Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
teater

teater

Ratings: (0)|Views: 6,042|Likes:
Published by smkn1mataram

More info:

Categories:Topics, Art & Design
Published by: smkn1mataram on Aug 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/30/2013

pdf

text

original

 
Seni Teater
1
 
Sri Hermawati D.A, dkk
 
SENI TEATER
A.Sejarah Teater 
Kata tater atau drama berasal dari bahasa Yunani ”theatrom” yang berarti gerak.Tontonan drama memang menonjolkan percakapan (dialog) dan gerak-gerikpara pemain (aktif) di panggung. Percakapan dan gerak-gerik itumemperagakan cerita yang tertulis dalam naskah. Dengan demikian, penontondapat langsung mengikuti dan menikmati cerita tanpa harus membayangkan.Teater sebagai tontotan sudah ada sejak zaman dahulu. Bukti tertulispengungkapan bahwa teater sudah ada sejak abad kelima SM. Hal inididasarkan temuan naskah teater kuno di Yunani. Penulisnya Aeschylus yanghidup antara tahun 525-456 SM. Isi lakonnya berupa persembahan untukmemohon kepada dewa-dewa.Lahirnya adalah bermula dari upacara keagamaan yang dilakukan para pemukaagama, lambat laun upacara keagamaan ini berkembang, bukan hanya berupanyanyian, puji-pujian, melainkan juga doa dan cerita yang diucapkan denganlantang, selanjutnya upacara keagamaan lebih menonjolkan penceritaan.Sebenarnya istilah teater merujuk pada gedung pertunjukan, sedangkan istilahdrama merujuk pada pertunjukannya, namun kini kecenderungan orang untukmenyebut pertunjukan drama dengan istilah teater.
Mengapresiasikan Karya Seni Teater 
Kegiatan berteater dalam kehidupan masyarakat dan budaya Indonesia bukanmerupakan sesuatu yang asing bahkan sudah menjadi bagian yang tidakterpisahkan, kegiatan teater dapat kita lihat dalam peristiwa-peristiwa Ritualkeagamaan, tingkat-tingkat hidup, siklus hidup (kelahiran, pertumbuhan dankematian) juga hiburan. Setiap daerah mempunyai keunikan dan kekhasandalam tata cara penyampaiannya. Untuk dapat mengapresiasi dengan baikmengenai seni teater terutama teater yang ada di Indonesia sebelumnya kitaharus memahami apa seni teater itu ? bagaimana ciri khas teater yangberkembang di wilayah negara kita.
B. Pengertian Teater 
arti luas teater adalah segala tontonon yang dipertunjukan didepan orangbanyak, misalnya wayang golek, lenong, akrobat, debus, sulap, reog,band dan sebagainya.
Seni Teater
2
 
arti sempit adalah kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakandiatas pentas, disaksikan oleh orang banyak, dengan media :percakapan,gerak dan laku dengan atau tanpa dekor, didasarkan padanaskah tertulis denga diiringi musik, nyanyian dan tarian.Teater adalah salah satu bentuk kegiatan manusia yang secara sadamenggunakan tubuhnya sebagai unsur utama untuk menyatakan dirinya yangdiwujudkan dalam suatu karya (seni pertunjukan) yang ditunjang dengan unsur gerak, suara, bunyi dan rupa yang dijalin dalam cerita pergulatan tentangkehidupan manusia.Unsur-unsur teater menurut urutannya :• Tubuh manusia sebagai unsur utama (Pemeran/ pelaku/ pemain/actor)Gerak sebagai unsur penunjang (gerak tubuh,gerak suara,gerak bunyi dangerak rupa)• Suara sebagai unsur penunjang (kata, dialog, ucapan pemeran)• Bunyi sebagai efek Penunjang (bunyi benda, efek dan musik)• Rupa sebagai unsur penunjang (cahaya, dekorasi, rias dan kostum)• Lakon sebagai unsur penjalin (cerita, non cerita, fiksi dan narasi)Teater sebagai hasil karya (seni) merupakan satu kesatuan yang utuh antaramanusia sebagai unsur utamanya dengan unsur –unsur penunjang danpenjalinnya. Dan dapat dikatakan bahwa teater merupakan perpaduan segalamacam pernyataan seni.
Sumber :Dok.Pribadi ( Foto istimewa)
Seni Teater
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->