Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
7Activity

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Mencoba memahami Lukas

Mencoba memahami Lukas

Ratings: (0)|Views: 915 |Likes:
Published by Justinus Darmono

More info:

Published by: Justinus Darmono on Aug 21, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/15/2012

pdf

text

original

 
1
 
Orang AwamMencoba
memahami kata-kata Yesus di Lukas
 Justinus Darmono
 
2
Mencoba memahami Kata-kata Yesus di Lukas
Santo Lukas, Penginjil:
Santo Lukas adalah pengarang Injil Lukas dan Kisah Para Rasul (Kisah Para Rasul1:1), dan disebutkan sebagai "tabib yang kekasih" oleh Rasul Paulus (Kolose 4:14),yang didampinginya selama tugas-tugas misionaris Santo Paulus (Kisah Para Rasul16:10-40).Santo Lukas diperkirakan orang Yunani yang menjadi Kristen, dan mungkin satu-satunya pengarang Injil yang bukan Yahudi. Dalam surat Kolose 4:10-14, RasulPaulus menyebutkan sahabat-sahabat yang bersamanya dari golongan mereka yangbersunat, dengan kata lain Yahudi, dan dia tidak memasukkan Santo Lukas dalamgroup ini. Injil Lukas adalah satu-satunya yang menyebutkan perumpamaan "orangSamaria yang baik hati" (Lukas 10:25-37), Yesus yang memuji
iman
kaum non-Yahudi seperti janda di Sarfat di tanah Sidon dan Naaman orang Siria (Lukas 4:25-27), dan kisah seorang Samaria penderita kusta yang berterima kasih (Lukas 17:11-19). Hanya dari Injil Lukas kita mendapat nyanyian pujian Maria (magnificat).Menurut sejarawan Eusebius, Santo Lukas lahir di Antiokia, Siria.Pada masa kini, kita berasumsi bahwa seorang dokter pastilah kaya-raya. Tetapipara teolog melontarkan argumentasi bahwa mungkin Santo Lukas dilahirkansebagai budak. Tidak jarang bagi keluarga-keluarga kaya pada jaman itu untukmendidik budaknya dalam bidang obat-obatan, supaya mereka mempunyai dokter pribadi. Tidak hanya melalui kata-kata Santo Paulus, tetapi juga Santo Jerome,Santo Irenaeus, Caius - penulis abad kedua, mereka semua menuliskan bahwaLukas adalah seorang tabib.Untuk mengikuti jejak-jejak pelayanan Santo Lukas, kita harus meneliti Kisah ParaRasul. Kita tidak memiliki informasi kapan Santo Lukas bertobat dan menjadi Kristen,tetapi dengan meneliti tulisan pada kitab tersebut, kita bisa melihat dimana diabergabung dengan Santo Paulus. Kisah Para Rasul ditulis dengan perspektif orang-ketiga, seperti seorang sejarahwan menuliskan fakta-fakta sejarah, sampai denganpasal ke enam belas. Pada Kisah Para Rasul 16:8-9, kita mendengar pendampingPaulus "
Setelah melewati Misia, mereka sampai di Troas. Pada malam harinyatampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri di situ danberseru kepadanya, katanya: 'Menyeberanglah kemari dan tolonglah kami!'" 
Lalutiba-tiba di pasal 16:10 kata "mereka" berubah menjadi "kami":
"Setelah Paulusmelihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat keMakedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan bahwa Allah telahmemanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana." 
Jadi SantoLukas bergabung dengan rombongan Paulus pertama kali diperkirakan di Troaspada sekitar tahun 51 dan menemaninya ke Makedonia dimana mereka melewatiSamotrake, Neapolis, dan akhirnya Filipi. Santo Lukas lantas kembali merobah gayatulisan ke orang ketiga yang agaknya menunjukkan bahwa ia tidak dimasukkan kepenjara bersama-sama dengan Santo Paulus dan bahwa ketika Paulus dibebaskandan meninggalkan Filipi, Santo Lukas tetap tinggal disana untuk mendukung Gerejadisana. Tujuh tahun berlalu sebelum Santo Paulus kembali ke daerah itu dalamperjalanan misionarisnya yang ketiga. Dalam pasal 20:5, kembali digunakan kata"kami" yang menunjukkan bahwa Santo Lukas telah meninggalkan Filipi untuk
 
3
bergabung dengan Santo Paulus pada tahun 58 di Troas, di tempat mereka pertamakali bergabung. Mereka berkelana bersama melalui Miletus, Tire, Kaisarea keYerusalem. Lukas adalah pendamping yang setia yang tinggal bersama SantoPaulus ketika ia dipenjarakan di Roma sekitar tahun 61:
"Salam kepadamu dari Epafras, temanku sepenjara karena Kristus Yesus dan dari Markus, Aristarkhus,Demas dan Lukas, teman-teman sekerjaku" 
(Filemon 1:23-24). Dan semua oranglain meninggalkan Santo Paulus sewaktu ia dipenjara dan sengsara terakhir kalinya,adalah Santo Lukas yang tetap tinggal bersama Santo Paulus
"Hanya Lukas yang tinggal dengan aku" 
(2 Timotius 4:11).Inspirasi dan informasi bagi Injilnya dan Kisah Para Rasul berasal dari hubungannyayang erat dengan Santo Paulus dan rombongannya seperti yang Lukas jelaskandalam pembukaan Injilnya:
"Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusahamenyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi diantara kita,seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman. Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untumembukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui, bahwasegala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar." 
Perspektif Santo Lukas yang unik akan Yesus bisa dilihat dalam enam mukjijat dandelapan belas perumpamaan yang tidak ditemui dalam Injil yang lain. Injil SantoLukas adalah Injil bagi orang miskin dan keadilan sosial. Hanya Injil Lukas yangmengisahkan tentang Lazarus dan Orang Kaya (Lukas 16:19-31). Santo Lukas-lahyang menggunakan
"Berbahagialah orang miskin..." 
dan bukannya
"Berbahagialahorang yang miskin dihadapan Allah" 
dalam Sabda Kebahagiaan (Lukas 6:20-26,Matius 5:1-12). Hanya dalam Injil Lukas kita mendengar Nyanyian Pujian Mariadimana Maria menyatakan bahwa
"Allah menurunkan orang-orang yang berkuasadari tahtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah. Ia melimpahkan segalayang baik kepada orang yang lapar dan menyuruh orang kaya pergi dengan tanganhampa" 
(Lukas 1:52-53)Santo Lukas juga punya hubungan yang khusus dengan wanita-wanita dalam hidupYesus, terutama Bunda Maria. Sepertinya Bunda Maria banyak bercerita kisahmasa lalu dan menarik hati Santo Lukas untuk menulisnya. Hanya dalam Injil Lukaskita mendengar kisah tentang pemberitahuan akan kelahiran Yesus, kunjunganMaria ke Elisabet, Nyanyian Pujian Maria, Yesus dipersembahkan di Bait Allah, danYesus yang hilang di Yerusalem. Kepada Santo Lukas-lah kita harus berterima kasihatas bagian ayat-ayat Alkitab dari doa Salam Maria: "Salam Maria penuh rahmat,Tuhan sertamu" yang diucapkan oleh malaikat Gabriel dan "Terpujilah engkaudiantara wanita dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus" yang diucapkan olehsepupunya, Elisabet.Pengampunan dan belas kasih Allah kepada para pendosa juga sangat penting bagiSanto Lukas. Hanya dalam Injil Lukas kita mendengar kisah tentang anak yanghilang (Lukas 15:11-32). Hanya dalam Injil Lukas kita mendengar wanita pendosayang membasuh kaki Yesus dengan airmatanya (Lukas 7:36-50). Sepanjang InjilLukas, Yesus berpihak kepada yang ingin kembali kepada kemurahan Tuhan.Membaca Injil Lukas memberi gambaran yang jelas akan sifatnya yang mengasihiorang miskin, yang menginginkan pintu Kerajaan Allah terbuka bagi semua orang,yang menghargai para wanita, yang melihat adanya harapan belaskasih Allah bagisemua orang.

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ellith Nunai liked this
arnol3090 liked this
Samuel Abdihu liked this
Nera Il Kobah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->