Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
83Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
gagal jantung kongestif /Congestive Heart Failure (CHF)

gagal jantung kongestif /Congestive Heart Failure (CHF)

Views: 9,986|Likes:
Published by mario
Congestive Heart Failure (CHF) adalah Keadaan abnormal dimana terdapat gangguan fungsi jantung yang mengakibatkan ketidakmampuan jantung dalam memompa darah keluar untuk memenuhi kebutuhan metabolik tubuh waktu, istirahat maupun aktivitas normal (Arita Murwani, 2008).
Congestive Heart Failure (CHF) adalah Keadaan abnormal dimana terdapat gangguan fungsi jantung yang mengakibatkan ketidakmampuan jantung dalam memompa darah keluar untuk memenuhi kebutuhan metabolik tubuh waktu, istirahat maupun aktivitas normal (Arita Murwani, 2008).

More info:

Published by: mario on Aug 16, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
Visibility:Private
See more
See less

04/28/2012

pdf

text

original

 
1
 
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang Masalah
Cronik Heart Failure (CHF) adalah Keadaan abnormal dimana terdapatgangguan fungsi jantung yang mengakibatkan ketidakmampuan jantung dalammemompa darah keluar untuk memenuhi kebutuhan metabolik tubuh waktu,istirahat maupun aktivitas normal (Arita Murwani, 2008).Berdasar perkiraan tahun 1989, di Amerika terdapat 3 juta penderita gagal jantung dan setiap tahunnya bertambah 400.000 orang. Walaupun angka-angkayang pasti belum ada untuk seluruh Indonesia, dapat diperkirakan jumlah penderitagagal jantung akan bertambah setiap tahunnya. Prevalensi gagal jantung di negara berkembang cukup tinggi dan makin meningkat. Oleh karena itu gagal jantungmerupakan masalah kesehatan yang utama. Setengah dari pasien yang terdiagnosisgagal jantung masih punya harapan hidup 5 tahun. Penelitian Framinghammenunjukkan mortalitas 5 tahun sebesar 62% pada pria dan 42% wanita(http://ceriwis.us/showthread.php?t=19422
 
).Heart failure atau gagal jantung merupakan salah satu penyakitkardiovaskuler yang menjadi masalah serius di Amerika. American HeartAssociation (AHA) tahun 2004 melaporkan 5,2 juta penduduk Amerika Serikatmenderita gagal jantung. Asuransi kesehatan Medicare USA paling banyak mengeluarkan biaya untuk diagnosis dan pengobatan gagal jantung. Di Indonesia,data dari Departemen Kesehatan tahun 2008 menunjukan pasien yang diopnamedengan diagnosis gagal jantung mencapai 14.449 (http://ervina riaulyimaligy.wordpress.com/)Data yang diperoleh dari rekam medik Rumah Sakit RK Charitasdiperoleh data prevalensi penderita CHF pada tahun 2008 sebanyak 114 orang,
 
2
 
sedangkan pada tahun 2009 meningkat menjadi 135 orang, dan pada periode bulanJanuari sampai dengan Juni 2010 berjumlah sebanyak 72 orang.Gagal jantung merupakan tahap akhir dari seluruh penyakit jantung danmerupakan masalah kesehatan dunia. Di Asia, terjadi perkembangan ekonomisecara cepat, kemajuan industri, urbanisasi dan perubahan gaya hidup, peningkatan konsumsi kalori, lemak dan garam; peningkatan konsumsi rokok;dan penurunan aktivitas. Akibatnya terjadi peningkatan insiden obesitas,hipertensi, diabetes mellitus, dan penyakit vaskular yang berujung pada peningkatan insiden gagal jantung.Berdasarkan dari uraian di atas dapat diketahui bahwa jumlah penderitagagal jantung (CHF) yang ada di Indonesia dan kota Palembang memiliki angka prevalensi yang cukup tinggi, oleh karena itu penulis melakukan pengkajianterhadap pasien dengan gagal jantung kronik dalam sebuah karya tulis ilmiahyang berjudul, ³Asuhan Keperawatan pada Tn.´P´ dengan Gangguan SistemKardiovaskuler; Cronik Heart Failure (CHF) di Pavilyun Yoseph I Kamar 1-1Rumah Sakit RK Charitas Palembang´.
B.
 
Ruang Lingkup Penulisan
Mengingat peran dan fungsi sebagai calon perawat serta karenaketerbatasan waktu yang penulis miliki maka dalam penulisan karya tulis ilmiahini penulis membatasi ruang lingkup masalah hanya pada Asuhan KeperawatanTn.´P´ dengan gangguan sistem Kardiovaskuler; Cronik Hearth Failure.Pengkajian ini hanya terbatas hanya pada satu orang klien saja yang dikajiselama tiga hari dari tanggal 13 Juli 2010 sampai dengan tanggal 15 Juli 2010 diPaviliun Yoseph I Kamar 1-1 Rumah Sakit RK. Charitas Palembang.
 
3
 
C
.
 
Tujuan Penulisan
1.
 
Tujuan Umum
 
Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan agar penulis menerapkan suatukonsep tentang Asuhan Keperawatan secara langsung kepada klien dengangangguan sistem Kardiovaskuler; Cronik Hearth Failure dengan metode pendekatan proses keperawatan.2.
 
Tujuan Khusus
 
Penulis diharapkan mampu :a.
 
Melakukan pengkajian keperawatan pada klien dengan gangguan sistemKardiovaskuler; Cronik Hearth Failure.
 
 b.
 
Merumuskan diagnosa keperawatan pada klien dengan gangguan sistemKardiovaskuler; Cronik Hearth Failure.
 
c.
 
Menyusun rencana keperawatan pada klien dengan gangguan sistemKardiovaskuler; Cronik Hearth Failure.d.
 
Melakukan pelaksanaan keperawatan pada klien dengan gangguan sistemKardiovaskuler; Cronik Hearth Failure.
 
e.
 
Melakukan evaluasi keperawatan pada klien dengan gangguan sistemKardiovaskuler; Cronik Hearth Failure.
 D.
 
Metode Penulisan
Dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah ini, metode penulisan yang penulisgunakan adalah metode deskriptif yaitu metode yang sifatnya menggambarkansecara objektif dimulai dari pengumpulan sampai evaluasi dan selanjutnyamenyajikan dalam bentuk narasi. Dalam penyusunan Karya tulis ilmiah ini penulis mendapatkan data melalui :a.
 
WawancaraWawancara dilakukan untuk mendapatkan data subjektif denganmenggunakan pertanyaan terbuka atau tertutup, penulis bertanya langsungkepada klien dengan demikian akan memudahkan penulis untuk mengetahui

Activity (83)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
wiwit07 liked this
indra ari wibowo liked this
Priska Fitrianti liked this
indra ari wibowo liked this
billiehadi added this note
download nya harus bayar ya sekarang?
billiehadi added this note
kenapa gak bisa didownload
AmMa RaHma WaTi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->