Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
171Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
e-dukasi.net

e-dukasi.net

Ratings:

4.83

(12)
|Views: 22,477 |Likes:
Published by Zulfikri
Modul 07 Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2008
Modul 07 Pelatihan Pemanfaatan TIK Untuk Pembelajaran Tingkat Nasional tahun 2008

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Zulfikri on Jun 25, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/09/2014

pdf

text

original

 
Modul 7
PELATIHAN PEMANFAATAN TIKUNTUK PEMBELAJARAN
Tingkat Nasional Tahun 2008
e-dukasi.net
Oleh:Ika Kurniawati
Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi PendidikanDepartemen Pendidikan Nasional2008
1
 
DAFTAR ISI
A. PendahuluanB. Uraian Materi dan Kegiatan1. Kegiatan 1 Pengenalan e-dukasi.neta. Pengertianb. Tujuanc. Manfaatd. Perangkat Pendukung2. Kegiatan 2 Pemanfaatan Fitur-Fitur e-dukasi.neta. Memulai Penjelajahan e-dukasi.netb. Fitur-fitur e-dukasi.net dan Cara Pemanfaatannyac. Trouble Shooting3. Kegiatan 3 Model dan Pola Pemanfaatan e-dukasi.net untuk Pembelajarana. Model dan Pola Pemanfaatan Bahan Belajar b. Model dan Pola Pemanfaatan ForumC. TugasD. Penutup
2
 
A.
PENDAHULUAN
Modul e-dukasi.net ini merupakan bagian dari modul pelatihan TIK (Teknologi Informasidan Komunikasi) meliputi jaringan dan konten dalam pembelajaran dengan sasaranpeserta pelatihan guru. Setelah mempelajari modul ini, peserta pelatihan dapat:1.Menjelaskan konsep dan manfaat e-dukasi.net2.Menjelaskan fitur-fitur dan layanan e-dukasi.net3.Menjelaskan peralatan (hardware dan software) yang diperlukan dalam mengaksese-dukasi.net4.Mempraktekkan cara pemanfaatan e-dukasi.net5.Menjelaskan model dan pola pemanfaatan e-dukasi.net6.Menjelaskan langkah-langkah pemanfaatan e-dukasi.net7.Menentukan pola pemanfaatan e-dukasi.net sesuai dengan kondisi dan keterbatasansekolahUntuk mencapai tujuan tersebut, maka cakupan materinya tertuang dalam 3 (tiga)kegiatan, yaitu:1. Kegiatan 1 Pengenalan e-dukasi.net, meliputi materi pengertian, tujuan, manfaat,dan perangkat yang diperlukan dalam memanfaatkan e-dukasi.net.2. Kegiatan 2 Pemanfaatan Fitur-Fitur e-dukasi.net, meliputi materi memulaipenjelajahan e-dukasi.net, fitur-fitur e-dukasi.net dan cara pemanfaatannya, sertatrouble shooting.3. Kegiatan 3 Model dan Pola Pemanfaatan e-dukasi.net untuk Pembelajaran, meliputimodel dan pola pemanfaatan, serta langkah-langkah dan peralatan apa saja yangdiperlukan dalam memanfaatkan e-dukasi.net sesuai dengan model dan polapemanfaatan yang dipilih.Beberapa langkah yang dapat Anda tempuh agar dapat mempelajari modul ini denganhasil yang optimal antara lain:
1.
Baca bagian pendahuluan modul ini secara cermat agar Anda dapat mengetahuitujuan mempelajari modul ini, cakupan materi, waktu yang diperlukan untukmempelajarinya, serta alat maupun media yang digunakan.2.Pada bagian uraian materi dan kegiatan, terlebih dahulu Anda pelajari Kegiatan 1,pahami uraian materinya, kerjakan latihan yang ada, serta cermati kesimpulan yangada di bagian akhir kegiatan. Setelah Anda tuntas mempelajari Kegiatan 1, lanjutkanuntuk mempelajari Kegiatan 2 sampai dengan kegiatan 3.3.Dalam mempelajari uraian materi dan kegiatan 2, perlu dilakukan praktek. Olehkarena itu diperlukan perangkat komputer yang terhubung dengan internet.4.Setelah semua uraian materi dan kegiatan Anda pelajari, mulailah untukmengerjakan soal yang ada pada bagian tugas.
5.
Cocokkan jawaban yang Anda tulis dengan kunci jawaban yang tersedia padabagian akhir modul ini. Apabila jawaban Anda sesuai dengan kunci jawaban, danAnda sudah dapat memanfaatkan e-dukasi.net dengan tepat berarti Anda telahmenguasai modul ini dan siap menjadi tutor pelatihan TIK untuk guru khususnyapada bagian e-dukasi.net.
6.
Metode yang digunakan untuk menyampaikan materi dalam modul ini bila Andaditunjuk sebagai tutor pelatihan, selain metode ceramah dan diskusi, diperlukanpraktek menggunakan komputer yang terhubung dengan internet. Apabila dibuatperbandingan komposisinya, 30% materi disampaikan dengan ceramah maupundiskusi, dan 70% materi disampaikan melalui praktek langsung yang harus dilakukanoleh peserta pelatihan.Selamat mempelajari modul ini, semoga kesuksesan menyertai perjalanan karir Anda.
3

Activity (171)

You've already reviewed this. Edit your review.
ichaelf1 liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Putri Norma liked this
ganira liked this
Nurul Huda liked this
Afzah Intifadah liked this
triwahono_tw liked this
miza_aufa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->