Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
55Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
sistem pengendalian di kapal

sistem pengendalian di kapal

Ratings: (0)|Views: 1,828 |Likes:
Published by izzara bella
dasar sistem pengendalian
dasar sistem pengendalian

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: izzara bella on Aug 22, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/07/2013

pdf

text

original

 
SISTEM PENGENDALIAN - PENDAHULUAN
Sistem pengendalian (sistem control) merupakan sekumpulan peralatan yang bekerja sama dengan tujuan untuk mengendalikan sesuatu. peralatan peralatan tersebut biasanya merupakan komponen komponen elektronik. sebagai contohnya pada kapalmodern, kapal tersebut dipasangi dengan peralatan sensor yang berfungsi untuk mengetahui kondisi mesin induk. sensor sensor itu bekerja kemudian memberikanlaporan kepada komputer yang terpasang di control room kapal.komputer kemudianmenghitung kebutuhan bahan bakar mesin dan waktu ignition dari bahan bakar sehingga akan menghasilkan unjuk kerja yang maksimal. untuk bisa merancang ,mendiagnosis serta memperbaiki maka seorang ahli sistem kontrol harus menguasaiilmu elektronika, ilmu mekanika, dan prinsip - prinsip sistem kontrol.Sebenarnya sistem pengendalian telah lama ada, dimulai kira kira pada masa Yunanikuno. pada masa itu pada kolam kolam air terdapat bola bola pelampung yang sangatmenarik perhatian. bola bola tersebut sebenarnya merupakan peralatan pengatur atau pengendali aliran air menuju kolam, seperti bola bola pelampung pada kamar mandi. jika permukaan air turun(air habis) maka bola pelampung akan turun juga dan sebagaiakibatnya maka katup air menuju kolam akan terbuka sehinnga air akan mengalir menuju kolam. dan ketika air memenuhi kolam lagi maka bola juga akan naik ke atas pada posisi semula.Secara umum system pengendalian digambarkan oleh gambar berikut ini,
PROSES
Secara umum dalam sebuah system control terdapat 4 komponen, yaitu:a.Input b.Systemc.Outputd.Proses
INPUTOUTPUTSISTEM
 
Input merupakan masukan yang diberikan perlatan kepada system control. Systemsendiri adalah system control dimana didalamnya proses pengendalian terjadi dan hasildari input yang diberikan kepada system akan menghasilkan output atau keluaran.
Dalam mempelajari atau mengaplikasikan sistem kendali diperlukan beberapa pengertiantentang istilah-istilah pada pengaturan. Beberapa istilah yang sering digunakan pada pembahasan masalah sistem pengendalian dan perlu dimengerti yaitu :
Masukan
Masukan atau
input 
adalah rangsangan dari luar yang diterapkan kesebuah sistem kendali untuk memperoleh tanggapan tertentu dari sistem pengaturan. Masukan juga sering disebut respon keluaran yangdiharapkan.
Keluaran
Keluaran atau
output 
adalah tanggapan sebenarnya yang didapatkan darisuatu sistem kendali.
Plant
Seperangkat peralatan atau objek fisik dimana variabel prosesnya akandikendalikan, msalnya pabrik, reaktor nuklir, mobil, sepeda motor, pesawat terbang, pesawat tempur, kapal laut, kapal selam, mesin cuci,mesin pendingin (sistem AC, kulkas, freezer), penukar kalor (
heat exchanger 
), bejana tekan (
 pressure vessel 
), robot dan sebagainya.
Proses
Berlangsungnya operasi pengendalian suatu variabel proses, misalnya proses kimiawi, fisika, biologi, ekonomi, dan sebagainya.
Sistem
Kombinasi atau kumpulan dari berbagai komponen yang bekerja secara bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Diagram blok 
Bentuk kotak persegi panjang yang digunakan untuk mempresentasikanmodel matematika dari sistem fisik. Contohnya adalah kotak pada gambar 2.1 atau 2.2
Fungsi Alih(
Transfer Function
)
Perbandingan antara keluaran(
output 
) terhadap masukan(
input 
) suatusystem pengendalian. Suatu misal fungsi alih sistem pengendalian loopterbuka gambar 2.1 dapat dicari dengan membandingkan antara outputterhadap input. Demikian pula fungsi alih pada gambar 2. 3.
Sistem PengendalianUmpan Maju
Sistem kendali ini disebut juga sistem pengendalian loop terbuka . Padasystem ini keluaran tidak ikut andil dalam aksi pengendalian sebagaimanadicontohkan gambar 2.1. Di sini kinerja kontroler tidak bisa dipengaruhioleh input referensi.
Sistem PengendalianUmpan Balik 
Istilah ini sering disebut juga sistem pengendalian loop tertutup .Pengendalian jenis ini adalah suatu sistem pengaturan dimana sistemkeluaran pengendalian ikut andil dalam aksi kendali.
Sistem PengendalianManual.
Sistem pengendalian dimana faktor manusia sangat dominan dalam aksi pengendalian yang dilakukan pada sistem tersebut. Peran manusia sangatdominan dalam menjalankan perintah, sehingga hasil pengendalian akandipengaruhi pelakunya. Pada sistem kendali manual ini juga termasuk 
 
dalam kategori sistem kendali jerat tertutup. Tangan berfungsi untuk mengatur permukaan fluida dalam tangki. Permukaan fluida dalam tangki bertindak sebagai masukan, sedangkan penglihatan bertindak sebagaisensor. Operator berperan membandingkan tinggi sesungguhnya saat itudengan tinggi permukaan fluida yang dikehendaki, dan kemudian bertindak untuk membuka atau menutup katup sebagai aktuator gunamempertahankan keadaan permukaan yang diinginkan.
gambar 1.3 pengendalian secara manual
Sistem PengendalianOtomatis
Sistem pengendalian dimana faktor manusia tidak dominan dalam aksi pengendalian yang dilakukan pada sistem tersebut. Peran manusiadigantikan oleh sistem kontroler yang telah diprogram secara otomatissesuai fungsinya, sehingga bisa memerankan seperti yang dilakukanmanusia. Di dunia industry modern banyak sekali sistem ken dali yangmemanfaatkan kontrol otomatis, apalagi untuk industri yang bergerak  pada bidang yang proses nya membahayakan keselamatan jiwa manusia
gambar 1.3 pengendalian secara otomatis
Variabel terkendali(
Controlled variable
)
Besaran atau variabel yang dikendalikan, biasanya besaran ini dalamdiagram kotak disebut
 process variable (PV)
. Level fluida pada bejana pada gambar 2.4 merupakan variabel terkendali dari proses pengendalian.Temperatur pada gambar 1.5 merupakan contoh variabel terkendali darisuatu proses pengaturan.
Manipulatedvariable
Masukan dari suatu proses yang dapat diubah -ubah atau dimanipulasiagar 
 process variable
 besarnya sesuai dengan
 set point 
(sinyal yangdiumpankan pada suatu sistem kendali yang digunakan sebagai acuanuntuk menentukan keluaran sistem kontrol). Masukan proses padagambar 2. 4 adalah laju aliran fluida yang keluar dari bejana , sedangkanmasukan proses dari gambar 2.5 adalah laju aliran fluida yang masuk menuju bejana. Laju aliran diatur dengan mengendalikan bukaan katup.
Servomekanisme
Sistem pengendalian dimana keluarannya berupa besaran-besaran

Activity (55)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ikko Fransiska liked this
Tawara Toda liked this
Yusuf Zaelana liked this
Erie Rastafara liked this
Dhedhy Irawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->