Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Struktur Bahasa Pemrograman

Struktur Bahasa Pemrograman

Ratings: (0)|Views: 1,957 |Likes:
Published by masbudiyono
Struktur Bahasa Pemrograman
Struktur Bahasa Pemrograman

More info:

Published by: masbudiyono on Aug 15, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

 
PEMROGRAMAN DAN SISTEM PENGEMBANGAN SOFTWARE
By : Budiyono, S. Kom
PEMROGRAMAN
-
 
Program adalah sekumpulan instruksi (perintah/command) yang disusun sedemikian rupa dengan logika yang tepatuntuk menyelesaikan suatu masalah.-
 
Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang tersusun secara logis untuk menyelesaikan suatu masalah.-
 
Program berisi kumpulan algoritma.-
 
Salah satu komponen komputer adalah hardware. Hardware hanyalah sebuah mesin yang tidak dapat melakukanapa-apa tanpa adanya program yang ada didalamnya. Untuk itulah dibutuhkan program untuk komputer (seringdikenal istilah software/
 perangkat lunak 
) sesuai dengan tujuan penggunaanya.-
 
Pemrograman adalah suatu kegiatan untuk membuat atau menyusun suatu program komputer (software).-
 
Hardware adalah peralatan elektronik yang hanya mampu menerima instruksi-instruksi dasar yang berupa keaadaanON(listrik mengalir) dan OFF(listrik tidak mengalir) instruksi ON disimbolkan dengan angka 1 dan instruksi OFFdisimbolkan dengan angka 0, dan jika disusun maka akan membentuk bahasa mesin atau angka biner, contohnya10010101001.-
 
Bahasa mesin sangat sulit dipahami oleh manusia namun sangat mudah dipahami oleh mesin, oleh karena itumanusia berusaha membuat suatu bahasa yang lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin, maka terciptalahbahasa ASSEMBLY, bahasa assembly merupakan bahasa simbol untuk bahasa mesin, contohnya adalah ADD (untukpenambahan), MUL(untuk perkalian), DIV(untuk pembagian), MOV(untuk memindah), dll.-
 
Betapapun bahasa assembly lebih mudah daripada bahasa mesin karena menggunakan kode teks, namun demikianbahasa assembly masih sangat sulit dipahami , oleh karena itu muncullah bahasa pemrograman tingkat tinggi danterstruktur, contohnya Fortran dan bahasa C. Pengembangan Bahasa C dipakai sampai saat ini contohnya adalahC++.-
 
Bahasa pemrograman terus berkembang, adapun yang banyak dipakai saat ini adalah bahasa Pascal berkembangmenjadi Delphi, Bahasa Basic berkembang menjadi Visual Basic.Net, C++ berkembang menjadi Visual C++.Net, Javadan lain-lain.
SISTEM PENGEMBANGAN SOFTWARE
Terdapat dua metode untuk membuat software, yaitu:1.
 
Pemrograman Terstruktur-
 
Suatu masalah dipecah kedalam masalah-masalah yang lebih kecil.-
 
Setiap sub-problem dipecahkan.-
 
Solusi dari semua sub-masalah digabungkan untuk memecahkan masalah.2.
 
Pemrograman Berorientasi ke Objek-
 
OOD: program adalah kumpulan dari objek yang berinteraksi.-
 
Objek berisi data dan operasi-operasi-
 
Tahapan dalam OOD:Identify objects, Form the basis of the solution, Determine how these objects interact
 
 PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
 
by: Budiyono, S. KomPendahuluan
Pada era tahun 1950-1960, kecepatan komputer sangat rendah dan disertai juga dengan keterbatasandari media penyimpan, sehingga tentunya berakibat juga dengan keterbatasan dalam penulisan program-program komputer. Namun di era saat ini, dengan kecepatan komputer yang cukup handal demikian jugaketersediaan dari media penyimpan yang cukup handal dan besar, serta didukung juga dengan perkembanganbahasa pemrograman yang ada sehingga kita dapatdengan mudah membuat suatu program. Permasalahan yang timbul dalam pembuatan programtersebut adalah bagaimana kita dapat memahaminya, sehingga apabila terdapat perubahan yang akandilakukan kita dapat memperbaikinya secara mudah. Hal ini tentu saja harus kita perhatikan terutama apabilakita melihat dari biaya yang harus dikeluarkan dalam pembuatan program tersebut.Istilah Pemrograman Terstruktur (Structured Programming) mengacu dari suatu kumpulan tehnik yangdikemukan oleh Edsger Dijkstra. Dengan tehnik ini akan meningkatkan produktifitas programmer, denganmengurangi waktu yang dibutuhkan dalam penulisan (write), pengujian (test), penelusuran kesalahan (debug)dan pemeliharan(maintain) suatu program. Pada pembahasan berikut ini kita akan melihat bagaimana tehnikini yang pendekatan yang dilakukan secara modular, dapat membantu kita dalam membangun suatu program.
Pemrograman Secara Modular
Dalam pemrograman secara modular, suatu program akan dipilah kedalam sejumlah modul, dimana setiapmodul menjalankan fungsinya sendiri. Tentunya fungsi yang dijalankan oleh setiap modul sangat terbatassesuai dengan ruang lingkup yang akan dikerjakan. Dengan adanya sejumlah modul program ini tentu sajakesalahan yang timbul dapat dikurangi. Setiap program tentu akan memiliki program utamanya, yangkemudian akan memanggil sejumlah modul-modul yang ada.
Implementasi dari pendekatan secara modular
Pemrograman secara modular ini dapat diimplementasikan dengan penggunaan
subroutine 
, suatu kelompokinstruksi yang menjalankan suatu pengolahan yang sifatnya terbatas seperti pencetakan, pembacaan untukproses input atau untuk proses penghitungan.Subroutine dapat dikelompokkan menjadi internal subroutine dan external subroutine, berikut inipenjelasannya:
 
Internal Subroutines
Adalah bagian dari suatu program yang digunakan. Dideklarasikan cukup sekali saja, untuk sejumlah prosesyang sama akan dilakukan oleh program tersebut. Program akan memanggil subroutines tersebut jikadiperlukan dan apabila telah selesai, kontrol selanjutnya dikembalikan ke instruksi berikutnya.Instruksi yang mengendalikan kontrol transfer ke suatu subroutine umumnya dikenal sebagai call dan return.
External Subroutines
Diletakkan secara terpisah dari program yang menggunakan subroutine tersebut. Subroutine ini dideklarasikansupaya bisa dipakai oleh program yang lain. Untuk menggunakannya tentu seorang programmer harusmengetahui dimana ? , apa namanya ?, bagaimana pengiriman datanya?, bagaimana jawaban yang akandiperoleh?. Subroutine ini biasanya digunakan untuk pemrosesan yang komplek, yang dibutuhkan oleh banyakuser.
Masalah Yang dihadapi dalam Pendekatan Modular
Masalah yang timbul misalnya tidak mengetahui modul mana yang harus digunakan, data apa yang harusdikirimkan dsb-nya. Hal ini dapat dimaklumi karena tugas seorang programmer tentu akan berbeda denganprogrammer yang lainnya. Oleh karena itu dalam tahap perencanaan fungsi-fungsi dari suatu modul harusdapat dimengerti secara jelas, dan tentu saja harus mengikuti suatu standar yang telah ditentukan.
TOP-DOWN PROGRAMMING
Pendekatan ini sangat berguna sekali dalam perencanaan suatu program bersifat modul. Dalam pendekatanini pertama-tama kita mendefinisikan modul untuk program utama, yang merupakan program yang pertamakali dieksekusi, memanggil modul yang lain dan kemudian menghentikan eksekusi program. Jika fungsi yangakan dikerjakan terlalu komplek, maka modul ini harus dipecah kedalam sejumlah modul-modul yang adadibawahnya.
Structure Charts
Digunakan sebagai alat bantu perencanaan dalam top-down programming. Sering juga disebut sebagaihierarchy/hierarchical/chart/visual table of content (VTOC). Tidak ada standar untuk structure chart dandigunakan untuk menggambarkan seluruh komponen yang ada. Bujur sangkar menggambarkan modul dandiidentifikasikan dengan sebuah angka, dimana angka nol untuk menandakan program utama (main program).Modul ini menggambarkankeseluruhan program dan ditandai oleh level-0, sedangkan dibawah adalah level-1 dan seterusnya.
Meng-identifikasi Modul
Nama modul adalah deskripsi singkat dari modul tersebut. Identifikasi dari sebuah modul juga memuat
angkanya. Sebagai contoh pada gambar modul “200 process transaction” mempunyai 5 buah fungsi
subordinat yaitu :- Reading transaction record- Reading master record- Updating inventory level

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mang Moel liked this
Alfin CrDraw liked this
Nurul Annisa liked this
R Daud Rahmadi liked this
Dzulfadly Asruni liked this
Antoni Sitinjak liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->