasakan hilangnya energi danminat, perasaan bersalah, kesulitan berkonsentrasi, hilangnya nafsumakan, pikiran tentang kematian dan bunuh diri.
2
Keadaan afek yang meningkat dengan peningkatan aktivitas fisik dan mental yang berlebihan serta perasaan gembira luar biasa yang secarakeseluruhan tidak sebanding dengan peristiwa yang terjadi merupakankarakteristik dari mania. Bentuk mania yang lebih ringan disebuthipomania.Mania dan hipomania agak sulit ditemukan karenakegembiraan jarang mendorong seseorang untuk berobat ke dokter. Pada penderita mania sebagian besar tidak menyadari adanya sesuatu yang salahdengan kondisi mental maupun perilakunya.
3
Secara sederhana, depresi adalah suatu pengalaman yangmenyakitkan dan perasaan tidak ada harapan lagi. Pada saat ini, depresimenjadi gangguan kejiwaan yang sangat mempengaruhi kehidupan, baik hubungan dengan orang lain maupun dalam hal pekerjaan. WHOmemprediksikan pada tahun 2020, depresi akan menjadi salah satu penyakit mental yang banyak dialami masyarakat dunia.
4
Gangguan manik depresiatau yang lebih dikenal dengan gangguan bipolar adalah gangguan mood yang mempengaruhi sekitar 5.700.000orang Amerika. Gangguan ini memiliki ciri episode depresi dan manik yang bergantian. Gejala gangguan bipolar sangat bervariasi dan seringmempengaruhi keseharian individu dan hubungan interpersonal.Gangguan bipolar memiliki resiko bunuh diri yang besar.
5
1
 
Sindrom mania disebabkan oleh tingginya kadar serotonin padacelah sinaps neuron khususnya pada sistem limbik. Sedangkan padasindrom depresi terjadi defisiensi dari salah satu atau beberapaneurotransmiter 
aminergic
pada celah sinap neuron khususnya di sistemlimbik sehingga aktivitas reseptor serotonin menurun. Mekanisme kerjaobat antidepresan adalah dengan menghambat reuptake neurotransmiter 
aminergic
dan menghambat penghancuran neurotransmiter 
aminergic
olehenzim
monoamine oxydase
.
6
Episode mania atau hipomania pada gangguan bipolar dapatdiobati dengan cara yang sama dengan mania akut. Pada penderitagangguan bipolar sebaiknya diberikan obat yang dapat menstabilkansuasana hati misalnya
lithium
. Episode depresi diobati dengan cara yangsama pada depresi.
 
Sebagian besar obat antidepresan bisa menyebabkan perubahan depresi menjadi hipomania atau mania. Obat-obat tersebutdigunakan hanya untuk jangka pendek dan efeknya terhadap suasana hatiharus diawasi secara ketat. Jika terdapat tanda-tanda hipomania atau maniamaka obat antidepresan segera dihentikan. Psikoterapi bisa dilakukansecara individu maupun dalam suatu kelompok. Terapi kelompok membantu penderita dan pasangannya atau keluarganya untuk memahami penyakit yang dialami penderita dan mengahadapi penyakit tersebutdengan lebih baik.
3
Hampir pada semua kasus, gangguan bipolar mengalamikekambuhan. Terkadang perubahan suasana perasaan dari depresi kemania atau sebaliknya tanpa melalui periode suasana hati yang normalterlebih dahulu. Sekitar 15% penderita, terutama wanita, mengalami empatepisode atau lebih setiap tahunnya. Penderita yang sering mengalamikekambuhan, lebih sulit untuk diobati. Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah gangguan bipolar. Namun dengan mendapatkan perawatansecara dini pada awal gangguan kesehatan mental dapat membantumencegah gangguan bipolar atau kondisi kesehatan mental yang lebih buruk.
3
2
 
1.2.TUJUAN
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas ujian dalamKepaniteraan Senior Psikiatri Program Pendidikan Profesi FakultasKedokteran Universitas Diponegoro Semarang.
1.3.MANFAAT
Makalah ini diharapkan dapat memberikan manfat bagi mahasiswadalam memahami gangguan suasana perasaan (gangguan mood [afektif]),memahami etiologi dan patogenesis, manifestasi klinis, pemeriksaan statusmental, penegakan diagnosis, pengelolaan dan penatalaksanaan secaraefektif dan efisien serta menentukan prognosisnya.3

Activity (136)

You've already reviewed this. Edit your review.
Sofyan Radeon liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Fanny Ayu liked this
ruritriastuti liked this
eweed liked this
Firda Sofia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->