Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
analisis laporan keuangan

analisis laporan keuangan

Ratings: (0)|Views: 993 |Likes:
Published by jmapele_jfree

More info:

Published by: jmapele_jfree on Aug 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/27/2012

pdf

text

original

 
LAPORAN KEUANGANA.Pengertian
Laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi yang dapatdigunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan atau aktifitassuatu perusahaandengan pihak-pihak yang berkepentingan dengan data atau aktifitas perusahaantersebut”
B. Tujuan Laporan Keuangan
Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1,Tujuan laporan keuangan adalah sebagai berikut :1)Tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yangmenyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangansuatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.2)Laporan keuangan yang disusun untuk tujuan ini memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pemakai. Namun demikian, laporan keuangantidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan pemakaidalam pengambilan keputusan ekonomi karena secara umummenggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian di masa lalu dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi non keuangan.3)Laporan keuangan juga menunjukkan apa yang telah dilakukanmanajemen (stewardship) atau pertanggungjawaban manajemen atassumber daya yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang ingin menilaiapa yang telah dilakukan atau pertanggungjawaban manajemen berbuatdemikian agar mereka dapat membuat keputusan ekonomi. Keputusan inimungkin mencakup, misalnya keputusan untuk menahan atau menjualinvestasi mereka dalam perusahaan atau keputusan untuk mengangkatkembali atau mengganti manajemen.
 
C. Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan
Karakteristik kualitatif laporan keuangan menurut PSAK (2007)merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam laporan keuangan berguna bagi pemakai. Terdapat empat karakteristik kualitatif pokok yaitu:1)Dapat dipahamiKualitas penting informasi yang ditampung dalam laporan keuanganadalah kemudahannya untuk segera dapat dipahami oleh pemakai.2)RelevanAgar bermanfaat, informasi harus relevan untuk memenuhiKebutuhan pemakai dalam proses pengambilan keputusan. Informasimemiliki kualitas relevan kalau dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai dengan membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu, masakini atau masa depan, menegaskan atau mengoreksi hasil evaluasi mereka dimasa lalu.3)KeandalanAgar bermanfaat, informasi juga harus andal (reliable). Informasimemiliki kualitas andal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan,kesalahan material dan dapat diandalkan pemakainya sebagai penyajian yangtulus atau jujur dari seharusnya disajikan atau yang secara wajar diharapkandapat disajikan.4)Dapat dibandingkanPemakai harus dapat membandingkan laporan keuangan perusahaanantar periode untuk mengidentifikasi kecenderungan (trend) posisi dan kinerjakeuangan. Pemakai juga harus dapat membandingkan laporan keuangan antar  perusahaan untuk mengevaluasi posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan secara relatif.
D. Bentuk Laporan Keuangan
Laporan keuangan merupakan hasil tindakan pembuatan ringkasan datakeuangan perusahaan. Laporan keuangan disusun dan ditafsirkan untuk kepentingan manajemen dan pihak lain yang menaruh perhatian atau mempunyaikepentingan dengan data keuangan perusahaan.
 
Menurut PSAK (2007) No. 31, laporan keuangan bank terdiri atas:1)NeracaBank menyajikan aktiva dan kewajiban dalam neraca berdasarkankarakteristiknya dan disusun berdasarkan urutan likuiditasnya; urutanlikuiditas secara garis besar akan sama dengan urutan jatuh temponya. Poslancar dan tidak lancar tidak disajikan secara terpisah karena sebagian besar aktiva dan kewajiban suatu bank dapat direalisasikan atau diselesaikan dalamwaktu dekat.CONTOH: Neraca
Aktiva:
 – 
Aktiva Lancar:$7,681.00
 – 
Aktiva Tetap:$3,790.00
 – 
Total Aktiva:$11,471.00Kewajiban:
 – 
Kewajiban Lancar:$5,192.00
 – 
Kewjiban Jk panjang:$971.00
 – 
Ekuitas:$5,308.00
 – 
Total Kwjb & Ekuitas:$11,471.00
2)Laporan Laba RugiBank menyajikan laporan laba rugi dengan mengelompokkan pendapatan dan beban menurut karakteristiknya dan disusun dalam bentuk  berjenjang (multiple step) yang menggambarkan pendapatan dan beban yang berasal dari kegiatan operasional dan non operasionalUnsur Utama Laporan L/R Pendapatan UsahaHarga Pokok Penjualan (-)Laba Kotor Biaya Usaha (-)Laba UsahaPendapatan (Biaya) lain-lain (+-)Laba Sebelum Pajak Pajak (-)

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eka Rachmadani liked this
nevandra liked this
eentie liked this
Gatot Suprianto liked this
surya_mercu liked this
Des Tiara liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->