Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
23Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Banteng Dan Sapi Bali_new

Makalah Banteng Dan Sapi Bali_new

Ratings: (0)|Views: 6,601|Likes:
Published by Mike Fkh
tugas waktu dapet mata kuliah konservasi exsitu
tugas waktu dapet mata kuliah konservasi exsitu

More info:

Published by: Mike Fkh on Aug 19, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/09/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Keanekaragaman hayati disebut juga “Biodiversitas”. Keanekaragamanatau keberagaman dari makhluk hidup dapat terjadi karena akibat adanya perbedaan warna, ukuran, bentuk, jumlah, tekstur, penampilan dan sifat-sifatlainnya. Keanekaragaman hayati tidak saja terjadi antar jenis, tetapi dalamsatu jenis pun terdapat keanekaragaman. Adanya perbedaan warna, bentuk,dan ukuran dalam satu jenis disebut variasi. Untuk mendapatkan gambaranyang lebih jelas tentang tingkatan keanekaragaman hayati, diantaranyasebagai berikut:
1. Keanekaragaman Hayati Tingkat Gen
Gen pada setiap individu, walaupun perangkat dasar penyusunnyasama, tetapi susunannya berbeda-beda bergantung pada masing-masinginduknya. Susunan perangkat gen inilah yang menentukan ciri atau sifat suatuindividu dalam satu spesies. Perkawinan antara dua individu makhluk hidupsejenis merupakan salah satu penyebab keanekaragaman hayati. Keturunandari hasil perkawinan memiliki susunan perangkat gen yang berasal darikedua induk. Kombinasi susunan perangkat gen dari dua induk tersebut akanmenyebabkan keanekaragaman individu dalam satu spesies berupa varietas-varietas (varitas) yang terjadi secara alami atau secara buatan.
2. Keanekaragaman Hayati Tingkat Jenis
Untuk mengetahui keanekaragaman hayati tingkat jenis pada tumbuhanatau hewan dapat diamati antara lain ciri-ciri fisiknya. Misalnya bentuk danukuran tubuh,warna, kebiasaan hidup dan lain-lain. Walaupun hewan-hewantermasuk dalam satu familia, tetapi diantara mereka terdapat perbedaan- perbedaan sifat yang mencolok.
3. Keanekaragaman Hayati TingkatEkosistem
Di lingkungan manapun di muka bumi ini, maka akan ditemukan berbagai jenis makhluk hidup. Semua makhluk hidup berinteraksi atau berhubungan erat dengan lingkungan tempat hidupnya. Lingkungan hidupmeliputikomponen biotik dankomponen abiotik . Komponen biotik meliputi  berbagai jenis makhluk hidup mulai yang bersel satu (uni seluler) sampaimakhluk hidup bersel banyak (multi seluler) yang dapat dilihat langsung oleh
1
 
kita. Komponen abiotik meliputi iklim, cahaya, batuan, air, tanah, dankelembaban. Ini semua disebut faktor fisik. Selain faktor fisik, ada faktor kimia, seperti salinitas (kadar garam), tingkat keasaman dan kandunganmineral. Di dalam ekosistem, seluruh makhluk hidup yang terdapat didalamnya selalu melakukan hubungan timbal balik, baik antar makhluk hidupmaupun makhluk hidup dengan lingkungnnya atau komponen abiotiknya.Hubungan timbal balik ini menimbulkan keserasian hidup di dalam suatuekosistem. Perbedaan letak geografis antara lain merupakan faktor yangmenimbulkan berbagai bentuk ekosistem.Kelestarian keanekaragaman hayati pada suatu ekosistem akanterganggu bila ada komponen-komponennya yang mengalami gangguan.Gangguan-gangguan terhadap komponen-komponen ekosistem dapatmenimbulkan perubahan pada tatanan ekosistemnya. Besar atau kecilnyagangguan terhadap ekosistem dapat merubah wujud ekosistem secara perlahan-lahan atau secara cepat pula. Contoh-contoh gangguan ekosistem ,antara lain penebangan pohon di hutan-hutan secara liar dan perburuan hewansecara liar dapat mengganggu keseimbangan ekosistem. Gangguan tersebutsecara perlahan-lahan dapat merubah ekosistem sekaligus mempengaruhikeanekaragaman tingkat ekosistem. Bencana tanah longsor atau letusangunung berapi, bahkan dapat memusnahkan ekosistem. Tentu juga akanmemusnahkan keanekaragaman tingkat ekosistem.
Keanekaragaman Hayati Indonesia
Indonesia terletak di daerah tropik sehingga memiliki keanekaragamanhayati yang tinggi dibandingkan dengan daerah subtropik (iklim sedang) dankutub (iklim kutub). Tingginya keanekaragaman hayati di Indonesia initerlihat dari berbagai macam ekosistem yang ada di Indonesia, seperti:ekosistem pantai, ekosistem hutan bakau, ekosistem padang rumput,ekosistem hutan hujan tropis, ekosistem air tawar, ekosistem air laut,ekosistem savanna, dan lain-lain. Masing-masing ekosistem ini memilikikeaneragaman hayati tersendiri.
2
 
Fauna (hewan) di Indonesi memiliki keankaragaman. Hewan-hewan diIndonesia memiliki tipe Oriental (Kawasan Barat Indonesia) dan Australia(Kawasan Timur Indonesia) serta peralihan. Hewan-hewan di bagian BaratIndonesia (Oriental) yang meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan, memilikiciri-ciri sebagai berikut:1.Banyak spesies mamalia yang berukuran besar. Mamalia berkantung jumlahnya sedikit, bahkan hampir tidak ada.2.Terdapat berbagai macam kera, misalnya: bekantan, tarsius, orang utan.3.Terdapat hewan endemik, seperti: badak bercula satu, binturong (Aretictis binturang), monyet (Presbytis thomari), tarsius (Tarsius bancanus), kukang(Nyeticebus coucang).4.Burung-burung memiliki warna bulu yang kurang menarik, tetapi dapat berkicau.Jenis-jenis hewan di Indonesia bagian timur, yaitu Irian, Maluku,Sulawesi, Nusa Tenggara, relatif sama dengan Australia. Ciri-ciri hewannyaadalah:1.Mamalia berukuran kecil2.Banyak hewan berkantung3.Tidak terdapat species kera4.Jenis-jenis burung memiliki warna yang beragamSedangkan daerah peralihan meliputi daerah di sekitar garis Wallaceyang terbentang dari Sulawesi sampai kepulauan Maluku, jenis hewannyaantara lain tarsius (Tarsius bancanus), maleo (Macrocephalon maleo), anoa,dan babi rusa (Babyrousa babyrussa).Pada makalah ini kami akan membahas mengenai salah satukeanekaragaman fauna yang dilindungi di Indonesia yaitu sapi bali dan banteng.
PEMBAHASAN
A.
Sapi Bali (
 Bos sondaicus
)
3

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Pram Solusi liked this
Rydon Maihamdi liked this
Ane Ys liked this
Syinta Ramadhani liked this
guncakes liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->